Singkatan yang Sering Kamu Denger Tapi (Mungkin) Gak Tau Kepanjangannya

Hidup ini memang penuh dengan kata-kata aneh. Udah  banyak kata aneh, suka disingkat-singkat lagi. Orang Indonesia paling suka nih bikin singkatan-singkatan gini. Bikin sesuatu namanya panjang, trus disingkat-singkat aja gitu. Setiap harinya kamu pasti bersinggungan dengan yang namanya singkatan. Tapi apakah kamu yakin kamu tau kepanjangan dari singkatan-singkatan yang sering kamu baca itu? Nah, hari ini MBDC mau ngeyakinin!

STNK

"Ah MBDC apaan sih, siapa coba gak tau kepanjangan STNK?!" pikir kamu. Yakin kamu tau kepanjangan STNK? Emang apa? Surat Tanda Nomer Kendaraan? Kalo kamu pikir begitu, kamu salah.

Kepanjangannya: Kepanjangan STNK yang bener adalah Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor. Yes, ada Bermotornya di belakang. Kenapa singkatannya bukan jadi STNKB? Ya gak tau. Tapi kalo kamu gak percaya, coba aja kamu liat STNK kamu.

RSVP

Kamu pasti sering liat ini kalo kamu dapet undangan dari temen untuk menghadiri sebuah event. Biasanya untuk mengkonfirmasi kalo kamu bakal dateng, kamu harus RSVP dulu. Tapi sebenernya apa sih kepanjangan dari RSVP?

Kepanjangannya: RSVP adalah singkatan dari répondez s'il vous plaît, sebuah kalimat bahasa Perancis yang artinya kurang lebih "minta tanggepan." Minta tanggepan apa? Ya kamu mau dateng apa nggak, gitu lho.

ISBN

Kamu yang suka baca buku pasti sering liat nih di bagian belakang buku. Semua buku yang legal pasti punya ISBN. Apa sih ini?

Kepanjangannya: International Standart Book Number, sebuah kombinasi nomer unik yang jadi penanda sebuah buku gitu deh. Jadi ceritanya kalo kamu mau bikin sebuah buku yang diedarkan secara luas, kamu harus dapet yang namanya ISBN ini.

A&W

Sebuah restoran fastfood yang cukup populer di Indonesia dan dunia. Sebenernya kepanjangannya apa sih?

Kepanjangannya: Sebenernya A&W cuma kependekkan dari nama dua orang foundernya sih, Roy W. Allen dan Frank Wright. Udah sih gitu aja. Gak spesial-spesial amat.

CSW

Buat kamu yang pernah lewat daerah Blok M di Jakarta pasti pernah liat penunjuk jalan yang nunjukkin arah ke CSW. Apa itu CSW? Cisaruwa? Ya bukan dong.

Kepanjangannya: CSW adalah kependekkan dari Central Stichting Wederopbouw, yang artinya kurang lebih pusat yayasan rekonstruksi. Jadi alkisah daerah situ pas jaman Belanda dulu itu dipake buat nyimpen alat-alat berat buat pembangunan gitu deh.

Ombudsman

Kata ini sebenernya pasti udah sering kamu denger dari dulu. Trus belakangan ini juga pasti kamu lagi sering liat iklannya dimana-mana. Pokoknya kalo ada yang gak bener, laporin aja ke Ombudsman!

Kepanjangannya: Te...ternyata ombudsman bukan singkatan! Bahkan ombudsman ini bukan bahasa Indonesia lho. Jadi ombudsman itu adalah sebuah badan yang dibentuk pemerintah yang tujuannya ya itu, untuk menerima keluhan dari masyarakat mengenai hal-hal yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ombudsman ini ada di banyak negara gitu deh. Trus asal katanya dari mana? Ternyata kata ini berasal dari bahasa old norse, umboðsmaðr, yang artinya kurang lebih adalah representatif. Hmm.

Begitulah kurang lebih. Mudah-mudahan bisa bikin makin pinter. Ada yang mau nambahin? Silakan lho.

Pengen tau fakta-fakta dan pengetahuan umum yang menarik lainnya? Coba liat asal-usul tanda baca. Atau pelajari fakta menarik tentang industri film bokep, kali-kali berguna. Atau kamu bisa juga belajar perbedaan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris Inggris.