Cara Belajar Alternatif Untuk Para Pelajar

Yah, namanya juga manusia. Kita kan diciptakan berbeda-beda, punya pandangan yang berbeda-beda pula. Sama halnya dengan cara belajar. Setiap orang punya cara belajar yang berbeda-beda.

Nah di artikel ini MBDC pengen ngasih tau kamu cara-cara belajar yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Selamat belajar!

Baca

Sebagai pelajar, cara belajar yang paling konservatif ya dengan ngebaca buku atau materi yang harus kamu pelajari. Cara belajar yang pertama ini paling sering dipakai karena emang sebenernya cara paling mudah untuk mentransfer pengetahuan atau informasi ya dengan cara menulis dan membaca.

Kalau kamu baca, kamu bisa tentuin sendiri tempo membaca kamu. Berbeda dengan dengerin orang ngejelasin atau nonton video. Rada ngebosenin sih emang, tapi untuk beberapa orang membaca tuh efektif banget.

Baca Sambil Bikin Catetan

Kalau kamu males baca karena biasanya kamu lupa apa yang udah kamu baca, coba bikin catetan deh. Jangan ngejiplak yang kamu baca, tulis lagi apa yang udah kamu baca pake gaya tulis kamu sendiri, biar lebih gampang mencernanya ketika kamu pengen baca lagi.

Nulis catetan sambil baca sih katanya juga membantu otak kamu untuk ngerekam informasi yang kamu terima. Nulis catetan lho ya, bukan ngetik.

Belajar Bareng Gebetan

Belajar Bareng Gebetan alias BBG ini juga sangat efektif. Alesannya sih sederhana: karena kamu pasti gak mau keliatan bego di hadapan gebetan kamu. Dengan adanya tekanan ini, kamu jadi ‘terpaksa’ lebih serius dalam belajar.

Tapi inget, BBG ini gak sama dengan belajar bareng pacar ya. Biasanya sih kalau udah jadian jadi agak gak peduli gitu terhadap image diri sendiri. Kalau statusnya masih gebetan kan jadi lebih semangat gitu.

Pake Text Reader

Buat yang ngerasa lebih gampang mengingat informasi via suara dibanding tulisan, boleh juga dicoba belajar pake text reader. Text reader itu ya kerjanya ngebaca text yang kamu tulis, jadi kamu tinggal dengerin aja gitu.

Masalahnya dengan text reader ini adalah pengucapan. Kalau materi yang kamu belajarin itu dalam bahasa Inggris, selamat! Text reader bisa membaca teks kamu dengan lancar. Tapi kalau pake bahasa Indonesia, nanti pengucapannya jadi aneh. Salah-salah kamu malah gak ngerti apa-apa.

Pake Video

Makin kemari, YouTube makin lengkap isinya. Gak cuma video kucing ngangkang doang yang bisa kamu tonton di YouTube, tapi ada juga video-video yang bersangkutan dengan materi yang harus kamu pelajari, misalnya pelajaran soal teknologi.

Kalau kamu gak suka baca dan gak ngerti apa yang diucapin sama si text reader, ada baiknya kamu coba cari materi yang perlu kamu pelajari di YouTube. Siapa tau ada video menarik yang bisa membantu kamu belajar.

Selamat belajar!