6 Cara Travelling Murah

Selain pola hidup sehat, travelling adalah salah satu hal yang lagi hype banget. Siapa sih yang gak suka jalan-jalan dan mengeksplor tempat baru? Yaaa minimal biar ada cerita buat anak cucu nanti lah. “Dulu Kakek/Nenek pernah ke China lewat jalur imigran gelap! Gratis!” kan kalo gitu ceritanya seru, daripada cuma “Dulu Kakek/Nenek kerjanya cuma kuliah, pulang, paling dengerin cerita liburan temen” malu banget sih. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, MBDC bakalan ngajak kamu buat jalan-jalan! Gak literally sih… tapi MBDC bakalan ngasih tau kamu gimana caranya bisa jalan-jalan murah! Yap. Ini dia.

1. Tentukan Destinasi Dan Itinerary

Ini termasuk landasan kamu. Kalau kamu dari awal aja udah pengen ke tempat yang costly gitu, siap-siap merogoh kocek cukup dalam aja. Saran MBDC sih kamu cari destinasi yang rame cuma gak terlalu mainstream gitu. Oh dan MBDC gak nyaranin kamu buat ke tempat yang destinasinya kelewat hipster. Kayak ke suatu pulau terpencil di daerah Ocenia gitu. Kenapa? Ya kalo emang tempatnya hipster mah airways juga males buka jalur penerbangan kesana. Boro-boro dapet tiket murah, yang ada malah kamu harus carter pesawat buat kesana. Lagi, tentukan juga kamu mau berapa lama kesana. Yang masuk akal ya, jangan ngemasang budget buat 3 hari tapi rencana perjalanan kamu 15 hari. Gak bakalan lolos Visa nya.

Mau keliling dunia di monopoli aja pake duit, gimana di dunia nyata?Mau keliling dunia di monopoli aja pake duit, gimana di dunia nyata?

2. Cari Tiket Promo

Ini poin penting berikutnya. Jaman sekarang mah airways banyak banget yang nyediain tiket promo. Bahkan gak nanggung-nanggung, promo nya bisa 0 rupiah, cuma bayar airport tax sama jet fuel aja. Intinya rajin-rajin buka website jasa penerbangan deh. Atau follow ID twitter yang sering bagi-bagi atau ngasih info tiket promo gitu. Jangan menyerah!

Kalo yang kayak gini sih gak bakal ada harga promoKalo yang kayak gini sih gak bakal ada harga promo

3. Pelajari Mengenai Living Cost Di Sana

Nah balik lagi ke poin pertama, yang ini juga penting niiih! Kalau yang pertama tuh kayak cuma sekilas aja nyari info mengenai cost disana. Kalo di sini bikin budgeting yang lebih detil. Coba Tanya-tanya ke temen kamu yang native atau pernah kesana mengenai living cost seputar biaya makan, biaya transport, dan hal-hal basic lainnya.

4. Jangan Tergantungan

Ini dia. Kalau kamu tergantungan, kamu bisa keilangan kesempatan buat dapetin tiket harga promo. Jadi saran MBDC sih kalo mau travelling mending kamu buruan booking tiket promo gitu daripada nunggu-nunggu ntar yang ada malah gak jadi. Selain itu, kamu juga gak disaranin buat tergantungan sama hal remeh kayak “Aduh disana makannya gimana ya? Ada abon gak ya? Sambel luar kan gak enak” Jangan gara-gara gitu kamu jadi males pergi. Inget, tujuan kamu kan travelling, bukan tinggal secara permanen disana.

5. Gunanakan Fasilitas Yang Ditawarkan Berbagai Komunitas Travelling

Jaman sekarang udah banyak banget website buat travelling gitu kayak couchsurfing, tripadvisor, dan lonelyplanet. Selain bisa dapet informasi mengenai rating suatu tempat, kamu bisa numpang tidur di rumah orang lokal sana. Yah intinya melek informasi dan nyobain buat ketemu orang baru aja.

Mungkin tidur di masjid bisa dijadikan salah satu opsiMungkin tidur di masjid bisa dijadikan salah satu opsi

6. Pamer Saat Dekat-Dekat Tanggal Keberangkatan

Oke, kalau kamu males baca poin-poin di atas, ini adalah point terpenting menurut MBDC. Kalo udah dapet tiket promo dan lain sebagainya yang ngebuat perjalanan kamu murah, jangan di publish dulu! Kenapa? Nih ya, kalau misalkan kamu cabut bulan Mei, tapi kamu udah posting dari bulan Januari, orang tau, dan orang bisa mempersiapkan ‘kira-kira mau nitip oleh-oleh apa’

Bete aja gitu kalo kamu mau jalan-jalan dengan tight budget, tapi banyak dititipin orang. Emang situ kurir apa?. Eh tapi kalo mau nyambi jadi kurir sih gapapa. Jadi bisa cerita ke cucu kamu bahwa kamu adalah kurir bertaraf internasional gitu. Gitudeh.

Ada lagi yang mau share tentang tight budget travellingnya? ceritain dong kalian kemana dan abis berapa duit, termasuk buat makan juga.