10 Pajak yang Kamu Gak Tau Tapi Ternyata Ada di Indonesia

Selama ini kamu kan orangnya baik terus suka bayar pajak. Pokoknya tipe-tipe pacar-able banget deh. Tapi ternyata kamu gak tau kalo pajak ada banyak banget jenisnya, sampe sampe kamu gak tau ada jenis pajak yang bakalan MBDC sebutin di bawah ini.

Ini nih, pajak yang kamu kira gak ada, tapi ternyata ada di Indonesia.

1. Pajak Parkir

Pajak yang satu ini yang nanggung langsung bukan kamu sih, tapi yang punya lahan parkirnya. MBDC ngasih tau aja nih, kalo sebenernya dalem uang parkir dua ribuan itu, yang punya parkiran pasti kenain kamu untuk bayar pajaknya, tapi kamu gak ngerasa.

2. Pajak untuk CD/Kaset

Ini sebenernya udah rada lawas sih mengingat semenjak orang lebih seneng download dibanding beli kaset di pasaran, yang beli kaset atau CD udah mulai berkurang. Tapi kamu yang pernah ngerasain taun 90-an pasti pernah deh beli kaset atau CD. Nah CD atau kaset yang kamu beli itu, dikenain pajak. Namanya “Cukai untuk Media Rekam”. Nah cukai ini tuh fungsinya kayak cukai yang ada di rokok. Jadi kalo gak ada cukai ini, kaset atau CD itu bisa dibilang ilegal alias bajakan. Kalo mau ngedapetin cukai ini, ya harus ditebus dulu pake duit.

3. Pajak BBM

Kamu yang sering beli bensin di pom bensin, pasti pada gak sadar deh. Setiap kamu beli bensin itu kena pajak. Namanya “Pajak BBM”. Yang nanggung juga bukan kamu sih, tapi yang punya pom bensin. Tapi tetep aja, dari harga bensin yang 6.500 per liter itu dibebanin pajak sama yang punya pom bensin dong. Mereka kan juga pengen untung.

4. Pajak Air

Siapa yang bilang kalo kamu guyur guyur di kamar mandi, airnya itu gak dikenain pajak? Itu dikenain pajak juga loh. Namanya “Pajak atas Air Permukaan”. Jadi kalo kamu yang air di rumahnya pake dari PDAM, itu kena pajak. Makanya hemat-hemat. Jangan sering main air mulu. Apalagi buat mandi wajib. Bayarnya mahal! Hih!

5. Pajak Spanduk

Yang dikenain pajak aslinya gak cuma spanduk doang sih. Semua jenis iklan-iklan yang kamu sering liat di tepi jalan atau dipasang di tiang gitu, itu kena pajak juga. Bayar pajaknya juga mahal lagi. Nama resmi pajak ini sih “Pajak Reklame”. Makanya, kalo kamu nemu reklame di jalan, harusnya kamu hormat sama doi. Doi aja dibayarin pajak. Masa kamu gak?

6. Pajak Lokalisasi

Buat kamu yang sering berburu kimcil di lokalisasi, jangan kira itu gak kena pajak. Lokalisasi semacam Gang Dolly di Surabaya atau Sarkem di Jogja, itu semua bayar pajak. Nama pajaknya itu “Pajak Hiburan”. Tarif pajaknya juga paling tinggi di antara yang lain. Jadi kalo kamu lagi mau main terus harganya mahal, ya jangan kaget. Emang begitulah.

7. Pajak di Rumah Makan

Kalo kamu selama ini kalo makan di rumah makan yang gede terus pas nerima struk ada tulisan “PPN 10%”, itu berarti kamu lagi dibohongin sama rumah makannya. Padahal aslinya, makanan pokok semacam nasi, ayam, dan lain-lainnya itu gak kena PPN alias Pajak Pertambahan Nilai. Kamu sebenernya lagi dikenain “Pajak Restoran” tapi kamu gak dikasih tau. Kasian ya?

8. Pajak Warung Tongkrongan

Buat kamu yang anaknya gaul banget, pasti seneng banget deh sama yang namanya nongkrong. Kamu yang udah gede ini harusnya udah mulai tau, kalo warung-warung yang ada di seluruh Indonesia yang kamu tongkrongin itu, sekarang itu udah harus bayar pajak. Itungannya masuk Pajak Penghasilan. Tapi tarifnya lebih kecil. Makanya, kalo kamu nongkrong, ingetin si mamang gih, kalo belum bayar pajak, cepetan bayar. Nanti kena denda loh!

9. Pajak Konser

Siapa bilang kalo kamu nonton love garage atau datang ke Djakarta Warehouse Project itu gak kena pajak? Itu kena dooong. Pajak konser itu masuk ke dalam jenis “Pajak Hiburan”. Kamu gak sadar kalo acara-acara begitu tuh kena pajak. Soalnya kamu kan nerimanya cuma tiket doang, bukan struk. Makanya kamu anggepnya harga tiket mahal itu karena nyewa artisnya juga mahal. Ya itu ada benernya juga sih. Tapi di dalem harga yang kamu bayar itu, tetep ada uang pajaknya. Keren ya?

10.  Pajak Main Bola

MBDC yakin kalo yang ini kamu pasti belum banyak yang tau deh. Kalo ada pertandingan gitu, entah Persija lawan siapa gitu, itu kena pajak juga. Pajak ini nama resminya “Pajak Pertandingan Olahraga”. Terus mereka bayar pajaknya gimana dong? Ya dari tiket yang kamu beli kalo mau nonton di stadion itu. Kasusnya sama kayak pajak konser itu. Kamu gak sadar. Jangan gitu banget ah? MBDC kan jadi sedih.

Udah, segitu dulu kali ya MBDC kasih tau ke kamu. MBDC juga lagi buru buru mau bayar pajak nih. Biar gak kena denda. Bantu share di comment yuk, apa aja pajak lain yang kamu tau?