4 Alat Musik Anti Mainstream Yang Keren

Kalau kamu cuma bisa main gitar, bass ata drum, mendingan gak usah sombong deh. Hampir semua orang bisa main gituan. Kalau kamu jago main alat-alat musik di bawah ini nih baru kamu boleh sombong. Siap? Mari kita.

1. Bonang

BONANG

Menurut MBDC, Bonang itu nafasnya Gamelan. Kayak gitar gitu deh kalau di band-band pop. Kalau gak ada Bonang, Gamelan gak akan hidup. Di samping itu, Bonang gak gampang dimainin. Kenapa? Karena sebagai pemain Bonang yang unggul, kamu harus bisa membunyikan nada-nada yang berasal dari gabungan dua kendi yang dipukul bersamaan. Eh itu namanya kendi bukan sih? Anggep aja kendi ya. Jangan ada yang marah. Nah ukuran dari kendi-kendi ini hampir sama, jadi kamu musti hafal bener nada yang dihasilkan dari setiap kendi yang ada di depan kamu.

2. Tibetan Bowl

TIBETAN-BOWL

Dari namanya sih kayaknya alat musik ini berasal dari Tibet ya. Terus bentuknya kayak mangkok. Jadi deh namanya Tibetan Bowl. Tibetan Bowl ini sebenernya cuma punya satu nada doang, tapi satu nada ini bisa disustain panjang banget dengan menggunakan sebuah alat berbentuk tongkat. Tibetan bowl ini sering dipake dalam upacara keagamaan setempat. Jadi dalam upacara keagamaan ini, para monks berdoa, dalam bentuk mantra, sambil diiringi nada dari mangkok ini. Tripping abis.

3. Hang Drum

Menggunakan analisa yang sama seperti poin nomor dua, Hang Drum berasal dari daerah yang bernama Hang di dataran Cina. Enggak deng. Hang Drum ini pertama kali diproduksi di Swiss untuk keperluan pribadi. Jadi gak pernah ada rencana untuk memproduksi Hang Drum secara massal. Eh tapi lama-lama Hang Drum jadi populer banget di kalangan pemain perkusi. Akhirnya si orang Swiss ini mulai bisnis Hang Drum, kecil-kecilan sih, soalnya semuanya hand made. Akhirnya banyak banget orang yang pengen punya Hang Drum ini. Lalu karena suatu alasan, si produsen Hang Drum ini berhenti produksi. Karena si orang Swiss ini berhenti bikin Hang Drum, Hang Drum buatan dia jadi langka dan harganya meroket. Cek deh harga Hang drum ini di ebay atau amazon.

4. Harpa

HARPA

Ini alat musik bukan sembarang alat musik. Secara teknis, sebenernya Harpa ini cara mainnya sama aja kayak metik Kecapi, tapi gebetan kamu kok kayaknya gak akan klepek-klepek kalo kamu jago main kecapi ya? Bakal lain ceritanya kalau kamu jago main Harpa. Harpa juga dikenal sebagai alat musik untuk menyembah para dewa, alat musik kaum elit pada jamannya.

Nah itu tadi 4 alat musik anti-mainstream yang keren. Udah 2014 gini masa cuma bisa main gitar, mblo? Sekarang coba deh mainin lagu ini pake salah satu instrumen di atas.