Seri Mainan Tongkrongan: Gaple

Nongkrong adalah kegiatan yang paling mengasyikan, mau itu sendiri (boker) maupun rame-rame. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari nongkrong, bisa ide brilianpengetahuandan tentunya temanTapi gak semua nongkrong bisa menghasilkan hal baik sih. Makanya sangat disarankan adanya sebuah aktifitas positif dalam sebuah tongkrongan, misalnya kayak bikin permainan.

Nah, sekarang mainan yang mau MBDC bahasa adalah Gaple. Yuk mari kita gali bersama.

Apa itu Gaple?

Gaple adalah sejenis permainan kartu macam domino. Jangan ketuker ya

yang ini gaplekyang ini gaplek
gaplegaple

Nah, permainan Gaple ini sangat amat populer di kalangan begadangers. Yup, Gaple adalah permainan yang sangat membantu orang-orang yang pengen terus melek di tengah malam. Makanya yang sering mainin Gaple biasnaya hansip, satpam, atau bapak-bapak yang lagi kena giliran ronda. Tapi belakangan anak-anak muda juga suka kok mainan Gaple.

Temen paling akrab dari permainan Gaple adalah gorengan dan kopi hitam. Wih, mantap banget. Pokoknya kalau tiga elemen ini bergabung, niscaya waktu berhenti berputar buat para pemainnya.

Cara Main

Kartu Gaple ada 28 buah, yang dibagiin ke 4 orang pemain. Jadi setiap pemain dapet 7 kartu. Nah, permainan dimulai itu biasanya dari kartu 0:1 (peraturan di setiap tongkrongan suka beda sih) pemain yang punya kartu 0:1 menurunkan kartunya. Kemudian setiap pemain secara bergantian (searah jarum jam) menimpa kartu yang udah dilempar pemain sebelumnya, asalkan angkanya sama. Kalau pemain tersebut gak punya kartu dengan angka yang sama, maka pemain itu harus dilewati langkahnya, dengan kata lain pemain tersebut kehilangan satu putaran.

Permainan Gaple akan berakhir kalau satu orang pemain udah menghabiskan semua kartu ditangannya. Atau bisa juga semua pemain gak bisa menurunkan kartu lagi. Nah, kalau kejadiannya kayak gini, maka jumlah kartu sisa harus dihitung. Yang paling kecil dialah pemenangnya.

Istilah-Istilah

Balak
Adalah kartu yang punya angka sama. Balak paling besar adalah Balak 6. Tapi kalau dalam posisi permainan berakhir dan kamu masih pegang balak kosong tanpa ada kartu dengan angka kosong, maka balak kosong dihitung 25.

ini dia balak enamini dia balak enam

Gaple
Nama permainan ini emang Gaple, tapi isitilah gaple dari pemainan Gaple adalah suatu kondisi dimana udah gak memungkinkan lagi dilanjutkan premianan. Bukan karena udah harus pulang ke rumah ya, tapi  karena kartunya udah gak bisa turun lagi atau sudah tidak ada lagi jalan. Tapi sebenernya ini bisa aja dikondisikan. Maksudnya salah satu pemain emang sengaja bikin gaple, biasanya karena tau dia gak mungkin menghabiskan kartunya.

Tips and Tricks

- Setelah dapet 7 kartu, susun kartu yang sama saling berdampingan
- Keluarin kartu yang gede dulu macam balak 6
- Hitung kartu yang udah keluar biar kamu bisa mengatur permainan
- Kamu bisa pura-pura pas dengan catatan itu emang bagian dari strategi kamu
- Banting kartu dengan sangat pasti biar mengeluarkan suara, cetaaar. Kenapa? gpp biar keren aja
- Hati-hati sama orang yang gak main di belakang kamu, karena bisa jadi dia adalah mata-mata pemain lain.

Oiya, biar lebih seru kamu mainnya pake 7 lidi kecil gitu atau korek batang lah. Jadi bakal ada 7 puteran permainan. Setiap pemain yang menang dapet 1 lidi kecil atau korek batang. Kalau pemain tersebut bisa menang dari hasil bikin gaple, dia berhak dapat 2 lidi kecil atau korek batang. Nah, pemain yang paling sedikit dapetin lidinya maka dia berhak mendapatkan hukuman bermain dengan jongkok dan ngocokin kartu selama 7 puteran lagi. Sedap kan?

Selamat beramain.