Checklist yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Meninggalkan Kantor

Jadi ceritanya suatu ketika kamu udah jenuh banget di kantor. Kamu udah muak dengan segala kehidupan ibukota ini. Kamu gak tahan! Kamu harus kabur! Seketika kamu pun langsung beli tiket untuk pergi ke sebuah pulau terpencil untuk liburan, jauh dari keramaian. Kamu mau langsung cabut! Eh tapi tunggu dulu. Sebelum kamu kabur meninggalkan kantor, ada baiknya kamu memperhatikan checklist ini dulu:

1. Pastiin Kamu Bilang ke Orang-orang

Ya iyalah, jangan asal kabur aja gak ngomong siapa-siapa. Ntar orang kantor kamu bingung dong, tiba-tiba kamu ngilang gak ada kabar. Lama lagi. Ini udah pengetahuan umum lah. Gak ada yang ngelarang kamu pergi, tapi ya yang jelas gitu. Bilang kamu mau kemana, berapa lama. Kalo kamu gak bilang trus main pergi aja, ntar dikira kamu mati lagi.

2. Pastiin Kerjaan Kamu Udah Kelar

Ini juga penting banget nih. Kamu udah gede kan? Udah tau yang namanya tanggung jawab dong? Kalo kamu mau pergi ninggalin kantor, ya pastiin kerjaan kamu udah kelar lah. Karena seperti yang MBDC udah pernah bilang, dunia pekerjaan itu beda banget sama dunia sekolah. Kalo di sekolah kamu gak ngerjain tugas, efeknya paling kamu dapet nilai jelek. Tapi kalo di kantor kamu gak bikin kerjaan, efeknya bisa fatal banget buat kantor kamu. Nah, tapi ada kalanya kerjaan kamu emang terpending dan emang belum bisa diselesaiin. Trus gimana dong?  Nah, kalo kayak gini --

3. Pastiin Kamu Udah Hand Over Kerjaan

Pastiin kamu udah kasih tau rekan-rekan kantor kamu tentang kerjaan kamu dan apa yang belum selesai. Pastiin rekan kamu tau apa yang harus mereka lakukan dan apa yang harus diselesaiin. Kalo kamu gak melakukan ini, ntar temen-temen kamu bingung lagi. Tau-tau atasan kamu minta sesuatu yang lagi kamu kerjain, trus kamu gak ada, trus temen-temen kamu jadi kena marah. Kan sampah banget tuh kalo kayak gitu. Nah, ngomong-ngomong soal kayak sampah --

4. Jangan Ngerepotin Orang

Ya intinya ini aja sih. Mau liburan atau apa juga terserah kamu. Tapi intinya sih jangan sampe ngerepotin orang. Jangan bikin orang lain tuh jadi harus ngebersihin sampah kamu. Kamu udah gede kan? Masa masih harus dicebokin sih? Ya gitu deh. Ada yang berencana kabur ninggalin kantor?