Kenapa Perayaan Tahun Baru Itu Overrated

Wah udah mau tahun baru aja nih. Kayaknya baru kemarin 2013 mulai, tau-tau sekarang udah Desember aja. Yah, banyak yang terjadi di tahun ini: ada yang manis, ada yang pahit. Kok malah jadi curhat.

Gini lho, Tiap tahun baru itu kok kayaknya orang-orang pada heboh banget, padahal MBDC rasa tahun baru itu overrated banget. Kenapa?

1. Taun Kemaren Juga Udah Pernah

Beda halnya kalau kamu nungguin band kesukaan kamu untuk manggung di Indonesia. Kan gak tiap taun tuh. Jadi MBDC rasa wajar-wajar aja kalau kamu sangat excited alias sangat gembira sekaligus tertarik.

Nah tapi kalau tahun baru? Kan tahun lalu udah. Tahun depan juga ada lagi. Kenapa kok pada heboh banget?

2. Apa Bedanya Malam Tahun Baru Dengan Malam-Malam Yang Lain

Cie elah puitis amat. Maksud MBDC gini. Kalau biasanya men-jomblo, dan tahun baru kamu bakal jomblo juga, ya gak ada bedanya. Kecuali kalau kamu nembak calon pacar kamu pas malam tahun baru, terus kalian jadian. Itu baru beda. Tapi kan yang bikin beda adalah ‘kamu jadian’, bukan ‘malam tahun barunya.

Iya, bener, malam tahun baru kan seru. Banyak acara-acara seru, kembang api, dan lain-lain. Tapi malam taun baru jadi seru karena dianggap spesial, dan MBDC mempertanyakan ke-spesial-an malam tahun baru ini.

3. Pergantian Tahun Gak Akurat

Kalau kamu agak sedikit lebih pintar dari pada orang rata-rata, maka seharusnya kamu tau kalau dalam satu tahun itu sebenernya gak tepat 365 hari. Makanya ada yang disebut dengan istilah tahun kabisat, tahun di mana bulan Februari memiliki 29 hari.

Nah karena adanya selisih beberapa jam dalam satu tahun (Gak genap 365 hari), jadi sebenernya percuma aja kita teriak-teriak countdown tahun baru. Toh waktunya gak akurat juga. Udah gitu pergantian tahun di seluruh belahan dunia juga dilakukan di waktu yang beda-beda karena adanya perbedaan zona waktu.

4. Kamu Juga Masih Gitu Gitu Aja

Banyak orang yang bikin resolusi tahun baru. Nulis atau sekedar mikirin apa aja yang ingin dirubah dalam hidup mereka di tahun yang akan datang. Tapi coba deh tanya ke orang-orang yang bikin resolusi tahun baru, ada gak sih yang beneran kesampean?

Kalo kamu perhatikan secara seksama, banyak orang yang daftar jadi member di fitness center bulan Januari, kayaknya sih berhubungan dengan resolusi tahun baru mereka. Tapi nanti bulan Februari atau Maret juga udah pada gak pernah nongol lagi.

Nah itulah kenapa perayaan malam tahun baru itu overrated. Kalau menurut kamu gimana?