4 Fungsi Kalender

Setiap pergantian tahun, kebanyakan orang akan berusaha mencari kalender tahun yang baru untuk menggantikan kalender lama yang ada di rumah atau kantor mereka. Sebenarnya apa sih fungsi kalender itu? Kalau kamu taunya kalender itu cuma untuk melihat sekarang tanggal berapa, sekarang saatnya kamu simak pembahasan MBDC tentang fungsi-fungsi kalender lainnya.

Pengingat

Pada dasarnya kalender itu diciptakan supaya orang bisa menandai suatu hari dalam ribuan hari yang dijalani oleh seorang insan manusia. Biasanya sih hari yang ingin diingat atau ditandai itu adalah hari-hari yang spesial gitu. Mungkin aja hari kelahiran kamu, hari dimana kamu mengalami pubertas untuk kali pertama, hari kamu jadian, hari kamu diputusin, hari dimana kamu ngajakin mantan kamu balikan tapi dianya nggak mau. Repot aja ya kalau kalian ingin mengenang hari jadian tapi nggak tau tanggal berapa. Ada kalender aja masih banyak orang yang bilang "Eh sekarang tanggal berapa ya?" Terus gimana kalo nggak ada kalender coba?

Pengatur Jadwal

Fungsi kalender selanjutnya adalah untuk mengatur jadwal kamu. Misalnya ada temen kamu yang akan menikah tanggal 23 Januari, dan undangannya sudah dikirim ke kamu pada awal bulan. Jadi kamu bisa mengosongkan acara pada hari tersebut sejak jauh-jauh hari. Atau misalnya awal bulan April pacar kamu ngajakin kamu liburan ke Austria selama 5 hari. Jadi kamu bisa mengajukan rencana cuti sejak bulan-bulan sebelumnya gitu. Kan enak, boss kamu nggak marah-marah gara-gara kamu ijin cutinya mendadak. Makanya kalender itu jangan cuma dijadikan...

Sebagai Hiasan

Ketika orang mencari kalender baru, biasanya mereka akan mencari lebih dari satu kalender. Tujuannya ya untuk dipajang di tiap ruangan yang ada di rumah mereka aja. Karena seringnya kan kalender itu ada gambar-gambarnya gitu. Jadi bagus untuk menghias tembok-tembok rumah mereka.

Kalender 5

Kalender 1

Kalender 3

Kalender 4

Kalender 2

Daripada tembok rumahnya polos, kan mending ada hiasannya. Kecuali kalau kamu senengnya yang polos-polos, ya MBDC nggak tau sih.

Menghitung Siklus Menstruasi

Hampir semua wanita di dunia ini menggunakan bantuan kalender untuk menghitung siklus menstruasi mereka. Biasanya mereka akan membuat lingkaran-lingkaran gitu di kalender mereka. Bahkan ada juga para pria yang ikut membantu dalam menghitung masa subur pasangannya. Emang mau ngapain sih? Ya mau bantuin ajalah, siapa tau ceweknya kurang pinter dalam bidang matematika, tapi jago banget dalam bidang lainnya.

Itu tadi beberapa fungsi-fungsi kalender yang bisa MBDC jelasin ke kamu. Kalau seandainya kalender kamu nggak berfungsi dengan baik, ya berarti kalender kamu rusak. Sana gih buruan kirim ke tukang reparasi. Atau kamu tau fungsi kalender lainnya, silahkan ditambahin lhoo.