Seri Pengetahuan Umum: Teori Umur 27 – Part 1

Pada tau 27 Club kan? Sebuah ‘club’ atau perkumpulan dari musisi legendaris dunia yang meninggal di usia 27. Penyebab meninggalnya macem-macem sih. Cuma MBDC mau ngebahas aja, kenapa bisa terjadi sebuah ‘kebetulan’ yang sangat aneh, dimana para musisi sekelas Jimi Hendrix dan Kurt Cobain bisa tergabung di dalamnya. Dibalik alasan aneh kematian mereka, ada beberapa teori dan penjelasan kenapa harus ’27 tahun’ sih? Itu yang akan MBDC bahas sekarang. Yok

Saturn Return Theory

Ini adalah teori paling terkenal dibalik 27 club. Dikatakan oleh para astronomis, ketika seseorang berusia 27- 29,4 tahun, posisi Saturnus sama dengan posisinya ketika orang tersebut lahir. Sebenernya, revolusi Saturnus itu 29,4 tahun, cuma menurut sebagian astronomis perubahannya mulai kerasa sejak tahun ke 27. Di tahun ini, seorang manusia akan merasakan banyak perbedaan besar dalam hidupnya. Mereka akan memasuki tahap ‘dewasa’ yang baru, dimana seseorang akan benar-benar memikirkan “mau dibawa kemana hidupnya” dan hal krusial lainnya. Pada tahun ke 27 juga, seseorang akan merasakan kehilangan yang besar, mungkin gak semua sih, tapi banyak hal yang terjadi di tahun ke 27, salah satunya adalah kehilangan anggota keluarga, perubahan dalam karir, dan lain sebagainya.

Teori Konspirasi

Siapa sih yang gak suka teori konspirasi? Apalagi yang menyangkut orang-orang terkenal gitu. Ada yang bilang, kematian para musisi legendaris di usia ke 27 disebabkan pelanggaran perjanjian awal mereka dengan suatu sekte rahasia gitu. Jadi ada yang bilang, awalnya, ketika mereka belum terkenal, mereka ditawarin untuk jadi terkenal, dengan iming-iming popularitas tentunya. Nah, namanya manusia, begitu terkenal, meeker jadi kayak kacang lupa akan kulitnya gitu, dari situ deh mereka mulai dibasmi oleh sekte rahasia tersebut.

Kerusakan Akibat Obat-Obatan

Menurut Stephanie Sarkins, ketika para musisi handal tersebut mulai menggunakan obat-obatan di awal umur 20an, tubuh mereka mulai mentolelir ketika mereka berusia 27 tahun. Jadi, mereka gak bisa ‘high’ dengan jumlah dosis yang sama kayak yang mereka konsumsi di umur 20an awal. Karena itu, kecenderungan untuk overdosis jadi tinggi.

Sama aja kayak kamu, waktu kecil ngeliat Shizuka mandi aja langsung girang, sekarang? Apa? Masih?… eh jangan-jangan kamu emang demen anak kecil? Coba cek deh ke dokter.

Sebenernya masih ada 2 teori lagi, tapi itu kita simpen dulu ya, yakin banget kalo kamu ntar TLDR. Yok ah sembari share di komen, siapa sih anggota club 27 yang menginspirasi kamu?