Seri Mainan Tongkrongan: Karambol

Nongkrong adalah kegiatan yang paling mengasyikan, mau itu sendiri (boker) maupun rame-rame. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari nongkrong, bisa ide brilianpengetahuandan tentunya temanTapi gak semua nongkrong bisa menghasilkan hal baik sih. Makanya sangat disarankan adanya sebuah aktifitas positif dalam sebuah tongkrongan, misalnya kayak bikin permainan.

Nah, sekarang mainan yang mau MBDC bahasa adalah Karambol. Yuk mari kita gali bersama.

Apa Itu Karambol?

Menurut yang MBDC dapet dari internet, Karambol itu dianggap sebagai bentuk mondifikasi permainan biliar. Mungkin karena cara mainnya hampir sama kayak biliar kali ya, cuma bedanya gak pake stik aja, karena karambol mainnya disentil. Konon karambol berasal dari India, dan akhirnya menyebar ke negara lain di tahun 70an. Nah, di tiap negara karambol ini dikenal dengan banyak nama kayak carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, sampe fingger billiards.

Di Indonesia sendiri karambol udah sangat merakyat. Hampir di setiap pengkolan pasti ada aja orang lagi main karambol. Saking populernya sampe-sampe karambol sempet dijadiin salah satu yang dilombain di acara 17an.

Persiapan

Untuk main karambol, ada beberapa hal yang harus disiapin.

1. Meja Karambol

Ya iya lah, emangnya mau main di mana, kasur? Ya emang bisa juga sih main karambol di kasur, tapi kan tetep aja harus ada mejanya. Nah, ukuran meja karambol itu macem-macem. Ada yang kecil, sedang, dan besar. Harganya juga beragam, mulai dari 40an ribu sampai yang ratusan ribu juga ada. Kalo mau, coba aja cari di toko buku dan olahraga gitu.

Karambolini meja karambol

2. Biji Karambol

Kala kamu beli mejanya, sekalian juga beli bijinya. Tapi biasanya sih udah paketan gitu. Biji karambol itu ada 20 buah. 18 buah adalah biji yang harus dimasukin yang terdiri dari dua warna yang dibagi 2. Maksudnya tiap warna ada 9. Trus ada 1 biji raja, dan satu biji pemukul.

Biji-KarambolIni salah satu model biji karambol. Kayaknya bisa ngebut nih

3. Bubuk Karambol atau Bedak

Benda ini harus kamu punya juga biar si biji bisa berjalan dengan sangat lincah dan licin di atas meja. Kalau kamu gak punya atau males beli bubuknya, kamu bisa kok pake bedak biasa. Nah, bedak ini nanti berguna juga buat hukuman pemain yang kalah.

4. Teman main

Ya kali deh kamu main karambol sendirian, kasian amat. Minimal kamu ajak satu orang temen deh buat mainan. Tapi alangkah keren dan seru kalau kamu mainnya berempat sih.

Cara Main

Ada banyak peraturan dalam permainan karambol. Tapi salah satu yang MBDC suka adalah main tim gitu. Jadi 4 orang ini dibagi jadi dua tim yang saling berhadapan. Nah, peraturan mainnya seperti ini

- Semua biji (termasuk raja) dikumpulkan di lingkaran tengah

- Biji yan masih ada dilingakran tengah gak boleh disentil langsung dengan biji pemukul, maksudnya harus ditektok gitu.

- Posisi menyentil gak boleh melebihi garis lurus yang paling deket sama pemain

- Kalau udah ada biji yang keluar, pemain juga gak boleh menyentil langsung, kecuali udah masukin salah satu biji dengan cara tektok.

- Biji yang ada di dalam kotak kecil dekat lobang juga gak boleh disentil langsung (harus tektok), kecuali

- Pemain yang udah memasukan biji misalkan warna merah, maka dia dan satu temennya harus memasukan biji warna merah.

- Memasukan biji lawan adalah keuntungan lawan. Tapi ada juga peraturan yang bilang kalau biji tersebut harus dibalikin ke lingkarang tengah, dan yang memasukan dapet hukuman.

- Biji raja gak boleh keluar dari lingkaran sampai salah satu biji warna jumlahnya tinggal 1 saja.

- Kalau salah satu pemain melanggar peraturan seperti ngeluarin raja sebelum waktunya, nyentil langsung sebelum masukin secara tektok, masukin biji pemukul maka tim tersebut harus ngembalikin lagi biji yang udah dimasukin. Tapi kalau pemain tersebut belum masukin satu biji pun, maka diitung minus.

- Tim yang berhasil masukin biji raja paling cepet, keluar sebagai pemenang.

Gimana, udah ngerti kan cara mainnya? Yaudah gih sana main.