MBDC Travel: Seoul - Random Things

Beberapa waktu yang lalu editor MBDC, @JHadiprojo, berkesempatan jalan-jalan ke Seoul, Korea Selatan. Seperti biasa, demi mendapat cuti, dia berjanji untuk membuat artikel tentang perjalanannya ini. Nah, kalo minggu lalu udah dibahas tentang persiapantransportasi-akomodasi, makanan-makanan enak,dan Tempat-tempat asik, sekarang kita akan membahas tentang hal-hal random di Seoul!

Operasi Plastik

Iklan operasi plastik seoul 2

Gosip yang kamu dengar itu bener: di Seoul iklan klinik operasi plastik itu dimana-mana. Katanya sih orang Korea jaman sekarang itu bener-bener menganggungkan penampilan. Orang yang secara penampilan menarik akan lebih mudah mendapat pekerjaan ketimbang yang kurang menarik. Jadi ya bisa dimaklumin sih kalo operasi plastik jadi laku banget. Yang menarik adalah karena di iklan-iklannya, mereka selalu menyertakan foto before dan after gitu. Nah, kalo foto di atas itu perubahannya gak terlalu signifikan, kamu harus liat yang ini:

Iklan operasi plastik seoul 01

Iklan operasi plastik seoul 3

Gila ye.

Porsi Makanan

Porsi Makanan

Porsi makanan di sana itu guedeee banget. Kalo buat orang Indonesia itu bisa buat makan berdua atau bertiga lah. Tapi orang Korea bisa makan porsi gede itu sendirian. Tapi mereka tetep kurus. Lho kok bisa gitu sih? Ya soalnya mereka kan budayanya budaya jalan kaki. Semua orang banyak jalan. Jadi ya mau makan banyak juga kalorinya kebuang lagi.

Side dishes

Jadi di Korea, makan apa-apa tuh pasti dapet complimetary side dishes gitu. Eh gak semua sih, tapi sebagian besar begitu. Minimal kamu dapet kimchi atau acar lah. Jadi porsi makanan udah gede, masih dapet side dish juga. Harga makanan di Korea emang lumayan mahal, tapi ya kalo ngeliat apa yang kamu dapet sih pantes juga harganya.

Coffee Shop

coffee shop

Kayaknya orang Korea itu suka banget ngopi deh, karena yang namanya coffee shop itu beneran ada dimana-mana. Mulai dari coffee shop yang franchise macem Starbucks sampe coffee shop lokal, semuanya bertebaran. Pokoknya kalo kamu pengen ngopi di Seoul, kamu gak mungkin kesusahan nyari tempatnya deh.

Idol Shop

Idol Shop

Jadi di sana itu ada yang namanya Idol Shop gitu. Idol Shop adalah sebuah tempat dimana kamu bisa beli...idol things. Ya bukan idol things macem celana dalem bekas Idol gitu sih. Ini yang lebih "normal" aja. Kayak misalnya DVD, CD, poster, foto, postcard, coklat. Ya semacem itu deh. Management besar kayak SM Entertainment bahkan punya toko sendiri gitu, jadi yang dijual di dalem situ ya cuma barang-barang dari artis keluaran mereka ajah.

Ucapan Selamat Untuk Idol

Ucapan selamat idolOrang Korea cinta banget sih sama idol mereka. Sampe-sampe kalo idolnya ulang tahun, mereka ngasih selamat gitu. Tapi ngasih selamatnya bukan cuma lewat Twitter. Mereka suka nyewa billboard cuma untuk ngasih ucapan selamat. Contohnya ya kayak yang MBDC foto di atas itu.

Ya gitu deh kurang lebih petualangan si @JHadiprojo di Seoul, Korea Selatan. Kalo masih ada yang pengen ditanyain, coba langsung mention dia aja di Twitter. Kalo dia bisa jawab, pasti dijawab kok. Sampai jumpa di MBDC Travel berikutnya!