Tips Hidup (Lebih) Enak Tanpa Ngeluarin Uang (Lebih)

Banyak yang bilang kalo hidup itu susah. Tapi kalo menurut MBDC ini salah sih. Sesungguhnya hidup ini jadi susah karena banyak yang dengan sukarela hati bikin hidup itu jadi susah. Sebenernya banyak sih hal-hal yang bisa bikin hidup kamu lebih enak, tanpa ngeluarin uang lebih, kayak misalnya:

Ngumpulin Rewards 

Jadi mungkin kamu sering bepergian naik pesawat. Urusan kerjaan ceritanya. Nah, mungkin kamu gak tau, tapi terkadang pesawat itu ada semacam poinnya gitu lho. Jadi setelah kamu sampe mengumpulkan poin sejumlah tertentu, poinnya itu bisa dituker dengan tiket pergi lagi. Kan lumayan kalo selama ini kamu bisa pergi naik pesawat pake duit kantor, trus rewardsnya kamu tukerin buat liburan pribadi kamu sendiri. Mantebs!

Penawaran Discount

Nah ini juga kamu harus jeli nih. Sekarang sih yang lagi populer itu diskon kalo pake kartu kredit ya. Tapi kan gak semua orang punya kartu kredit. Trus gimana dong? Nah, sesungguhnya, terkadang penawaran diskon itu gak cuma dari kartu kredit lho. Terkadang ada toko/restoran yang menawarkan diskon dengan syarat-syarat lain, seperti misalnya ngetwit. Nah, kalo kamu bisa ngetwit doang trus dapet diskon lumayan banget kan. Makanya jangan malu-malu nanya tentang diskon kalo kamu lagi mau beli sesuatu.

Voucher

Nah ini juga asik, tapi kayaknya banyak yang suka gengsi atau malu-malu gitu kalo pake voucher. Buat yang belum tau (kamu kemana aja sih selama ini kalo sampe gak tau fungsi voucher?), voucher itu modelnya kayak potongan harga gitu. Biasanya di voucher ada tulisannya gitu potongan yang akan kamu dapatkan. Mungkin terkadang kamu mikir, "Ah, vouchernya cuma 100 ribu, harga barangnya sejuta! Buat apa?!" Ya iya, tapi potongan 100 ribu kan lumayan. 100 ribu bisa buat makan enak dua kali lho. Jangan sombong gitu ah.

Kumpulin Koin

Nah ini. Sering banyak yang belagu nih. Dapet kembalian koin malah dibuang atau ditinggal. Punya koinan banyak tapi ngerasanya gak punya duit. Padahal koin itu masih alat tukar pembayaran yang sah lho di negara ini. Kalo kamu ngumpulin koin 1000an sampe 10 biji, itu nilainya masih sama dengan uang kertas 10ribu. Itu berarti kamu masih bisa makan di warteg pake koin 1000an 10 biji. Makanya jangan suka ngebuangin koinan. Ini bisa menyelamatkan kamu lho. Minimal bisa pake kamu pake buat bayar parkir lah.

Nebeng

Wah ini. Paling enak dan hemat biaya. Berangkat kantor nebeng. Makan siang nebeng. Bobo nebeng. Wah kalo kayak gini terus setahun bisa langsung plesiran nih. Tapi ini MBDC gak terlalu rekomen sih. Hemat sih hemat, tapi ya jangan malu-maluin juga lah. Masa sampe makan siang aja nebeng. Beli sendiri dong kalo makan. Tempat bobo juga kalo udah mampu mending sendiri lah. Kecuali berangkat kantor. Kalo kamu bisa berangkat kantor nebeng, mending nebeng sih. Mengurangi kemacetan. Tapi ya patungan bensin lah paling gak sama temen kamu.

Nah begitulah kira-kira. Dicoba ya. Ntar kasih tau MBDC kalo udah berhasil.