Kesalahan Istilah yang Umum

Bahasa Inggris, sebagai salah satu bahasa populer dunia adalah bahasa yang wajib kamu pelajari kalo mau sukses dalam kehidupan. Dalam bahasa Indonesia pun, ada beberapa kata yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris. Nah terus tren jaman sekarang, banyak banget orang yang ngomongnya campur-campur bahasa Indonesia sama Inggris, dan pake istilah-istilah bahasa Inggris.

Tapi gak semua istilah-istilah populer itu bener dipakenya lho. Ini ada beberapa istilah bahasa Inggris yang sering banget dipake sama orang, tapi sebenernya salah makna. 

Fitness

"Perginya siangan aja dong, gue mau fitness dulu."

Maksud dari kalimat itu kan si gue mau ke gym, mau olahraga. Arti sebenernya dari kata Fitness itu adalah kebugaran. Mungkin kesalahan pemakaian ini datangnya dari istilah Fitness Centre, atau pusat kebugaran. Ya gym lah intinya. Orang suka males nyebut kalimat lengkapnya, jadi cuma kata pertama doang.

Penggunaan kata fitness yang bener adalah:

"Besok gue mau ke Fitness Centre nih, lo mau ikut gak ?" atau "Duh fitness gue lagi jelek nih, perlu rajin olahraga lagi."

Diet

"Berat gue naik banget. Musti diet nih."

Kalo ada orang yang makannya dikit ato gak makan sama sekali, pasti ditanyain lagi diet ya. Nah ini juga salah. Disini Diet diartikan sebagai 'Mengurangi makan', padahal arti sebenernya adalah pola makan. Orang lagi diet, artinya lagi menjaga pola makannya, yang merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi berat badan.

Nah jadi kamu mau nurunin berat badan dengan diet, bukan berarti kamu makannya jadi dikit, tapi pola makan kamu yang diubah, misalnya ngurangin karbohidrat, atau porsinya dikecilin tapi frekuensinya diperbanyak.

Busway

"Naek busway aja kalo jam segini, daripada macet."

Busway itu jalurnya. Bus = bis. Way = Jalur. Jalur khusus Bus.

busway

Kalo kamu mau naek Busway, mungkin maksud kamu itu adalah naik bus yang lewat jalur busway, yaitu Transjakarta.

transjakarta

Barbell

Ini juga sering salah. Kalo orang bilang Barbell, yang mereka maksud itu adalah

dumbell

Padahal bukan. Yang diatas itu namanya Dumbbell. Sedangkan Barbell adalah yang ini nih:

barbel

Remote

"Eh remote-nya mana ? Ganti dong acaranya."

Remote, arti sebenernya adalah 'Jarak Jauh.' Sedangkan alat yang buat ganti-ganti channel TV, ato buat nyalain AC itu adalah Remote Control, atau alat pengendali jarak jauh. Ini mungkin sama kayak kasus Fitness tadi, orang males nyebutin kalimat lengkapnya, jadi cuma kata depannya doang yang disebut.

Ada lagi istilah-istilah umum yang sering dipake, padahal artinya salah? Coba tambahin di comment.