5 Benda yang Licin

Di musim hujan seperti ini, kemungkinan kamu akan lebih sering melihat orang terjatuh di jalan karena kondisi jalan yang licin. Hal itu karena mereka kurang waspada oleh efek yang ditimbulkan oleh air hujan. Apalagi air hujan yang bercampur dengan tanah. Nah supaya kamu tidak terpeleset karena licin, ada baiknya kamu simak hal-hal licin lainnya yang berhasil dihimpun oleh MBDC.

Kulit Pisang

Kulit pisang kalau dibuang ke lantai itu akan membuat licin orang yang menginjaknya. Gak heran banyak orang yang terjatuh cuma karena nginjak kulit pisang. Sampai-sampai ada lagunya lhoo tentang kulit pisang:

Jika kau makan pisang
Jangan dengan kulitnya
Kulit di lempar keranjang
Keranjang apa namanya
Jika ku makan pisang
Tidak dengan kulitnya
Kulit ku lempar keranjang
Keranjang sampah namanya

Lagu ciptaan Pak Kasur ini mengajarkan anak-anak bahwa kalau setelah makan pisang kulitnya jangan dibuang sembarangan. Kalau kamu buang kulitnya sembarangan, nanti ada yang kepleset sama kulit pisang punya kamu gimana? Makanya sana gih buang kulit pisang kamu ke keranjang sampah biar nggak nambah dosa.

Sabun

Selain mempunyai kegunaan untuk membersihkan kotoran, sabun juga terkenal karena tingkat kelicinannya yang tinggi. Pasti kamu pernah waktu mandi megang sabun batangan, terus sabunnya jatuh. Mau diambil, sudah dalam genggaman, eh jatuh lagi. Terus kenapa sih sabun itu harus licin? Ya supaya kamu lebih gampang membersihkan segala sesuatu yang kamu sabuni itu. Coba bayangin kalo kamu lagi sabunan, terus seret sabunnya nggak mau digerakin. Kan nanti jadi makin lama sabunannya.

Belut

Selain sabun, belut juga dikenal sangat licin. Hal ini disebabkan tubuh belut yang mengeluarkan zat cair yang kental seperti air ludah dari sel kulitnya. Kegunaan lainnya dari tubuh belut yang licin ini adalah supaya si belut dapat bergerak dengan gesit dan menghindari pemangsanya. Gak heran deh banyak acara yang dimeriahkan dengan lomba menangkap belut gitu.

Lumut

Sebenernya lumut itu termasuk tumbuhan, tapi karakternya licin juga. Lumut itu menjadi licin karena dia menyerap air. Hal ini dikarenakan sifat sel dari lumut yang menyerupai spons. Lumut itu biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembap gitu. Makanya kalau kamu mau masuk ke tempat-tempat lembap, mending diperiksa dulu deh ada lumutnya apa enggak. Biar gak jatoh gitu.

Lendir

Lendir ini tidak hanya licin, tapi juga agak-agak lengket gimana gitu. Meskipun licin tapi ada juga lhoo yang gak kepleset waktu jalan di atas lendir, yaitu bekicot. Meskipun terlihat menjijikkan, lendir bekicot atau yang lebih dikenal dengan sebutan siput, ternyata punya manfaat juga lho.

Lendir siput dipercaya mengandung asam hyaluronic, protein dan antioksidan yang bermanfaat bagi keindahan dan kekencangan kulit, terutama kulit wajah. Jadi kamu bisa menggunakan lendir siput itu untuk perawatan kulit wajah, terutama untuk mencegah keriput.

Jika ada di antara kamu yang berjiwa enterpreneur sejati, mungkin kamu bisa menangkap peluang ini untuk kemudian kamu manfaatkan dengan membuka bisnis lendir...ehm siput. Kamu bisa kaya raya lhoo. Kalo kamu udah kaya raya, jangan lupa bilang terima kasih ya sama MBDC.

Itu tadi benda-benda yang bisa bikin licin. Tapi kalo kamu lebih suka yang licin apa yang keset?