4 Alasan Kenapa Kaki Kuda Dipasangin Tapal

Lagi asik nonton Jalan-Jalan Men episode Yogyakarta, sekilas MBDC ngeliat Andong di latar belakang. Tiba-tiba insting analisa MBDC pun tergelitik. Andong itu kan ditarik sama kuda, nah pertanyaannya adalah, kenapa kaki kudanya dipasangin tapal?

Kemudian MBDC berguru di kompleks Kraton Yogyakarta untuk memecahkan misteri tapal kuda ini dan inilah jawaban yang MBDC dapat setelah melalui proses yang panjang:

1. Biar Kaki Kudanya Gak Kepanasan

Jadi kuda emang gampang-gampang susah. Kerjaannya emang cuma lari-lari kecil doang sih muterin kota sambil narik gerobak berisi manusia di dalamnya. Tapi kalo si kuda ngelakuin ini di siang bolong, kaki bisa ancur juga. Nah karena jalanan itu panas kalo kena sinar matahari lama-lama, maka si kusirpun kasihan kepada si kuda, dipakein sepatu deh kudanya. Nah tapal kuda ini adalah sepatunya si kuda.

Eh tapi kalau bener alasannya biar kaki kudanya gak kepanasan, kan tapal kuda dibuat dari metal juga. Ikutan panas dong. Gimana sik.

2. Biar Kedengeran Kalo Mau Lewat

Sebagai salah satu alat transportasi, keamanan dari mengendarai Andong juga harus diperhatikan, baik untuk si pengendara, maupun untuk orang-orang di sekitarnya. Nah salah satu cara membuat berkendara Andong menjadi lebih aman adalah dengan memasang tapal di kaki si kuda, biar kedengeran kalo doi mau lewat.

Bayangin deh kamu lagi mau nyebrang jalan, kamu kira jalannya kosong karena gak ada suara mesin sama sekali. Eh pas kamu nyebrang, tau-tau kamu diserempet kuda. Rada males sih diserempet kuda.

Alasan lain kenapa si andong ingin diketahui kehadirannya oleh banyak orang adalah karena pada esensinya, si kusir ini menjual jasa si kuda. Jadi supaya ‘jualannya’ laris, orang harus tau keberadaan dia. Sama aja kayak baso yang gebuk gebukin mangkok supaya orang tau kalau dia ada disekitar mereka.

3. Biar Ditanyain

Mungkin juga kuda dipasangin tapal cuma supaya orang bertanya-tanya kenapa kuda dipasangin tapal.

4. Biar Kaki si Kuda Tetep Ciamik

Diharuskan untuk lari-lari kecil tiap hari di jalanan, kaki si kuda bisa cedera sewaktu-waktu. Bayangin kalau abis ada kecelakaan di jalan terus banyak pecahan kaca, kalau si kuda gak pake sepatu, nanti kakinya kena beling alhasil gak bisa lari-lari kecil lagi.

Disamping itu, kalau gak pake tapal, kuku si kuda akan bersentuhan langsung dengan tanah (atau aspal), nah si kuda suka rada bete kalau kukunya rusak, jadi dikasih perlindungan kuku.

Kayak gitu deh menurut MBDC kenapa kuda kakinya harus dikasih tapal. Menurut kamu ada alasan lain gak? Atau biar nyaring suaranya?