Seri Pengetahuan Umum: 7 keajaiban Dunia Kuno

Mungkin beberapa waktu lalu sempet ada heboh-heboh tentang Pulau Komodo sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Dulu juga sempet dibilang bahwa Candi Borobudur termasuk salah satu 7 keajaiban dunia. Sebenernya, konsep 7 keajaiban sendiri itu berubah-ubah. Kali ini, MBDC bakalan ngasih tau kamu tentang 7 keajaiban dunia yang pertama kali dibuat.

Jadi, di Abad ke 5 SM, Herodotus, seorang sejarawan Yunani kuno menetapkan bahwa dunia memiliki 7 keajaiban yang harus diketahui oleh keturunannya di masa mendatang. Bahkan 7 keajaiban dunia ini pernah masuk ke dalam puisi Antipater Sidon, seorang penyair kuno di abad ke 2 SM. Nah, ini adalah daftar dan namanya.

Great Pyramid of Giza

Great-Piramid-of-Giza

Ini adalah satu-satunya dari 7 keajaiban dunia kuno yang masih ada sampe sekarang. Dibangun sekitar 2500 SM dan berlokasi di Giza.

Hanging Gardens of Babylon

Hanging-Garden

Ini adalah salah satu keajaiban dunia yang unik, lokasinya sekarang adalah Irak. Cuma taman gantung Babilonia ini udah punah. Disebut taman gantung karena arsiteknya ngebentuk bangunan tinggi keliatan kayak taman menggantung kalau diliat dari jauh.

Statue of Zeus at Olympia

Statue-of-zeu

Patung ini dibuat oleh Phidias, seorang pemahat handal dijamannya, sekitar tahun 400an SM di Olimpia (sekarang Yunani). Sampe sekarang belum jelas sih alasan kenapa runtuh.

Temple of Artemis at Euphesus

Temple-of-artemis

Dibangun di tahun 550 SM di Eufesus (sekarang Turki) dimana kuil ini awalnya digunakan buat menyembah dewi Artemis. Kuil ini hancur karena banjir bandang, walaupun setelahnya sempet dibangun ulang dan (akhirnya) dihancurin lagi.

Mausoleum of Maussollos at Halicarnassus

Mausoleum-of-Maussollos-at-Halicarnassus

Ini adalah makam yang dibangun untuk Mausolus, seorang pemimpin yang  memerintah secara lalim di zamannya. Sekarang lokasinya bernama Bodrum di Turki.

Colossus of Rhodes

Colossus-of-Rhodes

Menurut MBDC, Colossus of Rhodes ini paling kasian sih. Karena ini adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia yang hancurnya paling cepet, dikarenakan gempa bumi. Patung ini Cuma bertahan selama 56 tahun.

Lighthouse of Alexandria

Lighthouse-of-Alexandria

Menara mercusuar yang dibangun di Mesir kuno pada abad ke 3 SM, tingginya sekitar 115 meter, dan merupakan salah satu menara tertinggi di dunia pada jamannya. Menara ini sempet bertahan sampe abad ke 14 yang akhirnya harus berenti beroprasi karena terserang gempa.

“Aku telah menyaksikan tembok Babilonia yang perkasa yang di atasnya terbentang jalanan untuk kereta-kereta perang, dan patung Zeus di tepi sungai Alfeus, aku telah melihat taman gantung, dan Kolosus (patung kolosal) Dewa Matahari, dan gunung buatan dari piramida yang menjulang tinggi, serta makam raya Mausolus; namun ketika aku melihat kuil Artemis yang menjulang ke awan-awan, yang lain itu semuanya kehilangan keindahannya, dan aku berkata, 'Tengoklah, selain Olympus, Matahari tidak pernah lagi melihat apapun yang sedemikian agung.”

—Antipater, Greek Anthology IX.58

Nah itu adalah 7 keajaiban dunia kuno. Lumayan kan, kamu buka MBDC hari ini, dapet ilmu baru, terus bisa dipake buat modusin gebetan kamu? Eh lupa. Kamu gak punya gebetan. Haha. Kesian banget.

Yaudah daripada suram, komen yok.