Tingkatan Kata Permintaan Maaf

Minta maaf itu kayak lagi ML: terkadang gampang keluarnya, tapi terkadang juga susah banget. Andaikata permintaan maaf itu udah keluar sekalipun, belum tentu permintaan maaf itu ikhlas adanya. Nah, biasanya ikhlas atau nggaknya seseorang minta maaf ini bisa diliat dari kata-kata yang digunakannya saat minta maaf. Nah, supaya kamu tau apakah pacar kamu itu ikhlas minta maafnya, berikut ini adalah tingkatan kata permintaan maaf!

1. Ya sorry deh! 

Biasanya diucapkan dengan ketus dan muka cemberut. Setelah itu, si peminta maaf gak akan ngomong lagi sama kamu untuk waktu yang lama. Mungkin menurut kamu itu karena dia lagi introspeksi diri. Kamu salah. Orang yang minta maaf dengan cara kayak gini berarti sebenernya gak pengen minta maaf sama sekali. Dia justru lagi marah sama kamu dan nganggep kamu yang salah. Lho trus kenapa dia bilang sorry, MBDC? Ya ceritanya itu sarkastik gitu deh. Kalo kamu gak nangkep...Ya kasian sih si peminta maaf itu.

2. Sorry yaaa...hehehe

Permintaan maaf yang ini biasanya dikeluarkan sambil cengar-cengir gitu. Nah, orang yang minta maaf dengan cara kayak gini berarti ngerasa sedikit bersalah, tapi dia nganggep kesalahannya itu gak serius-serius amat dan harusnya kamu gak marah. Kalo kamu marah, berarti kamu anaknya gak asik. Kurang lebih begitu. Makanya jangan kaget kalo abis minta maaf, si peminta maaf akan langsung bersikap seolah-olah gak pernah terjadi apa-apa.

3. Eh sorry-sorry

Nah, orang yang minta maaf kayak gini berarti beneran ngerasa bersalah, tapi kesalahannya gak fatal-fatal banget lah. Misalkan gak sengaja jatuhin makanan orang gitu. Emang bikin orang lain rugi sih, tapi kan kesalahannya masih bisa diperbaiki gitu. Orang yang udah ngomong "eh sorry-sorry" ini sih biasanya punya niat baik untuk memperbaiki kesalahannya. Eh belum tentu juga sih. Tapi minimal dia beneran ngerasa salah lah.

4. Aduh, maaf...

Ini sebenernya mirip sama poin nomer 3, tapi yang ini lebih formal dan menunjukkan rasa bersalah yang lebih besar. Entah kenapa, kata 'maaf' itu menunjukkan permintaan maaf yang lebih tulus gitu. Orang yang ngomong 'maaf' biasanya cenderung lebih menunjukkan sikap mau memperbaiki kesalahan ketimbang yang ngomongnya 'sorry-sorry'.

5. Eh, aduh, maaf, aduh gimana ya, eh serius maaf banget

Orang yang minta maaf kayak gini berarti kesalahannya cukup fatal dan dia panik banget. Dia pengen segera memperbaiki kesalahannya, tapi dia sendiri bingung harus gimana karena dia panik banget. Karena paniknya ini, biasanya sih apa yang dia lakukan malah makin salah gitu deh.

6. Dengan Ini Saya Mengajukan Permintaan Maaf

Kalo ini sih biasanya dipaksa mengajukan permintaan maaf gitu deh sama perusahaan. Biasanya gak ketauan juga dia sebenernya minta maaf beneran apa nggak. Yang jelas kalo sampe ada permintaan maaf kayak gini, berarti kesalahannya fatal sih. Kayak misalnya marah-marah ke client. Yang kayak gini-gini biasanya berakhir dengan pengunduran diri sih.

7. Eh, maaf...Aku harus ngapain untuk minta maaf? Aku mau ngapain aja deh...

Wah, kalo ini sih berarti kesalahannya udah besar banget nih, kayak misalnya...bikin perusahaan merugi milyaran rupiah, atau mungkin gak ngerjain tugas trus gak lulus, atau misalnya ditangkep polisi gara-gara ngebut, atau mungkin kegep masuk ke rumah orang tanpa ijin. Pokoknya kesalahan-kesalahan fatal yang cuma bisa diselesaikan dengan...apapun yang diminta oleh orang yang dirugikan.

Nah itulah kira-kira. Ada yang ketinggalan? Boleh lho ditambahin.