6 Tips Survive di Jakarta

Kehidupan di Jakarta itu keras dan gak mudah. Sama sih susahnya kayak tinggal Stockholm atau Helsinki tapi dikali 1000000 (baca: sejuta). Ada banyak masalah di kota ini yang membuat kamu mesti selalu sabar. Tapi tenang, ikuti aja tips di bawah ini dan niscaya kamu akan selamat!

1. Punya banyak koneksi

Di Jakarta kalo kamu gak punya koneksi dan bekingan yang kuat sih agak-agak susah ya buat survive. Hal ini kamu butuhin disaat berurusan dengan pihak-pihak yang berkepentingan, atau kalo kamu sedang berurusan bisnis dan segala macem. Pokoknya perkara kamu anak siapa dan kenal siapa aja itu bisa jadi cukup penting di kota ini.

2. Anti-sakit 

Tinggal di Jakarta kamu gak harus jadi Superman, tapi cukup bisa jaga kesehatan baik-baik. Gak boleh gampang kena virus dan bakteri yang bisa bikin kamu sakit. Di Jakarta ini banyak makanan yang kurang bersih dan udara yang polusinya minta ampun. Jadi daripada kamu tiap hari mesti pake masker atau cuma bisa makan di tempat yang elit, mending bikin badan kamu jadi anti-sakit.. Gimana caranya? Gatau juga sih, tapi tipsnya ya gitu.

3. Kantong tebel

Biaya hidup di Jakarta bisa dibilang cukup gede. Dari mulai kebutuhan pokok sampe yang gak penting-penting amat tapi penting yaitu bergaul. Bisa aja untuk cuma makan di suatu restoran bakalan ngabisin seperempat dari penghasilan kamu sebulan. Belum lagi urusan transport, rasanya gak nyaman kalo gak punya mobil dengan jalanan dan transportasi umum di Jakarta yang belum memadai.

4. Punya pasangan

Lah, emang gak boleh jadi jomblo di Jakarta? Ya boleh aja sih. Tapi biasanya lebih asik aja gitu kalo punya pasangan. Ada yang nemenin jalan kesana-sini dikala temen kamu pada lagi sibuk sama urusan masing-masing. Belum lagi kalo pasangan kamu bisa anterin kemana-mana. Soalnya kan jalanan Jakarta serba jauh dan ribet gitu ya. Apalagi banyak tempat yang berbahaya. Jadi kalo kemana-mana pergi sendiri sih rasanya kurang enak aja.

5. Bisa berenang

Penting nih! Liat aja berita, Jakarta udah langganannya kena banjir. Kamu bisa jadi gak selamat kalo gak bisa berenang. Dan selain kamunya selamat, kamu juga bisa nyelametin orang lain juga.

6. Humoris 

Selain sabar, kamu juga harus jadi humoris. Anggep aja hal-hal aneh yang terjadi di Jakarta sebagai lelucon. Gak perlu marah, apalagi berantem. Kalo ada Metromini yang tiba-tiba berenti di tengah jalan, ketawa aja. Kalo kamu janjian sama orang trus dianya telat sampe dua jam, ketawa aja. Kalo kena macet dan mobil kamu gak gerak-gerak, ketawa aja. Pokoknya semua bisa jadi laughable, ketawable. Mentok-mentok kamu dianggep gak waras, tapi yang penting kan gak stress-stress amat ya!

Nah, gampang kan tipsnya. Tapi yakin masih mau tinggal di Jakarta? Yakinnn? Nanti kamu bisa ikutan gila lho kayak MBDC!