7 Bentuk Pujian Yang Harus Kamu Pahami

Sebagai orang normal tentunya kita butuh dong pujian. Mau itu pujian atas penampilan kita maupun pujian atas apa yang kita kerjakan. Tapi sebelum kamu jauh terbuai dengan pujian, ada baiknya kamu pahami dulu maksud dari pujian tersbut. Nah, berikut ini MBDC mau kasih tau 7 bentuk pujian yang harus kamu pahami

Pujian Yang Tulus

Ini adalah bentuk pujian yang paling sesuai dengan arti dari kata pujian tersebut, yaitu menyatakan sesuatu yang positif tentang seseorang, dengan tulus dan sejujurnyaJadi, orang yang ngasih pujian ini bener-bener tulus tanpa ada unsur paksaan. Btw, Tulus itu kan penyanyi ya? aaaaak. Kamu patut bersyukur dan boleh saja berbangga hati kalo dapetin pujian macam ini

Pujian kayak gini biasanya muncul antara seoarang fans dengan artis, yang mana emang fans tersebut bener-bener suka sama segala apa yang dilakukan artis idolanya tersebut.

Pujian Nyenengin Sesaat

Gak ada yang salah sama pujian yang satu ini, kecuali soal kebenaran faktanya. Pujian model ini punya maksud dan tujuan yang sangat mulia, yaitu memberikan semangat kepada orang yang mau diberikan pujian. Tapi kayak yang tadi udah dikasih tau, pujian ini gak sesuai dengan fakta yang ada. Biasanya sih pujian kayak gini bakal muncul antara Ibu dan anak, atau dalam pertemanan baik. Contoh

Ibu: "Anak Mama cantik kayak gini kok, masih ada aja yang nyakitin?" --> saat sang anak sedih karena baru diputusin. Faktanya si anak sih mukanya ya biasa-biasa aja.

Temen: "Tenang, bro. Kegagalan itu kesuksesan yang tertunda."--> saat seorang teman baru aja ditolak cintanya. Faktanya temen kamu itu udah ditolak 99 kali.

Pujian Basa Basi

Ini bentuk pujian yang paling gak niat. Muji karena emang gak enak atau terpaksa gitu deh. Bentuknya itu bisa kayak gini:

Kamu ketemu temen, trus temen kamu ngomong gini,"Eh, bro. Dengerin lagu baru gue dong," Kamu dengerin deh tuh lagu temen kamu. Pas udah selesai dengerin, trus temen kamu ngomong kayak gini,"Gimana, bro menurut lo?," Karena gak enak, akhirnya kamu pun kasih komentar berupa pujian basa basi,"Enak kok, bro."

Pujian kayak gini juga bisa kamu temui di social media berbasis musik macam Myspace atau Soundcloud. Bunyinya biasanya kayak gini, keep up the good work. 

Pujian Sebenernya Nyindir

Pujian kayak gini patut kamu telaah banget, karena banyak muatan ketidak sukaan di dalam pujian tersebut. Agak mirip sarkasme gitu deh. Tapi bukan berarti pujian kayak macam ini lantas bikin kamu jadi merasa gak keren lagi dong. Anggap aja ini cuma komentar orang-orang sirik. Contoh pujian yang sebenernya nyindir itu kayak gini:

"Berapa biaya yang harus gue keluarin ya biar bisa secantik lo?" Kalimat ini dengan kata lain menyindir kalau sebenernya orang itu cantik karena banyak polesan sana sini, yang mana harus ngeluarin duit banyak banget.

Pujian Dengan Kritik Dan Saran

Bentuk pujian ini biasanya dilakukan oleh seoarang kritikus gitu deh, atau bisa juga oleh seoarang teman yang emang pengen banget temennya maju. Pujiannya juga sangat tulus, begitu juga dengan kritik dan sarannya. Makanya bentuk pujian ini bisa dibilang yang paling komplit.

Contohnya itu bisa jadi kayak gini. Ada temen kamu bikin film gitu deh. Trus kamu suka banget sama film yang dibikin dia. Tapi menurut kamu film tersebut masih ada sedikit kekurangan dan masih menurut kamu lagi, temen kamu bisa bikin filmnya itu jadi jauh lebih bagus.

Pujian Ada Maunya

Ini dia bentuk pujian yang paling menakutkan. Sebenernya orang yang melakukan tindakan memuji itu gak niat buat muji, tapi karena dia ada maksud tertentu akhirnya dengan semangat mendapatkan apa yang dia mau, orang tersebut pun memuji kamu. MBDC saranin berhati-hati dengan pujian macam ini ya.

Contoh paling simpel dari pujian model ini seperti ini: "Sayang, kamu hebat banget mainnya tadi, aku puas. Beliin aku Longchamp dong. 3 aja. Satu buat pergi kumpul-kumpul, satu buat arisan, satu buat nikahan. Ya ya ya ya!" ........ Gombal!!!

Pondok Pujian

Ini adalah toko musik rohani gitu, bro. Suka ada di mall-mall gitu.

Ini dia tadi bentuk pujian yang harus kamu pahami dalam hidup. Kamu mau nambahin?