5 K yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menikah

Mungkin, sekarang ini adalah usia yang tepat bagi kamu untuk menikah atau paling engga mempersiapkan diri untuk menikah. Kan pernikahan itu hal yang serius, makannya kamu harus persiapkan pernikahan kamu sebaik mungkin, dari nyiapin orang yang tepat sampai tempat untuk orang yang tepat itu. Caelah.

Kali ini MBDC punya 5 K yang perlu kamu siapkan dalam mempersiapkan perikahan kamu, supaya kehidupan pernikahan kamu bisa langgeng, gak kayak kebanyakan artis Indonesia yang kawin-cerai. Apa aja sih yang kita siapin untuk menikah?! Eh kok kita sih...AAAKKKKK!

1. Komunikasi

Jelas dong komunikasi. Kamu gak mungkin menikah sama orang yang kamu gak kenal sama sekali, dan untuk mengenal pacar kamu lebih lagi, kamu harus komunikasi sama pacar kamu itu. Komunikasi itu penting banget. Kamu gak mungkin menikah sama pacar kamu kalo komukasi aja kurang. Jaman dulu aja udah komunikasi pake surat.

Komunikasi juga merupakan bukti keseriusan kamu, apa lagi jaman sekarang. Alat komunikasi dan aplikasi untuk komunikasi yang memudah kamu semakin banyak. Minimal jaman sekarang kamu bisa sms lah. Tapi ada banyak juga aplikasi buat chatting, seperti Yahoo Messenger, MSN, GTalk, WhatsApp, LINE, Kakao Talk, We Chat, banyak banget deh! makannya, aneh banget kalo kamu bisa pacaran, padahal gak komunikasi, apa lagi menikah.

2. Komitmen

Berat nih. Begitu kamu memasuki usia-usia menikah, kamu itu perlu banget punya komitmen, karena dalam menjalani hubungan yang serius, pasti perlu yang namanya komitmen. Komitmen buat ngejalanin hubungan kamu sampe menikah, saling kompromi dan saling berubah, saling mengerti satu sama lain. Nah, untuk melewati semua itu harus pake komitmen. Oh ya, dari tadi MBDC udah bahas komitmen, tapi kamu ngerti gak sih komitmen itu apa?! Komitmen itu yang dipake buat mandi. Bukan, itu gayung.

3. Keterbukaan

Keterbukaan yang MBDC maksud itu jujur sama pacar kamu, tentang apa yang ada di diri kamu, jangan ada yang di tutup-tutupi. Hal ini penting, karena bangkai yang disimpan, lama-lama akan tercium juga. Jadi, dari pada kamu ketauan nanti, dan pacar kamu merasa dibohongi, mendingan kamu ngaku aja. Kalo bisa sih, dua-duanya saling terbuka, eh tapi bukan buka-bukaan loh ya. Eh tapi ya terserah juga sih.

4. Kepercayaan

Kalo kamu yakin buat milih si doi jadi calon istri atau calon suami kamu, kamu harus belajar percaya sama dia. Dan sebaliknya, kamu juga jangan merusak kepercayaan yang dikasih ke kamu. Karena kepercayaan itu mirip penghapus, semakin kecil setiap ada kesalahan. Tapi kamu juga jangan mau dibegoin. Kalo kamu liat dia ciuman sama orang lain, terus dia bilang gak sengaja bibirnya kena lem, kebiri aja

5. Keintiman

Menurut KBBI, intim itu akrab, atau karib jadi keintiman itu keakraban. Kamu kan pacaran tuh sama pacar kamu, jelas dong harus akrab sering pergi bareng, jalan-jalan, melakukan banyak hal bersama, supaya kamu sama dia makin dekat secara batin, dan tentunya keakraban kamu akan membantu kamu dalam membangun sebuah keluarga kelak.

Masih ada banyak hal sih sebenernya yang perlu disiapin buat menikah. Misalnya lamaran, uang buat nikah, rumah, banyak deh. Mungkin ada yang bisa kasih tau di comments? Silakan lho.