Cara Ganti Kewarganegaraan

Menurut kabar sih makin banyak orang yang pindah kewarganegaraan, termasuk orang Indonesia. Penyebabnya bisa karena berbagai alasan; ada yang udah males tinggal di Indonesia, ada yang pengen dapet kerjaan lebih baik di luar sana, atau mungkin ada yang pengen lari dari masa lalu (ini pasti kamu banget). Tapi tentunya ganti kewarganegaraan gak segampang ganti kolor. Berikut adalah cara-caranya yang udah MBDC kumpulin khusus buat kamu:

1. Hubungi atau kunjungi website imigrasi negara tujuan

Kamu bisa dapetin banyak info soal cara untuk jadi warga negara sebuah negara asing adalah dengan mengunjungi  website keimigrasian negara tersebut. Disitu kamu bisa cari tau proses aplikasi hingga syarat dan ketentuannya. Cek gih! Tapi inget kamu harus ngerti bahasa Inggris, gak bisa cuma ngandelin Google Translate buat baca isinya.

2. Siapin duit banyak

Proses pindah kewarganegaraan biasanya makan dana. Katanya untuk dapet paspor Antigua dan Barbuda kita mesti ngeluarin duit US$ 400.000 atau 4 miliar rupiah dalam bentuk investasi properti. Kalo untuk menjadi warga negara Austria, sebuah negara kaya di benua Eropa, kita perlu mengeluarkan dana US$ 10 juta buat diinvestasikan di negara tersebut. Nah, kamu udah cukup kaya belum?

3. Lama-lama tinggal di luar negeri

Untuk beberapa negara, kalo kita lama tinggal di luar negeri biasanya jadi punya kemungkinan buat pindah kewarganegaaran di negara tersebut dengan mudah. Banyak sih yang udah selama beberapa tahun tinggal di sebuah negara, dia pun bisa coba untuk mengajukan diri jadi warga negara disana. Tapi untuk tinggal lama di suatu negara asing kamu butuh..

4. Dapet kerjaan di luar negeri

Pekerjaan! Ya, kamu perlu dapet kerjaan disana yang menjamin kamu buat mendapat izin tinggal alias visa kerja untuk berada lama-lama disana. Misalnya aja kalo kamu bisa dapet kerja di luar negeri selama beberapa tahun, maka kamu bakalan dapet izin tinggal disana. Nah, selama beberapa tahun udah tinggal disana kamu bakalan lebih gampang buat ngajuin pindah kewarganegaraan.

5. Nikah sama orang asing

Ini termasuk cara yang gampang-gampang susah. Maksudnya nikahnya gampang, tapi dapetin orang asing buat dinikahin sih bisa sulit. Makanya ada juga beberapa kasus orang yang bayar seorang warga asli untuk pura-pura nikah sama dia supaya bisa dapet kewarganegaraannya dengan gampang. Tapi setelah beberapa lama udah dapet kewarganegaraan ya cerai aja gitu.

6. Belajar bahasa

Kalo kamu mau pindah kewarganegaraan, kamu bagusnya sih bisa bahasa negara tersebut dong ya. Aneh aja gitu kalo jadi warga negara Jepang tapi taunya cuma 'aishiteru' sama 'itadakimasu'. Itu sih MBDC juga bisa! Makanya belajar dulu bahasanya sebelum pindah kewarganegaraan.

Duh, gak gampang juga kan ya buat pindah kewarganegaraan. Kamu emangnya beneran mau ganti kewarganegaraan? Sayang juga tau ngelepasin kesempatan buat punya negara yang tanahnya subur rakyatnya makmur kayak Indonesia gini (kalo kata Enno Lerian).