5 Tips Kuliah di Luar Negeri

Banyak orang pengen kuliah di luar negeri buat dapet pendidikan yang oke serta pengalaman hidup yang beda. Kalo kamu punya rencana atau bermimpi untuk kuliah di luar negeri, nih ada tips-tips yang harus kamu ikuti supaya bisa bertahan sekaligus eksis!

1. Cari kampus yang keren

Ya iyalah. Masa udah jauh-jauh ke luar negeri kamu kuliah di kampus yang gak lebih bagus dari kampus disini? Kalo kampusnya keren kan bisa dipamerin di Instagram. Apalagi kalo yang rumputnya bagus trus kamu bisa foto-fotoan lagi belajar di atas rumput biar temen kamu yang di Indonesia pada ngiri.

2. Jujur

Kalo kuliah di luar negeri biasanya sulit buat nyontek atau nyuap. Jadi kalo kamu mau kuliah ke luar negeri, mending nyiapin mental dari sekarang deh buat jujur. Walopun kamu anak pejabat  atau anak mafia sekalipun gak bakalan ngaruh deh. Jadi selagi kuliah nanti mending jangan bikin perkara kalo kamu gak mau dihukum sama kampus.

3. Disiplin

Nah, ini juga perlu. Kalo di dalam negeri banyak kasus dosen yang telat, di luar negeri sih biasanya nggak. Kamu harus selalu tepat waktu untuk datang ke kelas ataupun mengumpulkan tugas karena dosen kamu belum tentu bisa mentolerir keterlambatan.

4. Berani

Kalo kuliah ke luar negeri kita mesti pinter bahasa setempat dong ya. Ke Malaysia sekalipun yang bahasa melayunya mirip banget dengan bahasa kita, tapi kamu tetep harus bisa bahasa Inggris. Nah, meskipun bahasa asing kita tentunya gak sebagus bahasa ibu, tapi tetep harus berani buat ngomong ke orang supaya bisa dapet banyak temen atau buat berurusan dengan orang lain.

5. Jangan manja

Kuliah di luar negeri apalagi tanpa keluarga, bakalan berat rasanya. Kamu harus sangat mandiri dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Kamu juga mungkin akan mengalami homesick dan gak ada duit. Kalo udah gitu biasanya kamu jadi terpaksa cuma makan mie instan dan jalan kaki dari rumah ke kampus. Belum lagi kalo kamu tinggal di tempat yang dingin banget, kamu bisa aja jatuh sakit tanpa ada yang ngurus.

Ya, gitu deh. Kuliah di luar negeri sebenernya gak seindah yang dibayangkan banyak orang. Makanya harus siap mental dan tetap semangat!