7 Kegatelan yang Melanda Indonesia

Dari dulu orang-orang Indonesia udah dilanda kegatelan. Mungkin kamu gak tau, karena memang kegatelan itu sudah menjadi satu dengan kita. Walaupun dari dulu ada aja orang-orang yang berusaha buat merubah itu, tapi tetep aja gak berhasil. Ya mengurangi sih. Tapi tetep, kegatelan itu masih aja ada di sekitar kita. Kamu mulai bingung, dari tadi MBDC bahas apaan sih, gatel-gatel? Kegatelan yang MBDC maksud disini itu kebiasaan-kebiasaan yang sebenernya bisa ditunda atau gak dilakuin, tapi tetep aja dilakuin, tanpa ada alesan yang menjelaskan kalo perbuatan tersebut benar.

1. Gak Balikin Barang Ketempatnya

Kegatelan ini sering terjadi di supermarket. Misalnya ngambil makanan, terus berubah pikiran, dan akhirnya memutuskan buat gak jadi beli makanan itu, tapi rak barang itu udah terlalu jauh. Akhirya makanannya ditaro aja di rak lain, rak sampo misalnya. Gatel jalan bentar buat balikin, dan mikir “nanti juga dibalikin sama Mbaknya, dari pada Mbaknya gak ada kerjaan" sebenernya kegatelan yang satu ini ga terlalu masalah sih, cuman aja itu adalah sebuah bentuk ke-tidak-tanggungjawab-an. Kalo kamu memang males buat balikin, paling engga kamu taro barangnya di kasir lah. Kan jadi enak balikinnya kalo barang yang gak jadi dibeli itu ngumpul di suatu tempat.

2. Ban Menyentuh (bahkan melewati) Zebra Cross Pas di Lampu Merah

Kamu pasti sering liat (atau ngelakuin) kalo ada lampu merah, kendaraan-kendaraan udah berhenti, tapi masih ada aja yang majuin kendaraannya sampe ada di zebra cross dan bahkan ngelewatin. Meskipun peraturan yang sepele. Tapi banyak orang yang gatel pengen ada di depan, dulu-duluan. Padahal kalo tertib gitu jadi rapi. Paling juga 2 meter, tapi tetep aja ada banyak orang yang melanggar, gak tau tujuannya apa. Emang dengan lebih maju 2 meter, akan memberikan perubahan yang signifikan, ga bakal bikin sampe ditempat tujuan lebih cepet even 5 menit. Yang ada malah bahaya dan bisa kena polisi

3. Menerobos Lampu Merah Pas Jalanan Sepi

Pas jalanan udah sepi, udah liat kanan-kiri gak ada yang lewat. Akhirnya menerobos lampu merah. Karena males nunggu dan takut ditodong orang. Toh gak ada yang lewat, trobos aja. Kegatelan ini yang sebenernya bikin nambah kasus kecelakaan lalu lintas. Karena banyak orang yang meleng, dan ga tau, akhirnya nabrak kalo tiba-tiba ada yang lewat. Padahal gak ada salahnya kalo kita nunggu sebentar, sekalian juga buat modus kalo ada gebetan, biar kita keliatan tertib dan berintegritas gitu.

4. Sakit Dikit Minum Obat

Banyak orang yang mengandalkan obat, apa-apa obat. Abis sembuh, tetep aja gak jaga kesehatan. Misalnya sakit flu yang biasa aja nih. Harusnya kan cukup dengan istirahat yang cukup dan makan sup yang hangat. Tapi langsung gatel, flu biasa dihajar pake obat, biar cepet sembuh. Abis sembuh, begadang lagi, minum es lagi, terus sakit lagi deh.

5. Gak Merasa Berdosa Saat Nyerobot Antrian

Antrian apapun. Antrian Busway, antrian tiket dufan, antrian BLT, antrian ATM, bahkan antrian mobil, orang Indonesia terkenal udah lincah nyalip. Kasian kan orang yang udah cape-cape ngantri terus kamu serobot. Gatel aja rasanya, pengen cepet-cepet duluan. Padahal itu ngambil hak orang lain. Emang kamu mau diambil haknya?

6. Main Hakim Sendiri

Ada copet? Langsung pukulin. Rasanya gatel kalo gak ditanganin cepet-cepet dan harus menunggu aparat untuk segera menindak. Padahal sekarang jaman udah modern. Sekarang kalo ada masalah diselesaikan bukan dengan kekerasan. Tapi masih aja ada orang yang menunjukan keperkasaan dan kebodohan secara bersamaan. Perkasanya sih gak seberapa. Harusnya kita, sebagai warga Indonesia yang baik, harus bisa lebih menahan diri. Waktu ada kejahatan besar aja langsung dihakimi, tapi kalo buang sampah sembarangan, jarang orang yang berani negur.

7. Buang Sampah

Jelas-jelas dari kecil kita udah diajarin buat gak buang sampah sembarangan. Tapi namanya juga anak kecil, lebih paham kalo dijelasin dengan pengelihatan visual. Kalo contoh nyatanya aja orang yang ngajarin “gak boleh buang sampah sembarangan” buang sampah sembarangan, dia pasti praktekin ajaran “buang sampah sembarangan aja” -nya. Sampe akhirnya udah gede, tetep buang sampah sembarangan, gatel aja megangin sampah sebentar. Padahal gak ada salahnya masukin sampah itu ke tas, terus kalo ketemu tempat sampah baru dibuang. Toh tempat sampah ada dimana mana, ya gak? Eh nggak ya? Tempat sampah juga suka susah ya? Hmm.

Kadang-kadang, kita heran sama bangsa kita sendiri dan mulai menyalahkan orang-orang yang ada disekitar kita atas ketidakmajuan ini. Padahal, sebenernya perubahan mulai dari diri kita loh. Azek.

Ada lagi, kegatelan-kegatelan disekitar kita yang membuat kita sendiri gatel? Boleh loh di comment!