6 Hal yang Lebih Susah dari Keliatannya

Dalam hidup ini, ada hal yang susah dilakukan dan juga ada hal yang gampang. Kebanyakan dari hal-hal ini sih jelas perbedaannya ya. Ada hal-hal yang jelas emang cuma bisa dilakukan oleh para expert, tapi ada juga hal-hal yang udah pasti dengan gampang bisa dilakukan oleh semua semua orang. Nah, tapi ada juga hal-hal yang keliatannya gampang, padahal sebenernya jauh lebih susah dari keliatannya. Kayak misalnya:

Ganti Ban

Semua orang yang bisa nyetir mobil harus banget bisa ganti ban sendiri. Ini udah jadi hal yang wajar banget lah. Nah, ngeliat tukang ban mengganti ban tuh seolah-olah mengkonfirmasi hal ini gitu. Mereka buka baut cepet banget, mereka ngeluarin dan ngangkat ban juga kayaknya enteng banget. Pokoknya bikin kamu semangat ganti ban deh!

Padahal...

Ganti ban itu susah lho. Secara teori emang gampang, tapi tenaga yang dibutuhin untuk ganti ban itu gak sedikit. Tukang ganti ban itu bisa ganti ban tanpa pake usaha (dan gak pake keringetan) karena dia udah tiap hari ganti ban. Nah, kalo kamu baru pertama kali ganti ban...mungkin kamu akan makan waktu 30 menit sendiri sih untuk buka bautnya doang. Pokoknya selesai ganti ban kamu dijamin basah kuyup deh.

Motong-motong

Motong-motong makanan adalah hal yang harusnya dikuasai semua orang. Dalam satu titik di hidup kamu, pasti kamu akan pernah dihadapkan dengan situasi dimana kamu harus motong makanan kamu sendiri. Nah, kalo kamu ngeliat mama kamu motong makanan, kamu pasti mikir, "Ah, motong mah gampang banget! Aku juga bisa!"

Padahal...

Motong juga gak segampang itu. Kamu harus tau selahnya supaya bisa motong dengan bener. Kalo gak, potongan kamu dijamin berantakan dan makanan yang mau dipotong bentuknya bakalan gak karu-karuan. Ini baru motong biasa lho, belum motong yang super cepet ala chef-chef jago gitu. Yang kayak ginian

Nendang Bola

Nendang bola itu bukan hal wajib kamu bisa sih. Ada kemungkinan kamu gak harus nendang bola sekalipun seumur hidup kamu. Tapi kalo kamu ngeliat orang main bola, pasti pernah terlintas di pikiran kamu kalo, "Ah, nendang-nendang bola semua orang juga bisa!".

Padahal...

Tuh akibatnya kalo kamu meremehkan.

Menanak Nasi

Jadi ceritanya suatu hari kamu mau makan. Trus pas kamu nyendok nasi, kamu menyadari kalo nasinya jemek banget gitu. Kamu pun kesel. Kamu langsung marah-marah sama mbak kamu. Kamu bilang, "Bikin nasi aja gak bisa!!!"

Padahal...

Bikin nasi itu butuh presisi lho. Kalo kamu gak tau takaran yang tepat, bisa dipastikan nasi kamu juga bakal gagal. Kebanyakan air nasi kamu jemek, kedikitan air nasi kamu pera. Intinya bikin nasi gak segampang itu lah. Kamu gak konsen dikit, hasilnya gak bakalan sesuai. Jadi jangan ngomong sembarangan.

Move On

Kamu ngeliat temen kamu galau mulu setelah ditinggal pacarnya. Apa-apa dikit ngomonginnya mantan pacarnya. Kamu pun kesel. Kamu langsung marahin temen kamu ini dan nyuruh dia untuk cepet-cepet move on. Temen kamu bilang susah banget untuk move on, tapi kamu langsung marahin dia bilang kalo dia kurang usaha.

Padahal...

Ya coba aja kalo kamu yang di posisi temen kamu. Katakanlah kamu udah pacaran 8 tahun, kamu sayang banget, dah mau nikah, trus tau-tau harus putus. Coba tuh move on cepet-cepet. Yang namanya move on itu secara teori emang gampang. Kalo dibiarin aja, pada akhirnya semua orang juga bisa move on. Nah, masalahnya waktu yang dibutuhkan tiap orang untuk move on itu beda-beda. Makanya kalo ada temen kamu yang emang susah move on, ya udah sih biarin aja. Kalo kamu gerah sama ceritanya, ya gak usah didengerin. Tapi yang jelas jangan sotoy trus marah-marah karena dia move on-nya lama.

Berkata Tidak/Nolak Sesuatu

Jadi mungkin kamu udah punya janji sama pacar kamu. Tiba-tiba pacar kamu ngebatalin janji karena katanya bossnya ngundang dia buat dateng ke acara keluarganya. Kamu pun langsung marah, "Kenapa sih gak kamu tolak?! Kan udah di luar jam kantor!!!" Pacar kamu pun berkilah bahwa dia gak bisa nolak. Tapi kamu gak mau mengerti. Menurut kamu, bilang "tidak" itu gampang banget.

Padahal...

Dalam situasi-situasi tertentu, bilang "tidak" emang lumayan gampang. Diajak berenang tapi kamu gak bisa berenang, kamu bisa dengan yakin langsung bilang gak mau. Disuruh berak padahal kamu lagi gak pengen, kamu bisa dengan yakin bilang gak mau. Tapi ada situasi-situasi dimana bilang "tidak" ini jadi sedikit rumit. Misalnya kamu gak laper, tapi kemudian kamu diajakin makan sama gebetan kamu. Nah, jadi susah kan untuk nolak? Intinya ketika kamu lagi butuh untuk dianggep "asik" sama seseorang, yang namanya nolak ini jadi susah deh. Dan sebagai makhluk sosial, pasti ada kalanya kamu perlu dianggep "asik". Kalo kamu gak pernah ngerasa kayak gini...ya berarti kamu emang gak asik aja sih.

Nah itulah. Ada lagi gak hal-hal yang menurut kamu keliatannya gampang padahal susah? Tambahin di comments dong.