Tips Memasak Bujang Rantau

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan, kadang kamu harus keluar dari comfort zone. Mungkin ada suatu keperluan dalam hidup yang memaksa kamu untuk keluar dari kenyamanan tinggal di rumah sendiri dan pergi merantau ke daerah baru yang belum pernah kamu injakkan kaki sebelumnya.

Kemaren-kemaren, MBDC udah sempet ngasi kamu beberapa tips dalam perantauan, seperti skill yang kamu butuhkan, cara survive dalam maupun luar negeri dan orang-orang yang bakal tinggal bareng kamu selama perantauan. Nah kali ini, MBDC mau ngasi tips yang cukup spesifik dan penting banget, yaitu soal masak-memasak. Khususnya, ini tips memasak a la bujangan yang sedang merantau. Mari disimak.

Prinsip Masakan Bujang Rantau

Kamu musti punya prinsip dalam kehidupan. Dalam memasak juga. Kalo kamu adalah seorang bujangan yang lagi ngerantau, kemungkinan besar duit kamu pasti terbatas. Nah disinilah masak menjadi sesuatu yang berguna. Dengan masak sendiri, kamu bisa menghemat pengeluaran, terutama kalo kamu tinggal di luar negeri yang gak punya warteg, dimana kamu bisa kenyang dengan duit 10 ribu perak. 5 ribu juga bisa kalo kamu pelit.

Nah prinsip masakan bujang yang pertama adalah:

1. MASAK UNTUK BERHEMAT

Kamu musti pinter-pinter ngitung pengeluaran kamu. Coba bandingin berapa duit yang kamu keluarin kalo tiap hari makan di luar dan kalo masak. Kalo misalnya makan di warteg 3x sehari plus nyetok indomi itu lebih murah daripada biaya belanja bulanan, bayar gas, nyuci piring dan lain-lain yang berhubungan sama dapur, mending gak usah masak.

Terus lanjut ke prinsip kedua adalah:

2. YANG PENTING BISA DIMAKAN 

Nah ini yang penting. Kalo kamu nonton acara-acara masak kayak Hell's Kitchen atau Top Chef, standar masakannya tinggi banget. Musti sempurna semuanya, gak boleh kematengan, gak boleh mentah, keasinan kepedesan dll gitu gak boleh. Tapi itu kan kompetisi dan nanti yang makan bukan orang sembarangan. Sementara kamu sebagai bujang rantau, kamu berada di kasta yang rendah.

Jadi kamu gak perlu matok standar tinggi-tinggi. Hasil masakan kamu gosong? Kurang mateng? Keasinan? Bentuknya gak karuan? Salah resep? Bodo amat. Selama rasanya gak kayak daki monyet dan gak bikin keracunan, berarti masakan kamu berhasil.

Prinsipnya itu doang sih. Sekarang kita lanjut ke tips-tips sebenernya ya.

Tumis

Tumis menumis adalah bentuk masakan yang paling gampang dan sederhana. Kamu bisa bikin berbagai macam hidangan dengan metode ini, dari daging, sayur, seafood, masakan cina, itali, jepang dan lain-lain.

Buat numis masakan, skill yang kamu butuhkan minimal sekali. Yang penting bisa nyalain kompor, motong-motong dikit, oseng-oseng dikit, jadi deh. Contoh ya nih. Bikin tumis daging misalnya. Yang kamu butuhkan adalah daging sesuai selera kamu (kalo mau pake daging manusia juga kita gak judge kamu kok), terus bawang merah bawang putih dicincang, minyak, sama garem merica. Ama saos jg deh biar kerenan dikit. Masaknya, kamu cuma perlu manasin minyak dikit aja, sekitar 3 sendok makan, terus masukin potongan sampe ada bau-bau enak gitu. Terus masukin dagingnya, kasi bumbu-bumbu, oseng-oseng sampe dagingnya coklat, kasi saos, terus selese deh. Siap disantap dengan orang terkasih. Eh gak punya ya, kan kamu bujang.

Nah kalo kamu udah menguasai teknik diatas, kamu bisa ganti daging itu dengan yang lain. Pake ayam, seafood, sayur, tempe, tahu, telor dan semua isi kulkas kamu. Masak itu adalah eksperimen. Kalo kamu penasaran mau numis es krim, kenapa enggak, coba aja. Terus bumbunya juga bisa kamu tambahin, misalnya kasi cabe. Dan saosnya juga bisa ganti-ganti, misalnya pake kecap asin, atau saos BBQ gitu.

Bumbu Instan

Kita beruntung tinggal di jaman yang serba instan. Segala macem ada bentuk instannya, dari kamera, celana dalem, henfon dan juga makanan. Tapi biasanya makanan-makanan instan kayak bubur, atau yang kalengan gitu rasanya bikin kamu kangen masakan ibunda. Kamu pengen dong makan yang enakan gitu sekali-sekali. Disinilah gunanya bumbu instan.

Kalo kamu ke supermarket, banyak banget bumbu instan sachet yang bisa kamu pilih. Dari nasi goreng sampe gulai. Dari rendang sampai rawon. Tapi MBDC, kalo baca instruksinya kayaknya ribet deh masaknya, skillnya belom sampe. Ingat prinsip masakan bujang, anak muda! Emangnya kalo kamu gak ngikutin instruksinya, bakal dateng Gordon Ramsay buat maki-maki kamu? Gak kan. Jadi ya pake aja sebisa kamu.

MBDC kalo masak pake bumbu instan, ya tumis aja. Misalnya pake bumbu instan rendang ya. Contoh yang tadi yang masak daging tumis, saosnya pake bumbu rendang aja. Nanti hasilnya jadinya kayak rendang kok. Walapun bentuknya kayak tai ayam gitu. Yang penting rasanya bro.

Ungkepan

Kalo masaknya tumisan mulu, bosen gak sih lama-lama. Nah ini saatnya kamu naik level. Salah satu bumbu instan yang populer itu adalah bumbu ayam goreng. Cara masaknya juga gampang, kamu cuma perlu masukin air, ayam dan bumbunya dalam panci, dan masak sampe mendidih. Abis itu goreng deh ayamnya! Kalo gak tau cara menggoreng yang baik dan benar, coba nongkrong sama tukang pecel ayam, dan pelajari gerak-geriknya.

Dan yang asik dari metode ini adalah, satu sachet bumbu ayam itu bisa buat masak beberapa potong ayam. Jadi kamu bisa bumbuin ayamnya, dan yang belom mau dimakan kamu masukin kulkas aja. Kalo mau makan tinggal di goreng. Dan kalo kamu masih belom bisa goreng ayam juga, tadi kan udah nongkrong sama tukang pecel ayam, sekarang kamu pasti udah akrab dong sama dia. Gunakan persahabatan yang sudah kamu jalin tadi minta tolong gorengin. Atau supaya bisa ngutang.

Microwave

Microwave adalah penemuan abad 21 yang menurut MBDC paling penting dalam dunia perantauan. Bukan email, bukan skype, bukan pesawat.  Microwave adalah kotak ajaib dimana kamu bisa masukin makanan mentah, dan secara ajaib bahan makanan mentah itu akan berubah jadi sebuah masakan lezat sesuai standar masakan bujang. Dari indomi sampe daging, semua bisa disulap sama microwave.

Kalo kamu mau ngerantau, ini benda yang harus kamu punya di kostan kamu. Segalanya bisa dengan microwave pokoknya.

Nah sekian dulu tips-tips memasak a la bujang rantau dari MBDC. Buat para bujang rantau diluar sana, kalo punya tips tambahan dimohon kesediaannya untuk berbagi. Semoga hal ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.