Seri pengetahuan umum: Kartu Remi – Sejarah Playing Card

Balik lagi ke seri pengetahuan umum sama MBDC. Kali ini kita bakalan bahas tentang kartu remi. Tau kan? Bukan Remi kartun tahun 90an ya.

Setelah merangkum dari beberapa sumber, MBDC bakalan ngasih tau kamu tentang sejarah kartu remi atau playing card ini.

Sejarah

Jadi, menurut source yang bisa kita percaya, kartu remi ini pertama kali ditemuin di China, sekitar abad ke 9 pas jamannya dinasti Tang. Dulunya sih dipake buat main kartu sesama anggota keluarga kerajaan gitu. Terus di sekitar abad 11, kartu ini mulai menyebar pas jaman dinasti Ming di tanah Asia. Nah kartu ini yang udah punya 4 jenis lambang gitu. Dulu sih disebut sebagai money card karena bentuknya ada yang menyerupai koin maupun uang kertas. Nah kartu dari jaman dinasti Ming ini yang jadi awal mulanya Mahjong. Agak beda sama yang kita mainin sekarang ya, karena mereka cuma punya angka 2-9.

Mamluke Deck Card

Nah ini adalah nenek moyang kartu Remi yang kita mainin sekaligus moyangnya kartu Tarot juga. Mamluke Deck Card ini dibawa dari mesir di abad 14. Ini adalah deck kartu yang paling mirip dengan kartu remi yang sampe sekarang kita mainin. Terdiri dari 52 kartu yang memiliki 10 angka setiap suit (lambang) dan 3 kartu yang merepresentasikan petinggi militer pada jamannya; Malik, Na’ib Malik, Thani Na’ib (King, Deputy King, dan Under-Deputy).

Nah, Mamluke Deck Card ini juga merupakan set playing card game pertama yang ditemukan di Eropa. Terus dari sini mulai muncul kartu Tarot. Sebenernya asal muasal penyebaran di Eropa beragam gitu sih. Kayak misalnya di Spanyol sama Switzerland, kartunya gak berbentuk kartu, melainkan berupa koin gitu.

Dulu, playing card ini gak bisa dimainin oleh sembarang orang, apalagi sekitar abad 15 ketika teknik percetakan belum secanggih sekarang. Cuma orang tajir dan anggota kerajaan gitu deh yang bisa punya set kartu ini. Tapi setelah teknik percetakan berkembang, kamu bisa menemukan kartu ini dengan harga yang relatif murah. Kalo di Indonesia mah hampir di semua warung ada ya.

Kartu Remi

Nah nama “Remi” sendiri sebenernya berasal dari game permainannya. Di beberapa belahan dunia lain, kartu ini beda-beda penyebutannya. Banyak game-game yang bisa dimainin dari kartu ini. Kalau di Indonesia yang terkenal ya Remi, Capsa, Cangkulan, 41, dan lain sebagainya.

Nah untuk sejarah singkatnya gitu dulu, nanti MBDC bakalan bahas tentang pemakain dan misteri dibalik kartu Remi itu. Oiya, kartu ini juga sering dijadiin anat buat sulap. Yuk ah komen.