4 Aset Bangsa yang Sungguh Tidak Terduga

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan aset. Kita punya banyak lokasi keren yang bisa dijadikan tempat wisata. Kita punya hasil bumi yang melimpah ruah, mulai dari batu bara, emas, sampai minyak bumi. Tanah kita subur, sampe-sampe Koes Plus bilang 'Tongkat kayu dan batu jadi tanaman'. Luar biasa memang bangsa kita ini. Tapi mungkin kamu gak tau, bahwa sesungguhnya bangsa kita ini punya aset-aset lain yang tidak terduga. Hal-hal yang selama ini keliatannya jelek, tapi sebenernya bisa dijadikan aset bangsa! Misalnya ini nih:

1. Macet

Orang-orang yang tinggal di ibukota pastinya udah muak banget sama apa yang namanya macet. Perjalanan yang harusnya bisa ditempuh 10 menit bisa jadi 1 jam kalo di Jakarta. Gak ada yang suka macet. Nah, tapi sebenernya kalau dilihat dari sudut pandang yang berbeda, macet ini juga bisa jadi aset bangsa! Hah gimana caranya?!

Bisa dong, asal dipasarkan dengan benar. Bilang aja kalo macet ini adalah salah satu atraksi Jakarta! Jadi orang-orang asing yang dateng kemari suruh bayar untuk lihat atraksi kemacetan Jakarta saat rush hour. Ada dua jam utama yang bisa dijual, yaitu jam berangkat kantor dan jam pulang kantor. Trus mereka naik bus terbuka gitu. Pasti seneng banget deh. Trus duit yang dibayar masuk ke kas daerah. Jenius!

2. Banjir

Sama seperti macet, banjir juga selalu menjadi momok yang menakutkan. Tapi seperti halnya macet, kalo diliat dari sudut pandang yang berbeda, banjir ini juga bisa dijadiin aset berharga! Kita bisa bikin Great Jakarta Flood Festival, yaitu festival 5 tahunan dimana Jakarta kena banjir besar trus seluruh  warga bisa pesta di jalanan! Kapan lagi kamu bisa naik perahu karet di Jalan Jendral Sudirman?! Ini pasti menarik minat banyak turis. Hotel-hotel jadi rame turis, peningkatan negara pun bisa meningkat! Jenius!

3. Kebodohan

Katanya di Indonesia masih banyak orang bego dan ini jadi masalah negara. Emang sih. Tapi coba deh kamu pikir: Salah satu karakteristik orang bego apa? Gampang dibego-begoin kan? Nah itu juga aset! Kalo masih banyak orang bego, berarti masih banyak banget hal yang bisa diusahakan untuk memperkaya bangsa! Bikin aja jualan apa gitu, air minum yang bisa bikin titit gede dan diakui negara kek. Atau apa ajalah. Ntar paling banyak yang beli. Trus uangnya masuk negara. Jenius!

4. FPI

Wah ini jelas aset bangsa banget lah! Mendagri aja bilang gitu. Kalo mendagri aja bilang gitu, siapa kamu untuk bilang bukan? Selama ini kan FPI udah berjasa banget nih ngerazia sana sini. Gak peduli lah yang dirazia bener atau salah, pilih-pilih atau bukan, yang penting razia! Karena razia itu selalu demi kebaikan bersama! Iya kan teman-teman?! Nah, mungkin untuk ke depannya, FPI bisa dimanfaatin untuk ngerazia negara lain nih. Kalo ada kezoliman di negara lain, kita bisa kirim FPI untuk membenarkan keadaan! Lama-lama kita bisa jadi kayak Amerika: polisi dunia! Yeah! Jenius!

Demikianlah kalo menurut MBDC. Ada yang mau nambahin? Silakan lah.