5 Pertanda Kamu Adalah Pengemudi Goblog

Pastinya banyak di antara kamu yang adalah pengendara kendaraan bermotor. Dan pastinya banyak juga di antara kamu yang suka stress di jalan karena kondisi lalu lintas yang semrawut. Tapi tunggu dulu! Sebelum kamu menyalahkan lalu lintas, coba dicek dulu: apakah kamu melakukan 5 hal berikut ini? Karena kalo iya, berarti kemungkinannya kamu adalah pengemudi goblog dan kamu ini yang justru suka bikin orang lain senewen di jalan.

1. Kamu Ngebut di Jalan Kecil

Kalo kamu di jalan tol, mau ngebut terserah kamu. Di jalan protokol, kalo kamu ngebut di batas kecepatan wajar, itu juga terserah kamu. Tapi kalo situasinya di dalem kompleks atau di gang yang jalannya kecil dan kamu ngebut...itu goblog sih.

Kenapa Aku Goblog? KARENA JALANANNYA KECIL! Udah jalanannya kecil, banyak orang jalan kaki. Banyak anak-anak main di pinggir jalan. Kalo keserempet gimana? Kamu mau nyalahin anaknya? Kayak gini bisa dihindari kalo kamu jalannya santai aja.

2. Kamu Belok ke Kiri Tapi Motong dari Lajur Kanan banget (dan sebaliknya)

Jadi kamu mau belok ke kiri. Kalo orang pinter mah udah tau mau belok kiri dia bakal ngambil lajur kiri dari jauh, trus masang sen kiri. Tapi kamu gak suka aturan ini! Kamu ngambil lajur kanan banget, ngebut, trus langsung potong ke kiri! Wohooo!

Kenapa Aku Goblog? Karena ini bisa bikin orang lain celaka. Kalo kamu yang ketabrak trus mobil/motor kamu rusak sih gak papa ya, kamu emang pantes mendapatkan hal ini. Tapi yang kasian justru orang yang nabrak kamu. Dia gak salah apa-apa jadi harus repot gara-gara kamu goblog.

3. Udah Tau Orang Mau Muter, Tapi Malah Kamu Pepet

Kamu ngeliat orang di depan kamu mau U-Turn. Kamu liat jalanannya cukup sempit dan orang ini gak bakal dapet sekali puter. Kamu punya dua opsi: A) Nungguin dengan sabar sampe dia muter, demi kelancaran bersama B) Pepet terus karena kamu gak sabar! Pilih yang mana kamu? Ya B dong!

Kenapa Aku Goblog? Karena kamu malah bikin jalanan jadi makin gak lancar. Kalo kamu sabar dan biarin mobil di depan kamu muter dulu, palingan dia cuma bakal mundur sekali, trus abis itu dapet. Tapi karena kamu pepet, dia jadi gak bisa mundur dan situasi semakin kacau. Semua gara-gara kamu.

4. Udah Jalanan Sempit, Kamu Parkir Sembarangan

Kamu berkunjung ke rumah temen kamu yang jalanannya sempit, cuma muat 2 mobil tapi super pas-pasan, meleng dikit nyenggol deh. Nah, kamu tentu tau dong bahwa dalam keadaan normal aja mobil susah lewat, apalagi kalo ada yang parkir. Jadi apa yang kamu lakukan? Ya tentu saja parkir! Bukan cuma parkir, kamu parkir sembarangan! Gak perlu parkir mepet-mepet, pokoknya asal mobil kamu udah berhenti trus kamu udah hand-brake, kamu anggap parkir kamu sudah sempurna!

Kenapa Aku Goblog? Karena kamu gak mikirin orang lain sama sekali. Dalam keadaan normal aja orang lewat udah susah payah, sekarang ditambahin kamu parkir sembarangan. Gimana orang bisa lewat sih? Trus kalo dimarahin, kamu lebih galak lagi, pake alesan "Ya abisnya mau parkir dimana lagi?!?!?!" Ya OK, kamu boleh parkir di situ. Tapi parkir yang bener dong. Kayak, dipepetin gitu mobilnya. Ini juga berlaku untuk yang naik motor lho. Mentang-mentang naik motor, dikira motornya kecil trus parkirnya boleh melintang.

5. Kamu Klakson-klakson di Saat yang Gak Tepat 

Kamu berhenti di traffic light. Lampu masih merah. Tapi jalanan depan kamu keliatannya kosong. Kok orang di depan kamu gak jalan sih?! Kenapa dia gak menerobos lampu merah?! Ini tidak bisa dibiarkan! Dan kamu pun langsung klakson dengan sekuat tenaga, berkali-kali. Pokoknya klakson terus sampe orang depan mau jalan! Keadilan harus ditegakkan.

Kenapa Aku Goblog? Mmm...karena lampunya masih merah? Orang di depan kamu kan cuma mengikuti peraturan dasar yang menyatakan bahwa "Merah = berhenti, Hijau = Jalan". Itu kayak dasar banget gitu. Anak SD juga tau. "Tapi jalanannya kosong MBDC! Boleh dong jalan?" Nah, kayak gini-gini nih yang suka bikin kecelakaan. Kamu kira jalanan kosong, kamu jalan, eh tiba-tiba ternyata jalanan gak kosong, trus ada mobil ngebut, trus kamu tabrakan deh. Yang salah siapa? Ya kamu lah.

Ini juga berlaku saat macet nih. Udah tau jalanan macet. Trus kamu klakson-klakson. Kamu kira kalo kamu klakson trus tiba-tiba jalanan jadi lancar gitu? Kamu kira mobil di depan kamu sengaja gak mau jalan gitu? Di saat macet, klakson kamu itu gak ada gunanya kecuali bikin orang lain makin senewen.

Yak, begitulah sekiranya. Ada yang sering kamu lakukan? Pastinya nggak dong ya. Pembaca MBDC kan pinter-pinter semua. Mendingan artikel ini dishare ke temen kamu yang suka melakukan hal-hal goblog ini. Gih.