4 Cabang Olahraga Yang Gak Jelas Dimana 'Olahraga'-nya

Pepatah latin kuno berkata, mens sana in corpore sano, yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Nah, cara untuk menjaga kesehatan tubuh tentu saja salah satunya dengan rutin berolahraga.

Pada dasarnya olahraga itu sehat karena melatih kerja jantung, melancarkan peredaran darah, dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh karena badan aktif melakukan sebuah kegiatan. Tapi kalau dilihat-lihat lagi, lumayan banyak kegiatan yang gak pantes disebut berolahraga, tapi toh dimasukin dalam daftar cabang olahraga. Apa aja? Ini dia!

1. Catur

Catur termasuk salah satu cabang olahraga yang sangat terkenal. Permainan catur dilakukan oleh dua orang yang biasanya duduk berhadap-hadapan dengan meja diantara mereka. Nah papan caturnya ditaruh diatas meja tersebut. Kalau kamu jago mainnya, sebenernya catur itu seru lho. Tapi kalau kamu kalah mulu ya lama-lama pasti bosen.

Pertanyaannya, kok bisa catur itu dimasukin ke dalam daftar cabang olahraga? Kegiatannya kan cuma duduk duduk. ‘Raga’ yang ‘diolah’ juga cuma tangan (buat gerak gerakin caturnya) sama otak. Kayaknya susah untuk mencapai tujuan dari mens sana in corpore sano kalau olahraga kamu adalah catur.

2. Darts

Tau kan olahraga ini? Seperti catur, darts adalah olahraga individual yang cuma melibatkan satu tangan. Cara mainnya gampang, kamu berdiri menghadap sebuah papan lingkaran dengan jarak yang sudah ditentukan, terus kamu dikasih ‘missile’ untuk dilempar ke papan tersebut. Nah di papan itu ada poin-poinnya. Jadi kamu harus jitu dalam melempar supaya dapet banyak poin.

Lagi, sama seperti catur. Permainan ini juga gak bikin capek. Ya kecuali kamu main darts tiga hari gak pake makan dan tidur. Kalo gitu mah ngupil aja juga capek. Tapi darts ini olahraga yang digemari cukup banyak orang. Turnamennya juga serius, hadiahnya gede. Kalo kamu jago main ginian, cari deh turnamen-turnamen Internasional, siapa tau menang.

3. E-sports

Sejak beberapa tahun terakhir, orang-orang yang jago banget memainkan sebuah game bisa mulai mencari nafkah dari memainkan game tersebut. Cukup banyak orang yang berprofesi sebagai professional gamer. Kerjaannya ya gitu, main Warcraft, Leage of Legends, Point Blank, gitu-gitu deh.

Bukannya MBDC meremehkan E-Athletes, tapi MBDC gak ngerti di mana letak olahraganya. Kan si atlit cuma duduk doang sambil gerak gerakin mouse sama mencet mencet keyboard. Emang gak gampang untuk main sejago mereka, tapi masa iya main game bisa disebut berolahraga? Bisa gak sih?

4. Cabang Olah Raga Ini

Buset dah.

Gimana, bingung kan? dari pada bingung mikirin olahraga yang gak jelas, mendingan kamu olahraga di tempat tidur