#TanyaJawabMBDC: Kenapa Gue Gak Laku Padahal Bibit Bobot Bebet Lengkap?

Jumpa lagi di #TanyaJawabMBDC, tempatnya MBDC menjawab semua pertanyaan absurd kamu yang mungkin bahkan lebih absurd dari film Azrax. Nah, pertanyaan hari ini datang dari @iqbaljurist:

Wah, pertanyaan yang bagus sekali. Baiklah, sebelum MBDC mulai jawab, mungkin ada baiknya MBDC jelasin dulu apa itu Bibit Bebet Bobot, kali-kali aja ada yang belum tau. Jadi bibit, bobot, bebet itu adalah sebuah istilah Jawa yang menjelaskan kualitas pasangan seseorang gitu. Jadi penjelasannya gini:

Bibit: Apakah pasangan kamu berasal dari keluarga yang baik? Atau jangan-jangan pasangan kamu berasal dari keluarga yang penjahat? Katanya sih kalo dari keluarga penjahat dikhawatirkan anaknya ini juga jadi penjahat. Atau bisa juga takut bikin aib aja. Keluarga kamu kan pasti gak pengen diasosiasikan dengan keluarga penjahat. Soalnya kalo di Indonesia, kalo yang namanya nikah itu kan menikahkan dua keluarga besar, bukan cuma dua orang aja.

Bebet: Apakah pasangan kamu itu secara materi udah siap untuk menikah dengan kamu? Intinya sih yang satu ini hubungannya dengan harta. Idealnya sih pasangan itu bebet-nya ini gak boleh terlalu jomplang gitu. Katanya.

Bobot: Bobot artinya adalah kualitas seseorang gitu. Apakah dia pintar, pendidikannya tinggi, atau berkualitas aja sebagai manusia. Kalo dia bego dan gak pernah sekolah...ya mungkin takut bikin malu aja kali ya? Dan lagi, kayaknya sih kalo orang gak pernah sekolah tapi pacaran sama orang yang lulus S2, kayaknya obrolannya gak bakal nyambung juga ya.

Nah begitulah penjelasan singkat dari bibit, bobot, bebet ini. Nah, kembali ke pertanyaannya, jadi kenap bibit, bobot, bebet udah lengkap tapi gak ada yang mau sama kamu? Mungkin karena:

Kamu gak pernah nyari

Kalo kamu gak pernah nyari, mau bibit bobot bebet kamu selengkap apa juga gak bakal ada yang mau. Kamu kira  begitu bibit bobot bebet kamu lengkap trus otomatis ada orang yang mau sama kamu gitu? Ya gak gitu lah.

Kamu cuma ngira bibit bebet bobot kamu OK

Mungkin kamu kira bibit bebet bobot kamu OK. Tapi gimana menurut orang lain? Mungkin kamu pikir bapak kamu cuma pernah korupsi 1 Milyar dan itu gak papa, karena bapak kamu orangnya tetep baik. Tapi kan menurut orang lain gak gitu. Korupsi ya tetep korupsi. Mungkin kamu pikir gaji 1 juta sebulan itu udah cukup untuk menafkahi keluarga. Ya bisa jadi cukup, tapi pasangan kamu dari kelas sosial yang mana? Kalo bapaknya pasangan kamu punya 100 perusahaan ya dia gak bakal mau anaknya kawin sama orang yang gajinya 1 juta sebulan lah. Trus mungkin kamu pikir kamu udah pinter banget. Tapi sesungguhnya orang yang nganggep dirinya itu pinter jarang lho yang pinter beneran. 

Tapi nggak kok MBDC! Aku selalu nyari dan kayaknya kualitas bibit bebet bobot-ku beneran OK bangetz! Trus kenapa tetep gak ada yang mau sama aku ya? Oh, itu mungkin karena--

Kamu Jelek

Mungkin jamu jeleknya yang gak ketulungan gitu. Jadi yah...takutnya kamu ngerusak keturunan gitu lho. Kalo kasusnya kayak gini, mungkin kamu bisa cari pasangan yang kualitas mukanya sekelas sama kamu lah.

Eh tapi kalo 'bebet' kamu luar biasa signifikan, harusnya ini bukan masalah sih. Pasti ada aja yang mau sama kamu. Pertanyaannya, seberapa signifikan bebet kamu?