Seri Game of Thrones: The Great Houses

Selama ini kan kalo fiksi-fiksi gitu, MBDC bahasnya Star Wars, sampe kita bikin seri sendiri, buat ngebahas segala macem tentang Star Wars. Nah biar gak bosen, kali ini MBDC mau bikin seri baru, yaitu ngebahas Game of Thrones, atau seri bukunya yang lebih dikenal dengan serial A Song of Ice and Fire.

Buat edisi perdana, MBDC mau ngebahas tentang House gede yang ada di awal cerita. House tuh kalo di Indonesia-in, klan atau keluarga kali ya. Ya pokoknya gitu. Mari disimak !

House Baratheon

House Baratheon

House Baratheon adalah House paling besar di daerah Stormland, dan kastilnya adalah Storm's End. Lambang mereka adalah rusa, dan rusanya pake mahkota karena raja Seven Kingdoms yang sekarang dari House Baratheon, yaitu si King Robert Baratheon. King Robert ini katanya waktu muda bentuknya gagah dan tampan, dan seorang pendekar yang hebat dengan senjata utamanya sebuah war hammer. Tapi sejak jadi raja dia kerjaannya cuma main cewek sama mabok-mabokan foya-foya doang, jadinya sekarang gendut itu.

Orang-orang House Baratheon ini terkenal gampang marah, makanya moto House mereka adalah "Ours is the Fury"

House Stark

House Stark

Kalo di daerah utara atau The North, House yang paling berkuasa adalah House Stark yang berkastil di Winterfell. Lambang mereka adalah Direwolf, semacam serigala tapi lebih gede gitu dan katanya sih udah punah. Moto mereka adalah "Winter is Coming."

Orang yang paling berkuasa di Winterfell adalah Eddard "Ned" Stark. Ned punya pedang gede atau Bastard Sword yang dinamakan Ice, dan pedang ini udah turun temurun menjadi warisan di House Stark. Ned Stark ini juga merupakan sahabat dari King Robert, karena waktu muda mereka sempet jadi squire, semacam anak buah ksatria gitu, untuk House Arryn.

Terusnya lagi, orang-oang asli The North, biasanya mereka menyembah The Old Gods, yaitu pohon-pohon tua yang ada bentuk mukanya. Menurut kepercayaan mereka, dewa-dewa jaman dulu, yang namanya The Children of the Forest adalah sekelompok makhluk sakti yang bisa melihat apapun lewat pohon-pohon tersebut. Makanya mereka berdoa lewat pohon itu, karena mereka percaya dewa mereka melihat dari situ.

House Lannister

House Lannister

Kekuasaan di Westerlands dipegang oleh House Lannister, yang berkastil di Casterly Rock. Lambang mereka adalah seekor singa, yang sejalan dengan moto mereka, "Hear Me Roar." Tapi, House Lannister punya semacam moto gak resmi, yaitu "A Lannister Always Pays His Debt," yang mungkin berasal dari kenyataan bahwa House Lannister ini adalah House paling kaya di Seven Kingdoms, karena di Westerlands itu banyak banget tambang emas dan perak.

Dulunya, House Lannister gak ditakuti seperti sekarang. Sebelum Tywin Lannister berkuasa, bapaknya, Tytos Lannister dianggap Lord abal-abal gitu, dan House-house lainnya cuma memandang House Lannister sebelah mata. Gara-gara itu, House Reyne dan House Tarbeck mencoba membelot untuk merebut kekuasaan di Westerland. Nah usaha pembelotan itu digagalkan oleh Tywin, dan House Reyne diabisin sampe ke akar-akarnya. Kastil mereka, Castemere, dibumihanguskan, dan dari situlah lagu "The Rains of Castemere" tercipta, yang menjadi semacam theme song-nya House Lannister.

House Tully

House Tully

House Tully adalah House yang paling berkuasa di Riverlands dengan kastilnya di Riverrun. Riverlands ini lokasinya ada di tengah-tengah Seven Kingdoms, jadi ya strategis gitu deh. Lambangnya ikan lagi loncat gitu, kayak logo salah satu stasiun TV swasta. Moto mereka adalah "Family, Duty, Hodor." Eh salah. "Family. Duty. Honor." Mereka House yang sangat mengutamakan kekeluargaan gitu deh pokoknya. Terus Lord-nya adalah Lord Hoster Tully.

Udah sih gitu doang sebenernya, House Tully ini agak susah diceritain tanpa banyak nge-spoiler. Pokoknya istrinya Ned Stark itu dari keluarga Tully.

House Arryn

House Arryn

House Arryn adalah penguasa di daerah Vale, dan kastilnya namanya The Eyrie. Vale ini adalah daerah pegunungan gitu, makanya moto mereka adalah "As High As Hodor Honor." Penguasa dari House Arryn adalah Jon Arryn.

Jon Arryn ini dulu semacam guru dari Ned Stark dan Robert Baratheon, dan karena Jon gak punya anak, dia menganggap Ned dan Robert seperti anaknya sendiri. Dan Jon Arryn pun yang pertama kali menyuruh Robert untuk membelot dari raja yang lama, karena raja yang lama itu udah gila dan suka semena-mena. Setelah selesai perang dan Robert menang jadi raja yang baru, Jon Arryn pun diangkat oleh Robert jadi Hand of the King, yaitu penasehat utama raja.

House Tyrell

House Tyrell

The Reach, daerah paling subur di Seven Kingdoms dikuasai oleh House Tyrell, yang kastilnya berama Highgarden. House Tyrell ini adalah House paling kaya kedua setelah House Lannister, karena daerahnya yang subur dan banyak penghasilannya.  Lambang mereka adalah mawar emas yang sedang mekar, sesuai dengan motto mereka "Growing Strong."

Bos utama House Tyrell adalah Mace Tyrell, seorang bapak-bapak yang berpikir kalo dia adalah orang hebat, padahal biasa-biasa aja sebenernya. Pas perang, pasukannya dia pernah ngalahin pasukannya Robert Baratheon, dan dia bangga banget atas hal itu, padahal sebenernya dia cuma ngabisin sisa-sisa pasukannya Robert, yang awalnya udah capek ngelawan pasukan anak buahnya si Mace Tyrell ini.

Tapi karena Mace Tyrell anaknya hot, jadi MBDC iya-iya aja.

Anaknya Mace TyrellAnaknya Mace Tyrell

House Martell

House Martell

Kalo kamu nonton seriesnya Game of Thrones, House Martell belom keliatan nih. Nah House Martell ini adalah penguasa di Dorne, dan kastilnya ada di Sunspear, yang sama sama lambangnya, matahari yang ditojos sama sebuah tombak. Moto mereka adalah "Unbowed, Unbent, Unbroken." Ini asalnya karena, waktu 7 Kingdoms dibentuk oleh kerajaan Targaryen, House Martell ini satu-satunya House yang bergabung bukan karena dikalahin lewat perang.

Terus penguasa disini adalah Prince Doran Martell. Di Dorne, mereka masih pake tradisi lama dengan menyebut penguasa mereka dengan Prince dan Princess, bukan Lord dan Lady, walaupun mereka bukan keturunan keluarga kerajaan. Prince Doran ini keliatannya seperti orang yang netral dan selow-selow aja, dan dia punya penyakit gitu yang bikin dia jarang keluar rumah.

House Greyjoy

House Greyjoy

House Greyjoy adalah penguasa dari Iron Islands, yaitu sebuah kepulauan kecil yang terpisah dari Seven Kingdoms. Kastil mereka ada di Pyke, lambangnya seekor Kraken, motonya "We Do Not Sow" dan Lord-nya bernama Balon Greyjoy. Dulu, Lord Balon pernah mau membelot dari King Robert, dan kalah. Nah biar dia gak macem-macem lagi, anak bungsunya, Theon Greyjoy, di"sandera" oleh Ned Stark, tapi karena Ned baik, dia gak dianggep sandera, lebih ke anak buah gitu, dan dibesarkan sama anak-anak Stark lainnya.

Iron Islands adalah kepulauan yang keras, karena cuacanya buruk, areanya kecil, dan gak ada kekayaan alam yang melimpah. Para penduduknya disebut Ironborns dan mereka adalah pelaut yang handal. Karena di pulau mereka gak ada apa-apaan, mereka jadi sering keluar pulau dan jadi perompak atau menjarah desa-desa kecil di daratan Seven Kingdoms.

House Targaryen 

House Targaryen

House Targaryen sebenernya adalah House yang kecil. Tapi mereka satu-satunya House yang bisa mengendalikan naga. Jaman dulu banget, Aegon Targaryen, 2 saudaranya, dan naga-naga mereka menyatukan Seven Kingdoms, dan Aegon yg terkenal dengan sebutan Aegon the Conqueror pun menjadi raja. Mereka pun menjadi raja-raja Seven Kingdoms secara turun temurun dalam beberapa abad, sampai yang terakhir adalah Aerys Targaryen. Lambang dari House mereka adalah Naga berkepala tiga, dan motonya "Fire and Blood."

Eniwei, Aerys ini bukan raja yang bijak, dan makin tua kelakuaanya makin gila dan sadis, makanya dia disebut The Mad King, sampai akhirnya Robert membelot dan jadi raja yang baru. Aerys sendiri mati dalam perang, dan keluarga Targaryen yang diketahui selamat cuma 2, yaitu anak-anaknya Aerys; Viserys dan Danaerys.

Sekarang Viserys dan Danaerys hidup dalam pengasingan, dan sedang mencoba membangun kekuatan supaya mereka bisa merebut kembali tahta milik keluarga mereka.

Seru kan? Makanya kamu nonton series-nya dong, atau kalo lebih niat lagi, baca buku-bukunya yang rata-rata halaman per bukunya sekitar 800-900an. Nih MBDC kasih motivasi tambahan, fotonya Danaerys Targaryen.

Daenerys

Sama ini pelayannya Danaerys, yang gak kalah cakep.

Pembantunya Daenerys

Di serial TV-nya, ada adegan mereka.........

Penasaran kan? Makanya nonton gih, biar asik kayak MBDC!