8 Kebiasaan Khas Pas Imlek

Tahun Baru Cina, atau yang biasanya kita kenal dengan Imlek atau Sincia, biasanya jadi momen untuk melangsungkan tradisi suku Tionghoa yang tentunya ada kebiasaan-kebiasaan yang khas banget! Makanya kali ini MBDC mau rangkum kebiasaan-kebiasaan pas Imlek.

Kumpul

Imlek biasanya jadi sarana reunian juga, yang kuliah di luar kota pada ballik ke kampung halamannya. Biasanya sih kumpul di rumah engkong (kakek) atau kalo kakeknya udah meninggal, kumpul di rumah anak paling tua. Yang cucu-cucu pada kumpul buat main bareng, main monopoli, atau kartu biasanya. Yang om-om juga main kartu atau sekedar ngobrol-ngobrol aja. Namanya juga keluarga lagi ngumpul.

Merah

Imlek juga identik dengan ornamen-ornamen yang serba merah. Kalo kita ke mall, kita bisa liat banyak lampion-lampion merah, baju mbak-mbak yang kerja di mall juga merah. Amplop angpao nya juga merah. Kita doain aja deh, semoga dapet isinya juga yang merah.

Uang yang merahUang yang merah

Gak Boleh Nyapu

Ada mitos yang bilang, kalo Imlek rumah gak boleh disapu. Makanya biasanya sebelum imlek, orang-orang  bersih-bersihin rumahnya sampe bersih dulu. Katanya, kalo nyapu pas imlek sama aja kayak buang rejeki, nanti angpaonya dapet dikit.

Rumah Harus Terang

Malem imlek biasanya orang-orang juga nyalain semua lampu. Dari lampu yang biasa dinyalain, sampe lampu yang jarang dinyalain, kayak lampu gudang, kamar mandi atau ruang keluarga yang biasanya kalo malem dimatiin. Mitosnya sih, nyalain lampu biar rejekinya gak nyasar.

Serba Baru

Dalam menyambut tahun baru, ada baiknya kalo kamu pake barang yang serba baru waktu imlek, kayak baju baru, celana baru, tas baru, sepatu baru, sampe daleman-dalemannya juga kalo bisa baru. Emang kenapa? Kalo jaman dulu biasanya yang dipake baju-baju yang bernuansa Cina gitu deh, minimal warnanya merah lah, tapi kalo sekarang sih nyesuain trend yang ada aja.

Kionghi

Biasanya kalo imlek, anak-anak kionghi ke orang tua atau yang lebih muda kionghi ke yang lebih tua. Tujuannya sih katanya silahturami tapi aslinya sih biar dapet angpao. Kalo kamu bingung, kionghi itu apa dan kayak gimana, kionghi itu sikap tangan waktu pai-pai. Tangan kiri menangkup tangan kanan. Tapi sebenernya terserah kamu aja nyamannya gimana.

Kayak giniKayak gini

Angpao

Kalo imlek begini, angapao pasti paling ditunggu-tunggu sama anak kecil. Yang gede juga nungguin sih. Yang ngasih angpao adalah orang yang sudah menikah, kayak papa-mama, om-tante, atau saudara kamu yang sudah menikah. Omong-omong angpao, ada yang bilang juga kalo bungkus angpao sebaiknya dikumpulin, karena pamali kalo dibuang, nanti yang ngasih angpao jadi dikit.

Makanan

Ada beberapa makanan yang khas banget pas Imlek. Kayak kue keranjang, jeruk, kue lapis, kue mangkok, kue kering, kolang-kaling, tripang, ikan bandeng, cangcimen (kacang kuaci permen) ya pokoknya banyak makanan deh, kamu gak bakal kelaperan pas imlek, kecuali kalo kamu sok-sokan menahan diri aja.

Kalo kamu imlekannya gimana? APA??!! Kamu punya kebiasaan bagi-bagi angpao?? Boleh loh bagi ke MBDC!