4 Cara Mencegah Kram Otot

Pada suatu sore sehabis mengerjakan suatu pekerjaan yang melelahkan, tiba-tiba saja otot kamu itu kram. Kamu bingung harus melakukan apa, karena digerakkan sedikit saja otot kamu terasa sakit yang amat hebat. Makanya ati-ati. Sebelum kejadian itu menimpa kamu lagi, mendingan kamu baca cara-cara mencegah kram otot berikut deh.

Pemanasan

Kebanyakan penyebab kram otot yang sering MBDC temui adalah kontraksi otot yang tiba-tiba. Akibatnya otot kamu tidak siap ketika akan kamu gunakan untuk beraktivitas. Saran MBDC sih sebaiknya kamu siapkan otot kamu sebelum kamu memulai menggunakannya. Kamu bisa bilang ke otot kamu "Eh tot otot, habis ini aku mau lari nih, kamu siap-siap ya" Nah, kalau kamu udah bilangin kan paling enggak otot kamu udah siap dan nggak kaget lagi. Atau ya kamu bisa melakukan gerakan-gerakan pemanasan aja sih. Dulu udah sering diajarin kan di penjaskes. Makanya jangan keseringan cabut.

Peregangan

Kalau kamu sudah melakukan pemanasan di awal kegiatan kamu, di tengah-tengahnya kamu juga perlu melakukan peregangan otot. Hal ini dimaksudkan agar otot-otot kamu yang mulai tegang bisa rileks kembali. Terutama bagi yang melakukan kegiatan dalam waktu cukup lama, seperti misalnya mengetik, duduk dalam kendaraan, atau berdiri terus menerus.

Cara melakukan peregangan itu sebetulnya cukup simple. Kamu cukup berdiri tegak dengan posisi tangan disamping tubuh kamu. Usahakan badan dan kepala kamu menempel ke dinding. Kemudian arahkan pandangan kamu ke depan, dan taruh tangan kamu di pinggang. Agak buka sedikit kedua kaki kamu. Selanjutnya baca dan ulangi kalimat-kalimat di bawah ini:

Syaraf tegang karena berpikir sehari-hari
Otot kejang karena bekerja sehari-hari
Santai... santai...
Yok kita santai agar syaraf tidak tegang
Yok kita santai agar otot tidak kejang
Yok kita santai agar syaraf tidak tegang
Yok kita santai agar otot tidak kejang

Banyak Minum

Mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dapat menghindarkan dehidrasi. Dengan demikian resiko otot mengalami kram juga berkurang. Sesuai yang disarankan para ahli untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu, setidaknya minumlah delapan gelas per hari. Inget lho ya delapan gelas, bukan delapan sloki. Nanti kalau kamu minumnya delapan sloki, bisa-bisa Bang Haji Rhoma Irama nyanyi lagi lhoo.

Istirahat

Faktor lain penyebab kram otot adalah karena kondisi otot yang terlalu lelah. Kalau semua cara di atas sudah kamu lakukan, cara terakhir supaya kamu tidak mengalami kram otot yaitu dengan istri yang cukup. Eh salah, maksudnya istirahat yang cukup. Hihihi emang kadang MBDC suka typo gitu, maapin ya. Makanya jangan terlalu teganglah. Apalagi kalau lagi baca artikelnya MBDC. Eh kamu sering jadi tegang setelah baca artikel MBDC? Hmm.

Apakah kamu juga sering mengalami kram otot? Terus bagian tubuh kamu yang mana yang paling sering kram?? Ceritain di comment gih...