Tipe Pengamen Bergitar Berdasarkan Sticker di Gitarnya

MBDC kembali mengasah kemampuan supernya MBDC yaitu; menganalisa karakter seseorang. Setelah melakukan riset berbulan-bulan dan melakukan data review serta validasi hasil penelitian, akhirnya MBDC menyatakan bahwa hasil penelitian yang akan MBDC sampaikan di artikel ini bisa jadi akurat. Sungguh.

Subyek penelitian MBDC kali ini adalah pengamen. Walaupun bentuk pengamen terlihat berbeda-beda, tetapi sesungguhnya sifat dan lagu-lagu yang akan dibawain itu bisa ditebak berdasarkan stiker yang tertempel di gitarnya. Penasaran? Kemon kita.

 1. Stiker Slank

logo slank

Menduduki peringkat pertama adalah: stiker Slank. Lagu-lagu Slank memang kebanyakan mudah dicerna dan chordnya gak terlalu sulit (gak tau deng, MBDC gak bisa main gitar).

Seorang pengamen yang memiliki stiker slank di gitarnya biasanya bersifat slenge’an, sesuai dengan tulisan sticker yang tertera di gitar mereka. Apa? Kamu gak tau? Iya, nama band Slank itu diambil dari kata sifat “Slenge’an”. Nah, sekarang kamu jadi tau.

Lagu-lagu yang dimainkan ya gak jauh-jauh dari koleksi lagu-lagu Slank seperti Orkes Sakit Hati, Balikin dan I Miss You but I Hate You. Kalaupun sang pengamen memainkan lagu-lagu lain, biasanya mereka memainkan lagu top 40, menyesuaikan permainan mereka dengan selera para pendengar.

2. Stiker Iwan Fals / Orang Indonesia

Logo Oi

Bukan, maksud MBDC bukan asal stiker gambar muka orang Indonesia.. Orang Indonesia adalah nama dari fan base-nya Iwan Fals. Apa? Kamu gak tau Iwan Fals itu siapa? Bohong.

Kalau kamu lihat pengamen bergitar yang digitarnya tertempel stiker Iwan Fals, berarti kamu bisa menyimpulkan bahwa orang tersebut bersikap apatis terhadap pemerintah. Selain itu, penempel stiker Iwan Fals / Orang Indonesia juga merupakan seseorang yang vokal menyuarakan aspirasinya, atau aspirasinya bang Iwan.

Lagu-lagu yang dipilih tentu saja lagu-lagunya bang Iwan. Yang menjadi pertanyaan adalah, MBDC belum pernah denger satupun pengamen yang memainkan lagu Mata Indah Bola Pingpong milik bang Iwan. Kenapa ya? Padahal lagu itu kan salah satu hits-nya bang Iwan.

3. Stiker Oasis

logo oasis

Oasis menduduki peringkat ketiga stiker paling laris di gitar pengamen nusantara. Kendati menduduki peringkat 3 di list ini, tapi Oasis adalah band luar negri nomor satu!

Memiliki gitar dengan stiker Oasis berarti pengamen tersebut tidak buta akan musik-musik manca negara. Dari ketiga list diatas, cuma stiker Oasis yang tidak mengartikan bahwa pengguna gitar berstiker Oasis ini akan memainkan lagu-lagu Oasis. Stiker Oasis ini hanya menunjukkan bahwa sang pengguna gitar ini cukup gaul untuk mengetahui band-band luar negri.

4. Gitar Polos

Hah? Pengamen bergitar polos? Ini patut dipertanyakan! Kenapa gitar dia polos? Apakah itu gitar baru? Kok punya duit buat beli gitar? Kalo punya duit buat beli gitar ngapain ngamen? Kan kasian pengamen lain yang beneran gak punya duit? Elah.