Tanda-tanda Akhir Jaman Kehidupan Hingar-Bingar Mahasiswa

Artikel dari kamu adalah sebuah rubrik yang diisi oleh artikel-artikel random kiriman kamu yang dipost di Komunitas Malesbanget. Artikel di sini gak terlalu banyak MBDC edit dan kurang lebih masih seperti versi aslinya. Kenapa? Supaya kesannya…artikel dari kamu banget! Semua artikel yang ada di rubrik ini adalah pandangan dan pendapat pribadi para penulis, bukan MBDC. Selamat menikmati!

Bukan mahasiswa namanya kalau belum ngerasain yang namanya Tugas Akhir atau Skripsi atau Tesis atau Disertasi. Mahasiswa itu harus punya nyali untuk menyelesaikan tantangan terbesar di penghujung perjuangan: Tugas Akhir (TA). Kekuatan TA melebihi kekuatan mahasiswa ketika bentrok sama security efek demo di depan rektorat atau orasi di balaikota. Dia begitu dahsyat dan menggoncangkan dunia mahasiswa. Kenapa? Inilah alasan kenapa TA sebagai penghujung perjuangan dianggap sebagai tanda-tanda akhir jaman hingar bingar hidup mahasiswa:

Terdiam

Tanda-tanda akhir jaman masa mahasiswa diawali dengan fase terdiam atau merenung. Mahasiswa akan cenderung sering terdiam untuk merenungkan topik apa yang akan digunakan untuk TA. Pemilihan topik penelitian untuk TA ini tentunya gak bisa dilakukan sembarangan. Butuh konsentrasi tinggi dan ilham dari semesta. Bisa dilakukan dengan memperbanyak waktu bertapa misalnya. Bertapa di perpustakaan, di depan laptop, di depan lab, di kamar kos, di kamar mandi bisa juga. Buktinya Pakdhe Archimedes bisa menciptakan teori Hukum Archimedesnya tentang berat jenis benda. Jadi topik penelitian deh. Selain bertapa, pada fase ini akan ada banyak hal yang dipikirkan terutama berkaitan dengan waktu pelaksanaan penelitian, biaya penelitian, hambatan-hambatan yang akan ditemui dan impact factor penelitian tersebut. Tanda-tanda!

Sering Menyendiri

Akibat terlalu sering terdiam lambat laun kamu akan sering menyendiri karena terdiam tiba-tiba di depan umum itu gak enak banget, bakal keliatan freak karena kamu dianggap semacam cenayang yang lagi menerawang dunia lain. Lambat laun kamu mulai menjauhi hingar bingar hidup mahasiswa yang penuh hura-hura karena satu hal ini. Tanda-tanda akhir jaman!

Labil

Labil bisa terjadi saat kamu sedang sendirian atau saat berinteraksi dengan orang lain, siapapun itu. Terutama orang terdekatmu. Anak rumahan bisa jadi sering labil dibandingkan anak kos karena anak rumahan hidup dengan keluarganya dan kalau keluarga care banget sama kamu secara gak langsung ini akan menjadi tekanan jiwa tersendiri. Gak dipungkiri, orangtua bakal tanya "Gimana skripsimu?" "Udah ketemu dosen pembimbing?" "Jurnal tesisnya udah dibikin?" Aaaaakk!! Pertanyaan-pertanyaan semacam ini bikin hati jadi galau saat kita belum mencapai target penelitian. Sedetik kamu bisa ada dalam suasana senang, tapi ketika pertanyaan ini diluncurkan detik berikutnya kamu bisa stres. Oh no! Ini tanda-tanda akhir jaman!

Gak Fokus

Efek mengerjakan TA yang paling terlihat jelas adalah: kamu jadi gak fokus. Kamu keliatan linglung, hilang arah, tersesat, tak tahu jalan pulang, bagai butiran debu. Kamu tiba-tiba lupa perkalian, pembagian, langkah kakimu tidak pasti akan melangkah kemana. Saking gak fokusnya kamu jalan linglung aja terus gak tau ada pintu kaca di depanmu terus ditabrak gitu aja. Terkadang fase gak fokus ini bisa menimbulkan kerugian. Tanda-tanda akhir jaman, bung!

Hidup Berantakan dan Gak Peduli Lingkungan Sekitar

Jam terbangmu berpindah-pindah. Jam tidurmu juga berubah-ubah. Kelupaan mandi. Tidak merawat diri. Sering telat makan. Gak peduli lingkungan sekitar. Sama diri sendiri aja cuek, apalagi sama orang lain. Hidup berantakan ini jangan sampai berangsur lama karena akan merusak hubunganmu dengan lingkungan sekitar. Yang punya pacar entar pacarnya bakal ngomel-ngomel sering dicuekin, yang punya gebetan entar gebetannya diembat yang lain, yang jomblo ya udah pukpuk diri sendiri, keep strong aja deh. Ini tanda-tandanya!

Konspirasi Ketakutan

Ketakutan akan semakin berkecamuk dalam pikiranmu ketika akan mencapai tahap-tahap akhir mengerjakan TA. Ketakutan pada hasil penelitian, merasa gak pede. Yang sering terjadi adalah kamu merasa penelitianmu gak sempurna banget dan penelitian temanmu sangat sempurna. Padahal sama aja, temanmu juga merasa seperti itu. Atau takut sama pertanyaan-pertanyaan yang bakal dilontarkan sama dosen penguji, ketemu dosennya aja takut. Akan ada banyak konspirasi ketakutan-ketakutan dalam pikiran. Tapi ketahuilah, inilah tanda-tanda akhir jaman! Akhir jaman masa mahasiswa.

Tanda-tanda di atas bisa saja terjadi dalam hidupmu kalau kamu sebagai mahasiswa berani mengambil keputusan besar untuk menuntaskan pendidikan dengan baik. Full throttle. Ketika tanda-tanda ini mulai terjadi satu per satu, berbahagialah karena sesungguhnya kemenangan sejati sebagai mahasiswa sebentar lagi ada di depan mata. Jangan ngaku mahasiswa kece kalau belum nyelesein TA. Sensasinya kalau udah selesai ngerjain TA itu gak terbayar dengan apapun saking senangnya. Hajar bung!

Artikel kiriman dari Anita Nugroho