6 Fungsi Tetangga

Kamu tau tetangga kan? Masa MBDC harus kasih tau sih?! Tetangga itu orang-orang yang tinggal di sekeliling tempat tinggal kita. Sebagai orang yang hidup di era globalisasi, kita harus semakin cerdas. Buat apa ada tetangga kalo gak dimanfaatin? Walaupun banyak juga tetangga yang sebenernya nyebelin  dan susah dimanfaatin. Dari pada tetangga kamu nganggur dan gak bisa kamu manfaatin, sini MBDC kasih tau kamu fungsi tetangga, biar kamu bisa memanfaatkan tetangga kamu secara efektif!

1. Tempat Penitipan

Salah satu fungsi tetangga yang paling pasaran adalah tempat penitipan. Biasanya sih dialami oleh ibu-ibu muda yang menjabat sebagai ibu rumah tangga. Suaminya kerja dan kebetulan si ibu muda lagi ada perlu keluar, tapi gak bisa bawa anaknya. Tetangga bisa menjalankan fungsinya sebagai tempat penitipan. Gak cuman anak yang bisa dititipin. Rumah kamu dan isi-isinya juga bisa kamu titipin ke tetangga kamu kalo kamu pergi-pergi. Terus kalo rumah kamu kenapa-napa, kamu bisa salahin tetangga kamu deh!

2. Keamanan

Tetangga juga berperan penting buat keamanan rumah kamu! Misalnya kamu lagi lengah, terus tetangga kamu liat kalo dapur kamu lagi ngebul kayak mau kebakaran. Tetangga kamu bisa kasih tau kamu tuh kalo dapur kamu kebakaran. Bahkan bukan cuman ngasih tau kamu aja, dia juga bisa bantu kamu memadamkan rumah kamu yang kebakaran. Kalo ada orang macem-macemin rumah kamu, tetangga kamu juga bisa bertindak!

3. Pusat Informasi

Namanya juga hidup bersosial, sebagai relasi, antar tetangga pun saling bertukar informasi. Kamu ngerti kan maksud MBDC apa?! Kasih tau tempat makan baru atau tetangga baru atau tetangga yang enak buat di omongin. Tetangga emang enak buat dijadiin temen ngobrol. Gak usah jauh-jauh kan?!

4. Tempat Peminjaman

Apalagi kalo kamu tetangga baru yang baru punya keluarga baru. Alesannya barangnya masih dikit. Tetangga pun jadi toleransi dan dengan senang hati mau nolongin kamu yang pinjem ini itu. Biasanya sih pinjamannya bukan berupa uang. Tapi bisa aja sih tetangga mau minjemin uang, tapi gak enak aja kan rasanya, apalagi kalo kamu tetangga baru kayak situasi yang MBDC jelasin tadi. Mungkin tetangga lebih seneng minjemin barang. Kalo rumah kamu belom jadi, kamu pinjem aja pintunya.

5. Penolong Disaat Susah

Namanya juga hidup. Kadang-kadang ada aja masalahnya. Amit-amit sih ya. Kalo kamu jatuh sakit, terus kamu sendirian di rumah, kamu bisa deh minta tolong ke tetangga kamu buat bantuin. Apalagi kalo tetangga kamu pengen jadi Ketua RT, pasti kamu langsung dibantu, dibawa ke Rumah Sakit terdekat. Gimana kalo tetangga kamu pengen jadi Capres? Bisa-bisa dibayarin biaya perawatannya tuh. Wah! Jadi pengen tetanggaan sama Om Farhat Abbas deh.

6. Bagi Makanan

Ini dia yang ditunggu-tunggu dalam kehidupan bertetangga yang gak lepas dari bagi-bagi makanan. Apalagi kalo kamu punya tetangga yang murah hati. Biasanya dia suka bagi-bagi makanan. Misalnya kalo dia baru pulang dari suatu tempat, biasanya suka bagi oleh-oleh. Kalo dia lagi masak banyak, kamu juga biasanya di bagi sama dia. Kalo dia lagi ngadain acara makan-makan, kamu juga biasanya di ajak. Bahkan kalo dia lagi pesen bakso terus kamu ikutan pesen. Bakso kamu pun ikut dibayarin tuh sama dia. Anyway, tetangga kayak gitu nemu dimana sih?

Menurut kamu tetangga kamu gimana? Baik gak? Kalo baik dan masih single, boleh loh kenalin ke MBDC. Aaaakkkkkk.