Tutorial Menjadi Kontributor MBDC

MBDC seneng lho ngeliat antusiasme kamu semua ngirimin artikel lewat kolom "Artikel dari Kamu." Website MBDC jadi lebih rame gitu kontennya, dan artikelnya makin macem-macem. Nah daripada kamu cuma ngirim artikel-artikel ketengan gitu, atau cuma komen-komen gak jelas, mending kamu jadi kontributor sekalian.

Kita tau, jadi kontributor MBDC itu gak mudah. Tapi karena MBDC baik, sekarang kita mau bagi-bagi sedikit tips supaya kamu, iya kamu, bisa jadi kontributor MBDC juga. Jadi ayo, matiin itu RedTube-nya, simpen tisue-nya, pake lagi celana kamu, dan simak artikel ini baik-baik, untuk masa depan yang lebih gemilang, bak Kotaro Minami.

Kreatif

Ini syarat yang paling utama. Yang paling hakiki. Paling gak bisa diganggu gugat. Kalo kamu mau jadi kontributor MBDC, kamu musti kreatif. Kalo kamu gak kreatif, gimana kamu bisa tau cara cari duit lebih buat pelajar dan mahasiswa, atau cara nebak kepribadian cewek dari sarapannya, atau yang lebih aneh lagi, menghubungkan kepribadian orang sama sendalnya. Itu gak kreatif sih, lebih ke gesrek sebenernya. Tapi itu sebenarnya yang kami cari, level kreatif yang udah nyerempet-nyerempet gesrek.

Nah kamu kreatif gak? Kalo gak ya...Maaf-maaf aja, silakan loncat ke bagian komen. Biasanya juga gitu kan, artikel udah susah-susah dibikin, kamu gak baca maen asal komen aja demi mendapatkan vote up yang fana.

Kalo kamu kreatif, silakan lanjut ke langkah selanjutnya.

Bisa Nulis  

Ya iyalah. Kan kamu jadi kontributor artikel, musti bisa nulis dong. Maksudnya bisa nulis bukan baca tulis anak TK gitu ya, tapi bisa menyusun pecahan kata-kata tak berirama menjadi sebuah kalimat berjuta makna, yang mampu menggugah asa dan menarik gelak tawa. Gitu-gitu deh.

Nah kalo ini, kabar baiknya adalah, bisa dilatih. Caranya dengan banyak membaca, dan langsung nekat aja nulis. Bisa mulai dari nulis jurnal, nulis blog, atau ya apa kek yang ada di pikiran kamu. Dan jangan gampang menyerah, mungkin awalnya tulisan kamu gak jelas, tapi dengan rajin berlatih, pasti kamu bisa.

Kritis dan Berpengetahuan Luas

Artikel-artikel di MBDC kan cakupannya luas banget. Dari cinta-cintaan, dunia persekolahan, dunia kerja, sampe hal-hal trivial. Dan gak jarang MBDC juga suka memberikan kritik sosial terhadap kejadian yang sedang hangat, tentu saja dengan gaya jenaka khas MBDC.

Nah makanya kamu perlu punya pengetahuan luas dan juga pemikiran yang kritis supaya bisa menulis artikel-artikel tersebut. Gak bisa dong kamu jadi kontributor, terus yang kamu bahas tentang mantan mulu. Selain nanti kamu bakal bingung sendiri keabisan ide, yang ada kamu dikira menggunakan MBDC hanya sebagai media galau kamu, dan ketika kamu sudah menemukan pengganti yang lebih baik, kamu pun meninggalkan kita semua, tanpa menoleh kebelakang sama sekali. Hiks. Tega. Kamu jahat. Mana janji-janji kamu dulu?! Katanya mau serius ke jenjang selanjutnya?!

Familiar Dengan Internet 

MBDC kan website. Ya kamu musti ngerti internet dong. Kita gak mengharuskan kamu untuk mengerti bahasa pemrograman, tapi ya kamu ngerti internet gitu. Ngerti kalo kamu masih pake Internet Explorer kamu gak bakal kami angkat jadi kontributor. Ngerti meme (bacanya jangan ditambahin 'k'), cara make Google, dan jargon-jargon internet yang umumlah pokoknya.

Gimana MBDC bisa menguasai dunia lewat Internet, kalo kontributornya gaptek?

Bikin Artikelnya!

Kalo kamu udah memenuhi syarat diatas, ya udah tunggu apalagi? Langsung aja kamu buat sampel artikel kamu. Topiknya bisa apa aja, kamu tau sendiri kan kalo MBDC bahasannya luas banget. Kalo kamu sering baca MBDC, kamu tau lah topik-topik apa aja yang asik, dan gimana gaya bahasa disini.

Kalo udah jadi artikelnya...

Kirim Artikel Kamu ke MBDC berserta cek kosong atas nama CEO MBDC

Kirim dong. Setelah itu, kamu tunggu aja. Kalo kita suka sama artikel kamu, kita bakal menghubungi kamu. Nah selama menunggu, daripada kamu harap-harap cemas, dan supaya peluang kamu diterima sama MBDC makin gede, ada baiknya kamu...

Menjual Jiwa Kamu Kepada Iblis Berdoa 

Kalo kata Adam Smith, di dunia ini ada Invisible Hands yang menggerakkan pasar. Nah mungkin kamu perlu menjual jiwa kamu kepada iblis berdoa supaya Invisible Hands-nya berpihak sama kamu.

Begitulah tutorial dari MBDC. Semoga berhasil ya. We'll see you on the other side. Ahey.