Sepik-Sepik Bullshit Nawarin Kerjaan

Di tengah keseretan keuangan tiba-tiba harapan muncul lewat tawaran kerjaan yang terdengar menggiurkan. Tapi, disaat itu pula lah hati mu berkecamuk, karena kerjaan yang ditawarin lumayan ribet namun harga yang dikasih gak sebanding. Biasanya dalam kondisi kayak gini, yang nawarin kerjaan itu bakal ngeluarin kata-kata pamungkas yang bakal bikin kamu luluh dan akhirnya bersedia buat ambil kerjaan tersebut (ditambah kamu juga lagi BU sih sebenernya)

Nah, berikut ini adalah kata-kata manis yang berujung pait, yang biasanya dikeluarin sama orang yang nawarin kerjaan

Budget Kecil

Ada dua kemungkinan nih. Pertama emang bener budgetnya kecil, kedua budgetnya dikecil-kecilin. Nah, kalau emang kerjaan ini budgetnya kecil dan yang nawarin kerjaan itu temen deket kamu banget yang udah bro gitu, atau kerjaan ini punya efek yang bagus buat kamu sih ya itu MBDC saranin ambil aja, asal emang gak bikin ribet kamu ya.

Tapi yang harus dicermati adalah budget yang dikecil-kecilin. Perlu kamu ketahui, dari awal orang yang nawarin kerjaan itu biasanya udah ngecilin budget yang mau dikasih ke kamu. Misalnya nih kamu itu adalah pembuat musik ilustrasi atau jingle iklan gitu deh. Nah, orang yang nawarin kamu kerjaan bikin musik itu sebenernya udah masukin budget musik gede banget ke clientnya, tapi dia kasih harga ke kamu ya mungkin 30%nya aja. Ngehe banget kan? Maka dari itu kalau kamu dapet tawaran kerjaan yang bilang budget kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakuin

1. Nego harga sampe ketitik yang aman buat kamu. Kalau dia gak mau ngasih harganya, yaudah tolak aja, toh kalo emang dia butuhin kamu, dia bakal setuju sama harga yang kamu kasih. Dari situ kamu baru tau kalau ternyata orang itu udah siapin budget buat kerjaan kamu.

2. Tanyain sedetail-detailnya kerjaan yang mau dikasih ke kamu. Karena bisa aja mereka bilang ini buat kampanye kesehatan. Tapi tau-tau ada provider dibelakangnya.

3. Kalau yang nawarin kerjaan ini orang yang baru kamu kenal, ada baiknya kamu cari info tentang orang tersebut, siapa tau orang yang nawarin kamu kerjaan emang udah terkenal pelit.

Kesempatan atau Peluang Emas

Nah, setelah orang itu gagal merayu kamu dengan budget kecil, biasanya orang tersebut bakal coba ngasah-ngasah kamu dengan kata Peluang Emas. Pokoknya orang ini bakal meyakinkan kamu kalau ini adalah kerjaan yang bakal ada lagi seumur hidup kamu dan kamu akan menyesal kalau gak ngambil kerjaan ini, walaupun duitnya kecil atau gak ada sama sekali.

Inget, sekali lagi MBDC kasih tau ke kamu. Kalau orang ini sampe segitunya pengen kamu ngambil kerjaan ini, berarti kerja kamu keren banget dan udah semestinya kamu dibayar dengan nominal yang pantas. Makanya, jangan pernah percaya dengan kata-kata peluang emas.

Setelah gagal dengan peluang emas, orang itu selanjutnya bakal ngasih tau kamu kalau kerjaan ini bisa jadi...

Portfolio

Ya emang bener sih, semua kerjaan yang pernah kamu kerjain itu bakal jadi portfolio kamu. Tapi inget sekali lagi, kamu kerja pake tenaga dan pikiran bukan cuma modal kancut doang. Jadi, kamu harus tetep perjuangin harga yang kamu punya. Ya boleh deh kamu ambil kerjaan dengan bajet kecil atau gak ada bajet ini atas nama portfolio asalkan:

Yang nawarin emang temen deket kamu banget yang udah bro mampus gitu deh

Selain dari itu jangan pernah mau kalau ditawarin kerjaan gak ada bajet dengan alesan buat portfolio, apalagi kalau dikasih..

Iming-Iming Kerja Sama Jangka Panjang

Prett!! Jangan gampang percaya ama yang satu ini. Karena biasanya yang kejadian adalah dipekerjaan atau proyek selanjutnya udah bukan kamu lagi yang diajak. Iming-iming kerja sama jangka panjang itu cuma kata kiasan dari "Gue pengen cari orang yang mau dibayar murah".

Sekarang udah tau kan kenapa kamu harus hati-hati ngambil tawaran kerjaan? trus kamu pernah kejebak dalam sepik bullshit apa lagi? boleh dong berbagi di comments