Sosok Manusia Dari Sudut Pandang Hewan

Tidak bisa dipungkiri bahwa seluruh makhluk hidup di muka bumi ini hidup berdampingan. Hanya saja, setelah menjadi rantai makanan teratas, manusia melupakan hewan sebagai makhluk hidup yang memiliki hak untuk hidup berdampingan juga.

Sekarang MBDC mau mengajak kamu untuk memutar sedikit lensa berpikir kamu tentang hewan. Hah? Gimana? Udah, baca aja dulu

Laba-laba

Kamu berpikir bahwa eksistensi sarang laba-laba adalah salah satu alat indikator kebersihan rumah kamu. Begitu ada sarang laba-laba di suatu sudut di rumah kamu, kamu merasa bahwa itu harus segera dibersihkan.

Eits, tunggu dulu. Emang salah kalau laba-laba mau bikin rumah di sudut langit-langit kamar kamu? Kenapa sih kamu sebagai manusia sombong banget, sebegitunya gak mau berbagi tempat sama laba-laba. Emang gimana perasaan kamu kalau ngontrak, tiba-tiba sang owner dateng dan ngusir kamu? Pake ngobrak-ngabrik perabotan kamu pula. Kesel kan? Yaudah, laba-laba juga berhak berpikir seperti itu.

Ikan

Kamu pernah marah dan kesel ketika ditipu dan akhirnya disakiti sama orang lain? Kamu pernah gak ngaca, sebagai manusia, itulah yang selalu kamu lakukan ketika memancing ikan.

Kamu pikir, gimana perasaan sang ikan ketika dia melihat ada umpan berupa makanan kesukaannya, dan ketika di makan, ternyata ia malah ditarik keluar dari zona nyamannya? Bahkan ia terancam mati atau dibunuh oleh sang penipu tersebut!

Kalau kamu? Paling ditipu 5000 perak sama tukang bakso kamu langsung marah-marah. Udah deh, sekarang kalau kamu ketipu, ambil positifnya aja... Seenggaknya kamu gak harus mati kehabisan nafas atau dijadiin makanan si penipu kan?

Nyamuk

Ini yang paling kasian menurut MBDC. Yang selama ini ia lakukan adalah mencari makan dengan resiko kehilangan nyawanya. Nyamuk itu ibarat manusia yang hidup di daerah konflik. Mau keluar rumah untuk cari makan aja resiko nya nyawa!

Tapi kita sebagai manusia malah dengan curangnya membasmi mereka dengan beragam obat pembasmi serangga.

Gimana perasaan kamu ketika perang sama tentara dari negara lawan, dan mereka menggunakan bom atom untuk penumpasan massal? Pasti kesel dan gondok banget kan? Sadar gak sih kalau kita itu kejam banget sama nyamuk? Bahkan... Sebagian orang menikmati memukuli nyamuk dengan raket listrik. Sama aja kayak tentara Nazi yang tega membakar orang Jewish hidup-hidup.

Tega banget sih kamu. Lain kali, coba dong hidup lebih berdampingan dengan hewan-hewan tersebut.

Udah ah, nanti jadi TLDR. Komen ya!