Pengetahuan Umum: Asal Muasal Tanda Baca

Mungkin sebagian dari kamu udah tau mengenai artikel kita yang ini. Tapi buat kamu yang belum tau, berterima kasihlah sama MBDC, karena sesuai manfaat membuka MBDC tiap hari, maka bertambahlah pengetahuan umum yang bisa kamu gunakan untuk… macem-macemlah. Buat apa aja boleh asal jangan buat boongin anak orang, kasian.

Tanda baca yang akan kita bahas disini adalah:

(?) Tanda Tanya

Tanda Tanya ini berasal dari kata “questio” yang dalam bahasa latin digunakan sebagai penanda bahwa kalimat tersebut adalah kalimat Tanya.

Karena kata “questio” terlalu panjang, penggunaannya dipersingkat menjadi “qo” yang makna nya sama.

Karena pada dasarnya otak manusia selalu memilih jalan pintas cara yang efisien, penggunaan kata “qo” dipersingkat lagi menjadi huruf “q” dengan “o” kecil yang diselipkan dibawah huruf “q”.

Semakin lama, penggunaan huruf “q” dan “o” berubah menjadi tanda tanya seperti yang kita sering gunakan sekarang.

(!) Tanda Seru

Mirip dengan kasus tanda Tanya, cuma, tanda seru ini berasal dari kata “io” yang artinya “seruan kegembiraan” dalam bahasa latin.

Karena emang sifat dasar otak manusia yang selalu mencari jalan pintas, penggunaan kata “io” menjadi huruf yang bertumpuk. Seiring perkembangan jaman, tumpukan dari kata “io” menjadi tanda seru seperti sekarang.

(#) Tanda ‘kres’ atau pagar (octothorpe)

Tanda ini awalnya digunakan untuk penamaan desa atau tanah pertanian yang dalam bahasa normandia kuno disebut ‘thorpe’. Dulunya, penggunaan tanda thorpe ini hanya digunakan dalam pembuatan peta saja, sebagai simbol untuk desa yang dikelilingi delapan lahan pertanian.

Karena delapan dalam bahasa latin adalah ‘octo’ dan berdasarkan sejarah kata thorpe, maka terciptalah octothorpe.

Sebenernya ada satulagi cerita tentang asal usul octothorpe ini. Di versi lain, disebut octothorpe karena berasal dari bentuknya yang memiliki delapan sudut dan didedikasikan untuk Jim Thorpe, peraih medali Olympic 1912.

Udah ya, segitu dulu, sebenernya masih ada lagi kayak ampersand, tanda sama dengan, dan lambang dollar. Cuma nanti deh ya kita bahas lagi, takut TLDR ntar kamu males bacanya. Tapi kalau artikel kayak ginikamu pasti suka deh. Tsk.

Yok komen ya