5 Penyebab Bule Ada di Indonesia

Kalo dipikir-pikir kok mau ya bule-bule tinggal di Indonesia yang keadaannya lebih kacau dari negara-negara lainnya di bumi, termasuk negara asal mereka sendiri yang pasti lebih maju. Di saat banyak orang Indonesia yang pengen banget buat pindah ke luar negeri yang lebih teratur dan makmur, ngapain coba ada bule yang tinggal di sini? Eits, jangan salah! Ada beberapa alasan bagus kok yang bikin bule ada di Indonesia:

1. Gaji tinggi

Bule yang tergolong expatriate (expat) dan kerja di perusahaan-perusahaan bagus biasanya dapet gaji dolar, beda dengan kita orang Indonesia asli. Apalagi untuk para profesional kelas atas, mereka dapet tunjangan yang cukup gede dari perusahaannya karena itungannya mereka tinggal di luar negeri, apalagi kalo di negara berkembang seperti Indonesia ini. Makanya gaji mereka pun seharusnya lebih tinggi dari gaji yang bisa mereka dapetin kalo kerja di negara mereka sendiri. Wuih!

2. Biaya hidup murah

Selain gaji gede, Indonesia yang kursnya cukup rendah menguntungkan para bule expat tersebut yang dapet gaji dolar. Pokoknya enak banget deh hidup mereka, gaji dolar tapi pengeluaran pake rupiah. Ibaratnya tuh kayak kamu dikasih Mercedes-Benz S-Class tapi cuma perlu beli premium buat ngejalaninnya.

3. Dimanjain

Di Indonesia dengan tenaga kerja yang murah, banyak orang bisa pake pembantu rumah tangga, supir sampe tukang kebun pribadi. Beda banget dengan di negara-negara maju yang jarang bisa punya asisten gitu di rumahnya sehingga ngelakuin banyak hal mesti sendiri. Cuma orang yang luar biasa kaya aja yang bisa punya . Makanya bule-bule expat seneng dong tinggal di Indonesia karena mereka serasa kayak raja dengan punya berbagai asisten pribadi.

4. Cewek

Udah pernah baca artikel MBDC yang lalu soal kriteria tipe cewek yang disukai bule belum? Dari mulai yang berkulit eksotis sampai yang sifatnya penurut. Nah, yang kayak gini kan banyak ya di Indonesia. Jadi wajar dong banyak bule mau tinggal disini, walopun keadaannya semrawut tapi masih ada hal yang bisa bikin happy.

5. Alam dan budayanya

Selain di perkotaan seperti Jakarta, banyak juga bule di Indonesia yang tinggal di daerah-daerah terpencil dan sepi seperti Ubud, Mentawai dan Jogja. Nah, khusus untuk bule-bule ini, mereka suka tinggal di tempat-tempat seperti itu terutama karena alamnya dan suasananya yang bagus buat dinikmati. Di Mentawai bule ada di sana karena lautnya yang seru untuk main surfing. Kalo di Yogyakarta mungkin karena faktor budaya dan keseniannya yang mereka suka. Untuk bule dengan jiwa petualang sih gak bakalan takut untuk tinggal di tempat-tempat kayak gini meskipun jauh dari negara asal mereka.

Enak banget ya jadi bule. Abis baca ini kamu nyesel gak jadi orang Indonesia? Jangan dong, paling gak kan kita punya banyak orang-orang lucu dan pejabat-pejabat ganteng.