6 Alasan Milih Jumatan Di Luar

Buat orang muslim shalat 5 waktu udah jadi kewajiban dong tentunya. Dan katanya shalat yang pahalanya lebih besar itu kalau dilakukan secara berjamaah. Nah, umumnya orang shalat berjamaah itu cuma dibeberapa waktu aja, salah satunya adalah pas shalat Jumat. Kamu tau kan kalau shalat Jumat itu dilakukan di hari Jumat?

Ya shalat Jumat gak mungkin dilakukan perorangan karena syaratnya harus ada beberapa orang biar shalat Jumat itu bisa terlaksana. Hmmm, MBDC gak gitu paham sih karena MBDC kan bukan MUI. Anyway, buat kamu yang suka shalat Jumat, entah kenapa seneng banget gitu milih posisi shalat di luar Masjid. Padahal di dalem Masjid juga masih banyak yang kosong. Dan seperti biasa, MBDC berusaha mencari jawaban tersebut. Kira-kira inilah alasan kenapa orang milih Jumatan di luar

1. Karena Telat

Ini alesan yang paling klise banget. Tapi, telat disini dikategoriin bisa dibagi ke dalam dua hal

- Telat Karena Disengaja

Kayaknya hampir semua orang udah tau kalau Jumatan itu dimulai sekitaran jam 12, bahkan cewek yang notabene gak ikutan Jumatan aja juga tau. Tapi, karena alesan "belum mulai shalatnya" atau "palingan masih kotbah'' beberapa orang milih nunda berangkat ke masjid, dan biasanya gak ada yang dikerjain juga. Yang kayak gini biasanya dateng pas 'mukniminin wal mukminat'' sambil lari pontang-panting. Sampe masjid, semua saf udah penuh, dan akhirnya shalat di luar deh. Padahal sih emang udah niat di luar.

- Telat Tidak Disengaja

Bisa disebabkan karena kerjaan yang membludak atau ada deadline dari client. Atau bisa juga karena sakit perut dan harus segera menuntaskan hajatnya, jadi mau gak mau datengnya telat deh.

2. Lebih Adem

Karena jumlah jamaah banyak pas Jumatan, kadang bikin suatu masjid jadi gak kerasa gitu kipas anginnya. Emang sih ada beberapa masjid yang udah difasilitasi dengan AC, cuma kadang tetep gak ngaruh kalau jamaahnya melebihi kapasitas. Nah maka dari itu ada beberapa orang milih buat Jumatan di luar aja, biar lebih adem katanya. Padahal sih kalo panas ya kepanasan, kalau ujan ya keujanan. Alesan aja lo, bro. Jujur aja deh, kamu pilih Jumatan di luar itu supaya..

3. Bisa Ngobrol

Beberapa orang milih Jumatan barengan sama temen, alesannya sih biar ada temennya aja. Padahal niatnya biar bisa lanjutin gosip yang udah diobrolin dari kantor. Nah, kalo ngobrol di dalam masjid itu kadang gak enak, karena kan peraturannya kalau pas kotbah Jumat, jamaah gak boleh ngobrol. Makanya kamu milih Jumatan di luar yang notabene udah berisik juga sama ambient luar, jadi suara kamu gak ganggu orang lain.

4. Kabur Duluan

Gak tau kenapa kalau Jumatan itu selalu heboh pas bagian mau keluar masjid. Desek-desekan main dulu-duluan keluar gitu deh. Belum lagi ditambah adegan nyari-nyari sendal yang mungkin udah pindah posisi karena ketendang-tendang. Nah, biar yang kayak gini gak terjadi, beberapa orang milih buat Jumatan di luar biar bisa kabur duluan, gak perlu desek-desekan.

5. Deket Sama Sendal

Kayak yang udah dijelasin sebelumnya, kalau rapi Jumatan itu adegan yang paling bikin males adalah pas nyari sendal yang udah pindah posisi. Nah, karena alesan ini lah beberapa orang akhirnya milih Jumatan di luar. Biar deket sama sendalnya, dan bisa langsung pake trus cus pulang. Lagi pula kisah sendal ilang pas Jumatan kan udah sering terjadi, makanya orang gak mau itu kejadian lagi. Tapi bisa jadi kenapa kamu milih Jumatan di luar karena kamu

6. Bisa Meratiin Sendal Yang Bagus Buat Dibawa Pulang

Udah ngaku aja, berapa sendal swallow yang berhasil kamu gondol?

Begitulah menurut MBDC, kenapa orang-orang lebih milih Jumatan di luar. Tapi mau Jumatan di luar atau di dalem yang penting sih niatnya. Iya gak? Selamat menunaikan ibadah shalat Jumat bagi yang menjalankan. Nanti abis Jumatan jangan lupa salaman.