Seri Pengetahuan Umum: Orang Paling Apes Dalam Sejarah – Episode 1

Apakah kamu berfikir hidupmu sangatlah malang? Apakah kamu merasa bahwa keberuntungan tidak pernah memihakmu? Kalau jawabannya iya, ada baiknya kamu baca artikel ini, biar gak ngerasa apes sendirian. Karena sesungguhnya ada orang yang lebih apes lagi menyedihkan dari kamu!

Guillaume Le Gentil

Tampangnya sih gak ada tanda-tanda bakal kena sialTampangnya emang agak kasihan gitu sih ya

Pak Gentil ini adalah seorang astronom handal berkebangsaan Perancis. Lahir di tahun 1700an gitu. Nah terus pada tahun 1760 pak Gentil ditugaskan (atau menugaskan diri) oleh the French Academy of Sciences untuk mengobservasi planet Venus dari Pondicherry, sebuah kota di India bagian selatan. Abis dadah-dadah sama bininya, berangkatlah pak Gentil dengan awak-awak kapalnya.

Pas lagi otw ke India, doi transit dulu di Kepulauan Mauritius dan baru denger kalau Perancis lagi perang sama Inggris. Akibatnya, si Gentil ini gak bisa melanjutkan pelayarannya. Setelah nunggu beberapa lama, akhirnya doi bisa berangkat ke Pondicherry. Cus.

Nah pak Gentil ini udah yakin banget bakal nyampe di Pondicherry dalam waktu sekitar sebulan setengah. Eh tapi dasarnya apes, kapal doi kena badai, alhasil kapalnya muter-muter di Samudra Hindia. Karena takut nyasar, si kapten kapal memutuskan untuk balik lagi ke Mauritius. Apes. Pas doi puter balik, itu adalah momen yang udah diperhitungkan sebelumnya untuk mengobservasi Venus, ya tapi karena dia di kapal dan goyang-goyang, observasinya terhadap Venus gak bisa optimal.

Setelah nyampe di Mauritius lagi, pak Gentil mengambil keputusan untuk tetep berada di Mauritius sampe tahun 1769, tahun di mana Venus bakal mengorbit dekat dengan bumi dan bisa diobservasi dengan jelas. Rencananya sih doi mau pindah tempat, mengobservasi dari Manila. Tapi waktu itu Manila lagi dikuasai kerajaan Spanyol, dan si Spanyol rada males sama pak Gentil. Takut digorok, pak Gentil milih untuk balik lagi ke tujuan utama, Pondicherry.

Tahun 1768, doi nyampe di Pondicherry. Doi sengaja dateng lebih awal karena takut bakal kena apes lagi. Nyampe di Pondicherry, doi musti bikin dulu tuh observatoriumnya, untung doi jago, jadi kelar deh tuh observatorium sebelum tanggal 4 Juni 1769, tanggal di mana dia akan meneliti Venus.

Setelah 4 Juni 1769, pak Gentil berkemas-kemas dan berlayar pulang ke Perancis. Eh tapi karena kelamaan dijalan pulang, ternyata dia udah dinyatakan meninggal, dan kerjaannya dia udah diambil orang lain PLUS bininya udah nikah lagi sama orang lain. Apes.

Mau tau lebih apesnya lagi? Tanggal 4 Juni 1769, di Pondicherry, mendung. Doi gak bisa liat Venusnya.

Mau lebih apes lagi? Tanggal 4 Juni 1769, di Manila, cerah.

Apes banget kan? kayak mau kasih puk puk gitu deh kalau ketemu pak Gentil. Tapi MBDC yakin, pak Gentil pasti orangnya pasti kuat dan sabar, gak mudah larut dalam kesedihan