Tokoh-Tokoh Yang Harusnya Ada Dalam Uang

Kalau kamu peratiin, dalam uang kertas kan selalu ada gambar orang kan. Orang-orang tersbut adalah para pahlawan Indonesia. Beberapa diantaranya mungkin udah familiar, tapi gak sedikit juga yang kita baru tau karena mukanya nongol dalam uang.

Sebenernya apa sih yang jadi pertimbangan buat milih siapa aja yang bakal muncul dalam uang? Itu masih jadi misteri tersendiri. Tapi kalau MBDC boleh milih, ini dia tokoh-tokoh yang pengen MBDC masukin ke dalam uang.

1. Bung Tomo

Kalau ngomongin perjuangan kemerdekaan, kayaknya tokoh yang selalu digambarkan paling berapi-api melawan penjajah adalah Sutomo atau yang lebih akrab dipanggil Bung Tomo. Aksinya membangkitkan semangat arek-arek Surabaya dalam pertempuran 10 November 1945 udah gak ada yang bisa ngalahin. Makanya gak salah dong kalau MBDC mau masukin Bung Tomo dalam uang.

Bung_Tomo

2. Ismail Marzuki

Salah satu composer besar tanah air ini udah nelurin banyak banget karya yang long lasting macam Rayuan Pulau Kelapa, Sabda Alam, Aryati, Sepasang Mata Bola, dan Gugur Bunga. Saking kerennya, nama doi dijadiin nama taman dan pusat kebudayaan di Salemba, Jakarta. Menurut MBDC itu aja gak cukup sih buat ngebales jasa pria asal Betawi ini. Kayaknya udah harus deh doi dimasukin dalam uang. Ayo dong Indonesia perlu lebih sering berkesenian. Oiya, konon tahun 2008 karena masalah ekonomi, keluarga Ismail Marzuki pernah ngusulin juga buat masukin gambar Ismail Marzuki ke dalam uang.

images

3. Tan Malaka

Aktifis kemerdekaan, filsuf kiri, yang sekaligus pahlawan nasional. Doi adalah salah satu tokoh revolusi kiri yang sampe sekarang namanya masih berkibar bukan hanya di Indonesia, tapi juga di Eropa. Anak-anak kuliahan pasti baca deh buku doi yang judulnya Madilog. Tan Malaka dikabarkan menghilang gak tau kemana, namun berdasarkan penelitian seorang penulis asal Belanda, sang tokoh penolak diplomasi antara Indonesia dan Belanda ini tewas ditembak pada tahun 1949. Kenapa MBDC pengen masukin Tan Malaka dalam uang? gak ada sih biar keren aja, dan anak-anak sekarang jadi tau sejarah negeranya yang bener-bener.

Malaka

4. Panglima Polim

Seorang panglima perang asal Aceh yang mempertahankan Aceh dari serangan Belanda. Kenapa doi pengen MBDC taro di uang? Ya, kalo Antasari aja udah masuk, masa Panglima Polem nggak sih?

polimlater2

5. Rudy Hartono

Mengharumkan nama Indonesia lewat Bulutangkis, salah satunya dengan rekor 8 kali menggondol gelar juara All-England. Kenapa MBDC pengen masukin dia ke dalam uang? Ya, biar beda-beda aja gitu jenis pahlawannya. Sekali-kali ada yang dari olahraga lah. Tapi kalo gak Rudy Hartono juga nggak apa-apa, yang penting dari olahraga.

ru-10

Udah segitu aja deh dari MBDC. Kalau kamu, siapa tokoh yang pengen wajahnya ada dalam uang? share dong. Apa, kamu lagi butuh uang? yaudah tagih aja utang kamu