7 Adegan Paling Memorable Dari Film Malam Satu Suro

Jadi gini, bro. Menurut kalender Jawa, hari ini adalah hari pertama di awal tahun, yang kemudian dikenal dengan sebutan Satu Suro yang juga bertepatan dengan tanggal 1 Muharram di kalender Hijriah. Nah, Satu Suro ini ama beberapa orang Jawa dianggap sebagai hari yang keramat sampe-sampe di malam sehari sebelum Satu Suro. Malam sehari sebelum Satu Suro itu biasa dikenal dengan Malam Satu Suro, yang mana di malam ini orang-orang dilarang buat keluar rumah.

Saking keramatnya itu malam, sampe-sampe tercetus lah untuk bikin film bertema horor romantis dengan judul Malam Satu Suro, yang diperanin sama maestro dan ratu horor Indonesia, Suzanna. Film tahun 1988 garapan Sisworo Gautama Putra ini punya hantu bernama Sundel Bolong, yang sampe sekarang tetep jadi momok buat kita semua. Nah, berikut ini adalah 7 adegan dari film Malam Satu Suro yang menurut MBDC memorable banget.

1. Jadiin Sundel Bolong Sebagai Anak

Malam Satu Suro adalah film horor yang punya kualitas nakutin nomer wahid. Dari awal film aja udah serem, dimana seoarang bapak tua bernama Ki Rengga yang ngebangkitin setan di kuburan. Trus pas setennya muncul si Ki Rengga malah ngajakin si Setan yang ternyata bernama Suketi buat dijadiin anak. Suketi, manuta nduk, kowé arep takdadikké anak angkatku." atau "Suketi, menurutlah nak, engkau akan kujadikan anak angkatku," gitu kata Ki Rengga. Kemudian terjadilah perkelahian kecil yang berakhir pada terpanteklah sebuah paku keramat ke kepala Sundel Bolong. Nah, pas proses perubahan Sundel Bolong jadi Suketi itu bener-bener serem, bro.

2. Malam Pertama

Jadi ceritanya si Suketi ditaksir sama cowok Jakarta bernama Bardo. Dengan segala keribetannya akhrinya Suketi merit deh sama Bardo tepat di Malam Satu Suro di sebuah hutan yang diiringin tarian-tarian peri. Nah, seperti yang kamu tau semua kalau abis acara pernikahan tentunya ada malam pertama dong ya. Ni dia yang sangat kece dari adegan malam pertamanya dimana si Bardo samperin Suketi di tengah-tengah ilalang gitu. Trus pas mereka ciuman tiba-tiba curtain putih turun aja gitu nutupin mereka berda. Sweet banget kan, malam pertama di alam bebas.

3. Tembok Derita

Ngomongin film Malam Satu Suro tentunya gak bisa lepas dari lagu Tembok Derita yang dinyanyiin Bokir. Nah, lagu ini muncul pas Sundel Bolong ngisengin Bokir yang mau show tapi ternyata shownya di tengah kuburan. Iseng banget emang Sundel Bolong.

Pak hakim dan pak jaksa, kapan saya akan disidang?

4. Bokir Kecut 

Ini lanjutan dari poin di atas. Jadi pas Bokir tau kalau dia ternyata lagi di tengah kuburan, tiba-tiba Sundel Bolong dengan kaki yang panjang banget (kayaknya sih pake enggrang) muncul sambil nyanyiin lagu si Bokir. "Dalam tembok derita, Bokir ade di mate saye. Dalam tembok derita ada si Bokir.... Bokir Kecuuuuut, hihihihi."

5. Main Piano

Kamu di rumah punya piano? siapa yang sering mainin? kamu sendiri? lagu apa yang sering kamu mainin? Nah, gimana kalau tiba-tiba di tengah malam gitu, piano di rumah kamu berdenting sendiri memainkan lagu-lagu yang sering kamu mainin? hiiii. Adegan inilah yang juga jadi salah satu adegan favorit MBDC di film Malam Satu Suro, saat si Sundel Bolong yang kangen sama suami dan anaknya dateng tengah malem dengan ngasih kode suara piano. hiiiiiiiii.

6. Pa, Cepet Pulang Pa, Mama Jadi Setan

Mungkin ini adalah salah satu dialog terkeren yang pernah ada di dalam sejarah perfilman Indonesia. Jadi adegannya kayak gini: ceritanya ada yang sirik deh ama kesuksesan bisnis Bardo, yang berujung sama terbongkar rahasia kalau istri Bardo si Suketi itu adalah setan. Makanya bisnins Bardo sukses gitu. Nah, rumah Bardo di samperin, dan Suketi dicabut paku keramatnya dari ubun-ubunnya, berubahlah dia menjadi Sundel Bolong lagi yang menyeramkan.

Di saat Suketi udah jadi Sundel Bolong, anak pertamanya yang bernama Aryo (kalau MBDC gak salah) pulang dari sekolah.

Aryo: Ma, mama... mama kenapa kok diem aja?
Sundel Bolong:....
Aryo: Ma, matematika Aryo ponten seratus, mana sunnya buat Aryo
Sundel Bolong:....

Ditengah percakapan yang absurd ini, asisten rumah tangga Bardo manggil Aryo dan suruh si Aryo buat nelpon ayahnya.

Bardo: Oooh Aryo, ada apa sayang?
Aryo: Pa, Cepet Pulang Pa, Mama jadi setan!
Bardo:....

Keren banget dialognya!!

7. Mamam Bakpao

Ini mungkin jadi salah satu adegan paling bersejarah dari film Malam Satu Suro, yes adegan beli bakpao. Tapi sebelumnya, kamu jangan sampe ketuker, karena kayaknya ada satu adegan di film Suzanna yang perannya jadi setan juga, dimana setannya tersebut mesen sate. Nah, kalau di film Malam Satu Suro yang dibeli itu bakpao.

Jadi ceritanya anak nomer dua si Suketi dibunuh gitu deh sama penjahat. Si Suketi yang udah jadi Sundel Bolong trus nyamperin kuburan anaknya itu lalu digali deh kuburannya, diambil deh mayat anaknya, dibawa deh tuh mayat anaknya, diajak deh makan bakpao. Kemudian muncul deh adegan paling memorable di film horor Indonesia, Sundel Bolong makan bakpao tinggal lep, ditambah akrobatik segala. Apes banget tukang bakpao

Itu dia menurut MBDC adegan-adegan paling memorbale dari film Malam Satu Suro. Kamu mungkin punya kesan lain sama film Suzanna ini? boleh dong di share.

Selamat Satu Suro!