4 Fungsi Kulit yang Gak Kamu Tahu

Dalam hidup sebagaimananya manusia, kita pasti gak akan lepas dari kulit. Iya dong. Serem banget kan kalo kulitnya lepas. Kulit itu adalah organ peraba yang penting bagi manusia. Kalo organ peraba kamu gak ada, kamu jadi gak bisa ngeraba. Ngeraba duit misalnya, buat mastiin duitnya asli apa palsu. Makanya, kali ini MBDC mau kasih tau kamu nih fungsi kulit manusia. Kalo mungkin, dulu kamu pernah belajar, kulit fungsinya sebagai alat untuk mengeluarkan keringat, sebagai pelindung organ, tempat menimbun lemak. Kali ini MBDC mau kasih tau fungsi yang mungkin kamu gak tau, misalnya….

1. Kulit Bernafas

Sebenernya sih kulit gak bernafas. Haha. Tapi ada istilah skin suffocation atau kulit tidak bernafas kalo kulit kamu tertutup sehingga tidak bisa melepas panas. Skin suffocation ini dapat menyebabkan seseorang mati lemas. Kalo kulit tertutup dan kelenjar keringat tidak berfungsi baik, maka tubuh akan kepanasan dan system organ dalam tubuh akan terganggu dan bisa berhenti bekerja.

2. Kulit untuk Membongkar Kejahatan

Kulit bisa untuk membongkar kejahatan. Lebih spesifiknya lagi, pada bagian sidik jari. Kamu sering liat kan di film-film detektif, sidik jari sering di pake untuk membongkar kejahatan, karena bentuk sidik jari yang beda-beda, dan ga pernah berubah, walaupun dirusak, akan timbul dengan pola yang sama.

3. Kulit Bisa Dipakai untuk Menjilid buku

Penjilidan buku menggunakan kulit manusia, atau Anthropodermic bibliopegy terjadi di abad ke 18. Buku yang dijilid biasanya buku kedokteran. Kulit yang di pake biasanya kulit dari penjahat yang kena hukuman mati. MBDC ga tau sih, kenapa harus buku kedokteran yang dapet buku ini, mungkin karena kedokteran mempelajari anatomi dan kedokteran juga lagi berkembang pesat di jaman itu. Sampe sekarang bukunya masih ada loh. Denger-denger sih di Harvard ada 4 buku.

4. Kulit Manusia Bisa Dijadikan Perabot

Jadi, di tahun 1957 polisi menyelidiki Eddie Gein dalam kasus perampokan, tapi yang ditemukan polisi justru, sejumlah perabot yang terbuat dari kulit manusia. Ada sofa dari kulit manusia, topeng dari kulit manusia, sampe ikat pinggang dari kulit manusia. Kasus yang mirip juga dilakukan oleh Ilsa Koch, Istri seorang komandan Nazi yang terkenal kejam. Dia membuat beberapa perabot dari kulit mayat tahanan yang dibunuh. Bahkan dia pake sepatu yang terbuat dari kulit manusia.

Serem-serem kan? MBDC juga ga nyangka, jaman dulu ternyata orang yang kena hukuman mati, mayatnya di gituin. Ada yang tau lagi fungsi kulit yang unik? Boleh loh di share di comment!