6 Hal Salah Yang Dilakukan Orang Setelah Berbuat Kesalahan

Semua orang di muka bumi ini pastinya bikin salah. Dari situlah makanya kita belajar, supaya gak bikin salah lagi, karena katanya hanya orang bodoh yang bisa melakukan kesalahan yang sama. Kecuali untuk urusan cinta ya, MBDC bisa memaklumi kok kalau kamu masih aja nempel ama pacar kamu padahal udah disakitin berjuta kali.

Nah, dari kesalahan munculah sebuah kata maafKalau kamu salahnya ke orang lain ya minta maaf lah sama orang tersebut. Kalo ngerasa salah sama diri sendiri, ya minta maaf sama diri sendiri. Kalo ngerasa salah sama tuhan, ya minta maaf lah ke tuhan. Tapi ada loh orang yang entah karena alasan gengsi atau apa gitu gak mau mengakui kesalahannya. Malah, mereka balik ngelakuin hal yang bikin keliatan tambah salah, dan kadang keliatan bego. Berikut ini MBDC kasih tau hal salah yang dilakukan orang setelah berbuat kesalan.

1. Marah

Nyebelin sih emang, tapi begitulah kenyataanya. Beberapa orang milih marah saat tau dia bikin salah. Alasannya apa? gak tau pasti sih, tapi MBDC berasumsi orang-orang kayak gini cuma gak mau aja kalau mereka keliatan salah, walaupun sebenernya udah jelas-jelas salah. Inti dari marahnya sih biar orang gak terus nyalahin. Nah, ada jenis orang yang setiap bulan pasti kayak gini. Mereka gak lain dan tidak bukan wanita yang sedang kedatangan tamu. Coba deh pas cewe dateng bulan trus dia bikin salah, dan kamu bilang kalau dia salah.

Contoh lainnya adalah saat kamu ditilang karena gak punya surat-surat yang lengkap, trus kamu malah balik marahin Polisi. Kayak video ini nih


2. Nyalahin Orang Lain

Ini sungguh lah hal yang tidak bijak. Udah tau kamu yang bikin salah, masa kamu numpahin kesalahan kamu ke orang lain. Well, tapi percaya atau nggak, orang kayak gini ada banget. Intinya sih gak mau keliatan salah aja. Biasanya orang yang suka ngelakuin ini adalah orang-orang paling jago gitu deh kalo di tongkronganseoarang Bos dalam perusahaan, atau bisa juga seorang pimpinan. Yang terakhir sih sering banget tuh kejadian di Indonesia. Anak buah yang dinyatakan salah, padahal kan yang seharusnya dapet hukuman pimpinannya karena dia yang kasih instruksi.

3. Nyalahin Keadaan

Saat gak ada orang lain yang bisa disalahin, kadang orang suka menyalahkan keadaan. Misalnya telat dateng meeting karena emang kamu telat bangun, trus di jalan kena macet. Alhasil telat dateng ke meeting, dan kamu menyalahkan macet. Coba kamu pikirin deh, salah apa si macet?

4. Ngomong,"Gue Emang Orangnya Begitu"

Sesungguhnya orang paling nyebelin adalah udah tau kalau dia salah tapi malah mengamini kesalahannya. Setiap bikin salah ngomong begini,"Gue emang orangnya begitu." Trus dilanjutin dengan kata,"Lo ngerti lah." Orang-orang kayak gini nih yang gak pernah mau belajar dan kayaknya lebih enak buat ditendang.

5. Panik Kemudian Nangis

Pernah kan kamu nemuin orang yang bikin salah trus dia malah kepanikan sendiri. Malah saking paniknya bikin orang-orang disekitarnya ikutan panik. Karena gak ada orang yang mau peduli dengan kepanikan dia, kemudian berlanjutlah dengan tetesan air mata.

6. Ketawa Atau Belaga Bego

Ini sebenernya teknik sih. Kalau ada orang yang ngelakuin salah terus malah ketawa-ketawa atau belaga bego sebenernya cuma kamuflase dari kata Gue Gak Mau Disalahin, Walaupun Gue Tau Itu Salah Gue. Jadi kalo suatu ketika kamu temuin temen kamu kayak begini mendingan kamu toyor aja biar dia bego beneran.

Percayalah sesungguhnya kalau kamu bikin salah tinggal sesimpel minta maaf aja, dan kemudian seberat menyelesaikan masalahnya. Tapi kan kalau kamu udah ngaku salah, kamu bisa minta bantuan temen kamu juga buat menyelesaikan masalahnya. Kecuali kesalahan kamu adalah telat nyabut. Itu kamu urus sendiri aja deh akibatnya.