Seri Pengetahuan Umum: Kartu Remi – Joker

Sesuai janji, MBDC buatin satulagi artikel khusus Joker dalam playing card. Jadi dari sejarah sampe pembahasan King, Queen, dan Jack-nya kemarin, ada satu yang belom dibahas, yaitu Joker.

Sebenernya Joker yang kita temui sekarang itu merupakan transformasi dari kartu tarot. Nah gini ceritanya,

Jucker

Jucker ini berasal dari salah satu game dalam playing card yang cukup terkenal di Jerman, nama permainannya sendiri adalah Euchre. Dalam konsep game ini Joker memiliki kedudukan yang kurang lebih mirip dengan Joker di playing card modern, dia adalah kartu truf tertinggi. Jucker ini diperkirakan pertama kali muncul di abad ke 19.

The Fool

Versi lain dari sejarah Joker adalah sebagai The Fool dalam kartu tarot. Jadi The Fool ini diceritain sebagai orang cacat yang bongkok gitu, terus dia dicemooh sama masyarakat sampe dipakein lonceng kayak sapi gitu, dia bahkan terbuang deh dari society. Karena kasian, pastur-pastur pada jaman tersebut ngebantu si The Fool biar diterima di masyarakat. Caranya dengan makein the Fool dengan pakaian badut yang lucu gitu. Dia mulai diterima lagi di society bahkan disukai sama anak-anak.

Karena si The Fool ini dianggap gak berbahaya, dia dapet keuntungan berupa bisa mengakses ke segala tempat gitu. Makanya dia bisa diterima dimanapun dan bisa menjelma jadi kartu apapun dalam beberapa permainan playing card game.

Hofnar

Konsepnya mirip sama The Fool. Bedanya, Hofnar ini entertainer sejati. Dia digambarin sebagai orang jenius dan memiliki banyak talenta seperti artis. Nah Hofnar ini bahkan dijadiin sebagai penghibur untuk anggota kerajaan. Dari situ, Hofnar dikenal memiliki kebebasan akses di segala kalangan.

Nah dari kesamaan antara The Fool, Jucker, dan Hofnar, Joker di playing card modern memiliki satu konsep, yaitu bisa menjelma menjadi kartu apapun dalam beberapa permainan kartu yang ada. Makanya kalau main Remi, paling asik kalo dapet Joker sih.

Yak gitu aja dari MBDC mengenai si Joker ini. Kalau kamu lebih suka versi yang mana? Yuk share di komen.

Oiya, kamu juga bisa belajar banyak pengetahuan umum di sini.