3 Produk Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Ternyata eh ternyata, ada beberapa produk buatan Indonesia yang sangat terkenal di luar negeri. Kimcil? Bukan.. Bukan kimcil.. Mari sejenak kita biarkan kimcil-kimcil hidup tenang. Ini nih sebagian dari banyak produk Indonesia yang terkenal di luar negeri:

1. Batik

batik

Biarpun beberapa waktu lalu Indonesia sempet panas sama Malaysia perkara batik, tapi kok kayaknya kain batik udah terlanjur identik dengan Indonesia ya, setidaknya di Australia, Eropa dan Amerika.

Ada banyak alasan kenapa orang luar negeri suka batik. Misalnya orang asing yang udah pernah berkunjung ke Indonesia dan nyempetin mampir ke tempat pembuatan batik, dari situ para orang asing ini pada terpukau dengan betapa ribet caranya untuk bikin kain batik yang proper. Turis Jepang doyan banget nih ngerogoh kantong dalem-dalem buat beli batik karena mereka sangat menghargai budaya dan terpukau oleh kompleksitas pembuatan batik.

Kalau kamu sedang berada di luar negeri dan kamu merasa di tempat kamu sekarang ini batik kurang populer, coba deh kamu sekali-kali pake baju batik. Kamu pasti akan jadi pusat perhatian hanya dengan pake baju batik itu. Orang pasti akan mulai nanya-nanya itu baju apaan, dan kalau kamu bisa menjelaskan dengan baik sebagai duta bangsa di luar negeri, maka orang yang kamu jelasin ini pasti akan ikutan demen juga sama batik.

2. Rokok Kretek

rokok-kretek

Oke, ini emang gak seterkenal batik karena gak semua orang ngerokok – sedangkan semua orang pake baju. Tapi kalau dikalangan pecinta tembakau dunia, kretek dari Indonesia cukup terkenal kok.

Rokok kretek yang berat-berat (yang filternya gak putih – apa lagi yang gak ada filternya) biasanya disukai oleh cowok-cowok. Sedangkan cewek cewek asing biasanya lebih suka rokok kretek yang enteng (yang filternya putih). Kenapa? gak tau juga, mungkin kalo yang filternya gak putih terlalu berat buat mereka.

Tips MBDC, kalau kamu punya rokok kretek di luar negeri dan temen kamu yang bukan orang Indonesia bilang pengen nyobain, jangan langsung kasih satu batang. Suruh aja ngisep kretek kamu dulu, kalau doi suka, baru kasih sebatang. Buang-buang rokok doang kalo ternyata udah kamu kasih sebatang dan dia gak suka. Tapi setelah itu coba deh kamu tawarin rokok kamu yang lain. Siapa tau doi suka. Kan lumayan bisa bikin tegang.

3. Indomie

Indomie, yang menurut MBDC udah harus dimasukin ke dalam list makanan pokok sekaligus makanan tradisional Indonesia ini ternyata eh ternyata terkenal banget di beberapa negara di luar Indonesia.

Gak percaya? Nih buktinya kalau Indomie udah erat banget di kultur lain

Yah itulah beberapa hal yang kiranya bisa bikin kita bangga jadi orang Indonesia selain punya pemimpin yang udah ngeluarin 4 album musik dan Ibu Negara yang gemar bernyanyi.